Kamu Punya Kebiasaan Menunda-Nunda Pekerjaan? Ini 5 Cara Mengatasinya

Squad, apa sih yang sering menjadi halangan kau untuk menuntaskan suatu pekerjaan? Apakah itu rasa malas atau gangguan dari luar? Yap, dua hal yang paling sulit dalam bekerja ialah untuk memulainya dan menjaga fokus kita sampai pekerjaan tersebut selesai. Jika sudah begitu, kebanyakan dari kita niscaya menjadi sering menunda-nuda sesuatu, termasuk kiprah yang harus dikerjakan atau bahkan belajar. Eits tenang saja, ada cara yang ampuh supaya kau sanggup mengalahkan kebiasaan menunda-nunda ini. Apa saja yang sanggup dilakukan? Yuk, kita simak!

1. Ketahui alasan menunda-nunda

menunda-nunda pekerjaan(Sumber: thoughtco.com)

Hal pertama yang penting untuk kau lakukan ialah mengidentifikasi masalahnya. Apa alasannya kau menjadi sering menunda-nunda pekerjaan? Bisa jadi kau menunda-nuda alasannya ialah takut akan sesuatu atau kewalahan dan tidak tahu harus mulai mengerjakannya dari mana. Coba untuk mengisi kalimat berikut terlebih dahulu:

        “Aku menunda ini alasannya ialah …”

        “Aku menghindari kiprah ini alasannya ialah takut …”

Lihatlah apa tanggapan yang muncul. Karena faktanya dengan mengidentifikasi ketakutan sanggup membantu seseorang menyadari bahwa bahwasanya yang ditakutkannya tidak seburuk yang dipikirkan.

2. Buat daftar prioritas

menunda-nunda pekerjaanBuat daftar prioritas (Sumber: all4women.co.za)

Salah satu cara yang paling ampuh untuk berhenti kebiasaan menunda-nunda sesuatu ialah untuk tetapkan dan memilih, kalau ada pekerjaan yang memang tidak perlu dilakukan. Maka, penting untuk kau membuat daftar prioritas. Menurut Jim Stone, seorang penulis buku mengenai produktivitas, penyebab paling umum dari kebiasaan menunda pekerjaan ialah tidak adanya tujuan yang terang dari kegiatan seseorang.

Untuk mengatasinya, kau sanggup membiasakan diri untuk membuat prioritas dari pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu. Urutkan dari yang tersulit dan paling penting. Selanjutnya, mulailah dari kiprah yang berada di urutan prioritas teratas. Dengan begitu, kau akan punya motivasi untuk menuntaskan tugas.

3. Visualisasikan diri di masa depan

menunda-nunda pekerjaanPikirkan yang akan terjadi di masa depan (Sumber: wordpress.com)

Kebanyakan dari kita jarang membayangkan bagaimana tindakan ketika ini akan mempengaruhi diri kita dalam jangka panjang. Namun, kalau kau sanggup membayangkan bagaimana keputusan sehari-hari akan mempengaruhi diri di masa depan, maka bayangan ini sanggup membantu untuk membuat keputusan yang lebih baik alasannya ialah lebih gampang untuk kau membayangkan konsekuensinya.

Ide ini sanggup kau terapkan untuk administrasi waktu. Misalnya, ketika kau menunda mengerjakan kiprah dan menghabiskan waktu bermain media sosial. Coba bayangkan kau menghadapi tekanan ekstra akhir keputusan kau ini ketika di kelas esok hari. Nah, cara ini sanggup mendorong kau untuk tidak menunda-nunda pekerjaan.

4. Pakai rumus “lima menit” yang ajaib

menunda-nunda pekerjaan(Sumber: timetimer.com)

Trik selanjutnya yang sanggup kau coba ialah menggunakan rumus lima menit ajaib. Apa itu? Untuk memulai mengerjakan sesuatu yang tampaknya banyak dan rumit kau sanggup mencoba untuk bertanya pada diri sendiri, “Apa yang akan saya lakukan selama 5 menit?” Kamu sanggup memaksa dirimu untuk membuka buku dan katakan, “Tenang, hanya untuk 5 menit”.

Setelah mengetahui akan melaksanakan apa selama 5 menit ke depan, kau sanggup memasang alarm dalam 5 menit dan kerjakan kiprah tersebut. Penelitian mengatakan bahwa ketika kita memulai sesuatu, kita akan lebih mungkin untuk menyelesaikannya. Pasti seterusnya kau sanggup jadi lebih banyak menyisihkan waktu untuk mengerjakan hal lain. Semangat!

5. Terapkan teknik Pomodoro

menunda-nunda pekerjaan(Sumber: apexensino.com.br)

Kamu sudah berniat fokus mencar ilmu atau mengerjakan kiprah tetapi tiba-tiba ada sahabat yang mengajak ngobrol atau adik di rumah yang mengajak main? Pasti konsentrasi kau pribadi buyar ‘kan Squad? Nah, untuk sanggup produktif mengerjakan sesuatu kau juga butuh membuat suasana yang mendukung.

Cobalah untuk menemukan daerah dan waktu yang pas di mana kau sanggup mengerjakan sesuatu tanpa gangguan. Lalu, terapkan teknik Pomodoro. Kerjakan tugasmu dengan fokus tanpa distraksi sedikit pun selama 25 menit. Dalam jangka waktu tersebut usahakan jangan biarkan fokusmu hilang. Jangan terganggu dengan notifikasi yang muncul di handphone-mu atau jangan terpancing untuk mengikuti dialog teman. Maksimalkan waktu tersebut untuk mengerjakan tugas. Setelah 25 menit, kau sanggup beristirahat selama 2-3 menit untuk menyegarkan pikiran.

Semoga sesudah menerapkan cara-cara ini kau tidak lagi menunda-nunda tugasmu ya, Squad. Karena kalau dibiarkan, sikap menundah-nunda pekerjaan ini sanggup menjadi kebiasaan jelek yang akan merugikanmu nantinya, lho. So, ingat ya, masalahnya bukan tidak ada waktu tetapi waktu yang ada justru dihambur-hamburkan untuk hal yang kurang penting. Nah, semoga waktumu bermanfaat kau sanggup menonton video beranimasi di ruangbelajar di mana pun dan kapan pun. Jadi, tidak ada lagi waktu yang terbuang alasannya ialah #BelajarJadiMudah.

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kamu Punya Kebiasaan Menunda-Nunda Pekerjaan? Ini 5 Cara Mengatasinya"

Posting Komentar