7 Hero Yang Menjadi Gambar Uang Rupiah Kertas Cetakan Baru

Squad, menyerupai yang sudah kau ketahui bahwa Bank Indonesia sebagai bank sentral bertugas untuk melaksanakan perencanaan terkait dengan jumlah uang Rupiah yang akan dicetak serta mempunyai wewenang untuk mengontrol penggunaan Rupiah. Namun tahukah kamu, sebelum BI mulai mencetak, mata uang Rupiah ternyata juga melewati proses cukup panjang? Bank Indonesia harus mempertimbangkan mulai dari bahan, nominal yang tercantum, gambar uang serta desain uang itu sendiri. Selain itu, pemilihan sosok hero Indonesia yang akan dijadikan figur pada tiap nominal uang juga harus melewati proses yang tidak mudah.

Gambar pahlawan ini dimaksudkan supaya kita para generasi muda sanggup meneladani semangat kepahlawanan dan nilai-nilai patriotisme dalam diri hero yang sudah mementingkan kemerdekaan bangsa dan negara di atas kepentingan eksklusif serta kelompoknya. Nah, untuk itu penting nih untuk kau berkenalan dengan para hero yang muncul di uang Rupiah. Siapa saja mereka? Yuk, kita lihat.

1. Soekarno dan Mohammad Hatta

gambar uang(Sumber: wikipedia.org)

Soekarno ialah Presiden Republik Indonesia yang hampir selalu muncul di gambar mata uang Rupiah dari seri ORI (Oeang Republik Indonesia) I tahun 1945 hingga ketika ini. Pada seri ORI I dan seri ORI II Soekarno muncul di mata uang belahan satu hingga 10 rupiah, 25 dan 100 rupiah. Gambar Soekarno dan Mohammad Hatta ketika ini terpampang di uang kertas belahan Rp100.000. Mengingat ini ialah uang belahan terbesar yang ada di Indonesia, jadi sudah seharusnya tokoh yang dimuat ialah sosok yang memproklamirkan kemerdekaan bangsa kita.

Soekarno ialah Presiden RI pertama yang menjabat dari periode 1945 hingga 1966 dan penggagas konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Mohammad Hatta ialah wakil Presiden pertama Indonesia dan dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Keduanya menerima gelar hero pada tahun 1986.

2. H. Djuanda Kartawidjaja

gambar uang(Sumber: cgb.fr)

Sosok yang menghiasi uang Rupiah gres belahan Rp50.000 ini lebih dikenal sebagai Ir. Djuanda, yang namanya sering dijadikan nama beberapa jalan besar di banyak sekali provinsi Indonesia. Sumbangannya yang terbesar untuk Indonesia ialah Deklarasi Djuanda pada tahun 1957. Beliau menyatakan bahwa bahari Indonesia dan bahari sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia, menjadi satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sejak itulah muncul sebutan Negara Kepulauan dari konvensi aturan bahari United Convention on Law of the Sea (UNCLOS).

3. Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi

gambar uang(Sumber: ebay.com)

Pahlawan nasional yang lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi ini muncul pada uang kertas Rp20.000. Beliau merupakan anggota dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang sehabis Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia diangkat menjadi Gubernur Sulawesi Pertama. Sam Ratulangi wafat pada 30 Juni 1949 sehabis sempat menjadi tawanan musuh. Beliau dimakamkan di Tondano, daerah kelahirannya, dan namanya diabadikan sebagai nama bandara, yaitu Bandara Sam Ratulangi dan nama akademi tinggi, yaitu Universitas Sam Ratulangi.

4. Frans Kaisiepo

gambar uang(Sumber: takaitu.com)

Tokoh hero p0juang kemerdekaan asal Papua ini muncul pada uang belahan Rp10.000. Setelah kemerdekaan Indonesia, Frans Kaisiepo menjadi Envoy Republik dari Papua yang memastikan supaya Papua ikut ke dalam Republik Indonesia. Beliau juga terlibat dalam Konferensi Malino tahun 1946 yang membicarakan mengenai pembentukan Republik Indonesia Serikat sebagai wakil dari Papua. Ia mengusulkan nama Irian, yang berasal dari bahasa Biak yang berarti daerah yang panas.

5. Dr. K.H. Idham Chalid

gambar uang(Sumber: wikipedia.org)

Wajah dari hero asal Kalimantan Selatan ini muncul di atas uang Rp5.000. Sosok Idham Chalid lebih dikenal luas oleh masyarakat sebagai ulama dan politisi yang penuh dengan adab dan kesantunan. Ia pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri Indonesia, ketua MPR dan ketua DPR. Selain sebagai politikus, ia juga aktif dalam aktivitas keagamaan dan pernah menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama yang mempunyai prinsip rahmatan lil ‘alamin dan selalu ia gemakan di penjuru Indonesia.

6. M.H. Thamrin

gambar uang(Sumber: wikipedia.org)

Mohammad Husni Thamrin yang muncul pada uang Rp2.000 ini, merupakan seorang politisi dan tokoh pergerakan nasional di era Hindia Belanda. Ia ialah keturunan Belanda dan Betawi, namun tidak menyandang nama Belanda dari ayahnya alasannya semenjak kecil telah dirawat oleh paman dari pihak ibu. Semasa hidupnya, Thamrin selalu memperjuangkan nasib bangsa supaya sanggup merdeka melalui jalur parlementer. Sebagai seorang anggota tubuh legislatif Dewan Rakyat bentukan Belanda, ia tidak mau menjadi suruhan Belanda yang menindas rakyat. Thamrin selalu berusaha untuk mencarikan bermacam-macam solusi untuk mengatasi kasus yang terjadi pada masyarakat di bawahnya. Walaupun tetap kooperatif dengan Belanda, ia tetap teguh memegang integritas visi Indonesia Merdeka walaupun belum sempat ia saksikan semasa hidupnya. Patut dicontoh ya, Squad?

7. Tjut Meutia

gambar uang(Sumber: wikipedia.org)

Tjut Meutia menjadi satu-satunya hero perempuan yang wajahnya muncul pada uang rupiah cetakan gres belahan Rp1.000. Beliau merupakan hero nasional Indonesia dari Aceh yang melaksanakan perlawanan terhadap Belanda. Awalnya ia berjuang bersama dengan suaminya Teuku Muhammad atau Teuku Tjik Tunong. Namun suaminya berhasil ditangkap Belanda dan dieksekusi mati di tepi bahari Lhokseumawe.

Pada suatu pertempuran dengan Korps Marechausée, Tjut Meutia dan para perempuan melarikan diri ke dalam hutan. Ia kemudian bangun dan terus melaksanakan perlawanan bersama sisa-sisa pasukannya. Ia menyerang dan merampas pos-pos kolonial sambil  bergerak menuju Gayo melewati hutan belantara. Pada tanggal 24 Oktober 1910, Tjut Meutia bersama pasukannya bentrok dengan Marechausée di Alue Kurieng. Di pertempuran ini Tjut Meutia gugur.

Setiap lembar dari uang Rupiah ialah wujud dari kedaulatan Indonesia sebagai sebuah negara. Gambar-gambar hero yang ada pada uang Rupiah juga harus kita hargai alasannya setiap hero mempunyai jasa yang sama pentingnya untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Kurangnya pemaham yang baik perihal hero menciptakan banyak anak muda kurang menghargai mereka. Nah, kau niscaya nggak mau jadi salah satunya ‘kan? So, jangan bosan untuk terus mencari ilmu gres terkait sejarah Indonesia di ruangbelajar!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Hero Yang Menjadi Gambar Uang Rupiah Kertas Cetakan Baru"

Posting Komentar