Menjaga pikiran untuk tetap fokus mengerjakan pekerjaan di kantor merupakan suatu hal yang cukup sulit dilakukan. Bekerja dalam kurun digital ibarat kini ini mengharuskan kita untuk bekerja lebih keras dalam menjaga konsentrasi dari gangguan di sekitar ibarat kanal internet yang gampang serta media sosial. Dalam sebuah penelitian dari University of London disebutkan bahwa masuknya email, telepon, dan pesan yang diterima oleh pekerja sanggup menurunkan IQ. Selain itu juga, hal tersebut besar lengan berkuasa pada produktivitas dan mengurangi kemampuan konsentrasi ketika bekerja. Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa laki-laki lebih gampang terganggu dibandingkan dengan wanita.
Kehilangan konsentrasi ketika bekerja sanggup menjadikan kerugian antara lain terbengkalainya pekerjaan atau yang lebih jelek lagi ialah menumpuknya pekerjaan. Tidak hanya itu, terbuangnya waktu yang seharusnya sanggup dialokasikan untuk mengerjakan hal-hal lain. Berikut cara yang sanggup Anda lakukan untuk menjaga konsentrasi Anda ketika bekerja:
1. Cari penyebab hilangnya konsentrasi Anda
Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah mencari penyebab hilangnya konsentrasi Anda. Apakah Anda kehilangan konsentrasi Anda alasannya ialah kelelahan, kelaparan atau alasannya ialah kecanduan media sosial? Penyebab hilangnya konsentrasi Anda juga sanggup berasal dari luar kendali diri Anda ibarat duduk kasus keluarga atau duduk kasus dengan teman kerja Anda.
2. Buatlah rancangan pekerjaan Anda
Buatlah to do list (Sumber: aroma.ca)
Dalam satu hari bekerja, sebaiknya Anda menciptakan rancangan kerja Anda semalam sebelum Anda bekerja, sehingga ketika sudah hingga di kantor, Anda sudah mempunyai sasaran menuntaskan beberapa pekerjaan. Anda sanggup menyusun rancangan pekerjaan Anda menurut prioritas atau tenggat waktu pekerjaan tersebut. Akan lebih baik kalau Anda fokus pada suatu pekerjaan dibandingkan mengerjakan beberapa pekerjaan secara bersamaan. Mengapa demikian? Hal tersebut sanggup mengganggu konsentrasi Anda.
3. Sarapan bergizi
Menyantap sarapan bergizi di pagi hari sanggup menutrisi badan Anda. Pastikan badan Anda menerima gizi yang cukup. Menyantap sarapan dengan kandungan protein sanggup membantu Anda untuk menjaga konsentrasi Anda dan sanggup mengurasi rasa lapar lebih lama.
Sarapan bergizi (Sumber: aroma.ca)
4. Bekerja secara offline
Jauhkan diri Anda dari segala gangguan (Sumber: health.harvard.edu)
Bekerja dengan koneksi internet tak terbatas menciptakan Anda terus menerus mengecek media umum atau email Anda. Cobalah untuk bekerja secara offline– dengan gaya lama, memakai kertas dan pulpen. Jangan lupa mengatur telepon seluler Anda dalam mode silent. Apabila Anda ingin mengecek media umum Anda, buatlah batasan waktu untuk bermain media sosial.
5. Memberikan reward kepada diri sendiri
Reward yourself (Sumber: due.com)
Berikan diri Anda hadiah sesudah Anda menuntaskan sasaran pekerjaan Anda. Anda sanggup memperlihatkan diri Anda martabak kesukaan Anda atau yang lainnya.
Dalam acara sehari-hari konsentrasi sangat dibutuhkan. Anda sanggup menuntaskan pekerjaan Anda secara efektif apabila Anda dalam kondisi kesadaran penuh. Semoga tips-tips di atas sanggup membantu Anda dalam menjaga konsentrasi Anda ketika bekerja ya, Rekan Kerja.
Tertarik untuk memeroleh ilham lainnya yang mendukung dunia karier Anda? Segera unduh aplikasi ruangkerja dengan mengklik gambar di bawah ini.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "5 Tips Jaga Fokus Dikala Bekerja"
Posting Komentar