
Sebentar lagi akan ada kenaikan kelas dan lulus-lulusan nih, Squad! Waktu liburan memang waktu yang sempurna bagi kalian untuk mencari pengalaman kerja. Bisa lewat kerja paruh waktu ataupun magang. Tapi, untuk teman-teman yang gres pertama kali melamar kerja, mungkin akan gundah perihal surat aplikasi kerja. Tenang aja, Squad, kali ini RG akan membuatkan gosip ke kalian bagaimana cara jitu menciptakan application letter. Check it out, guys!
![]()
Jangan hingga kaya gini pas buat application letter, Squad! (Sumber: giphy.com).
Sebetulnya apa sih surat aplikasi kerja itu? Itu yakni surat yang kau usikan kepada perusahaan tujuan kerja kamu. Surat aplikasi kerja sendiri terdiri dari cover letter dan resume.

Perbedaan cover letter dan resume. (Sumber: uploads.uptowork.net).
Baca juga: Struktur dan Penulisan Latar Belakang (Background Information).
Lalu, apa yang kau lakukan pertama kali ketika menciptakan surat aplikasi kerja? Di awal suratmu, masukkan gosip perusahaan. Pastikan kau menuliskan nama dan jabatan yang kau inginkan, beserta nama perusahaan dan alamatnya. Hal ini penting untuk mengatakan bahwa kau sudah melaksanakan riset perihal perusahaan yang kau ingin lamar tersebut. Hindari bentuk penulisan yang standar menyerupai Human Resources Manager of the company alasannya akan terkesan copy-paste. Bila kau sudah tahu nama manajer bab HRD (Human Resource Department), kau bisa cantumkan. Manfaatkan media umum menyerupai Twitter atau Linkedin untuk mendapatkan gosip mengenai manager atau staf HRD-nya.

Contoh application letter (Sumber: career.virginia.edu).
Selanjutnya kau harus menulis kemampuan dan pengalaman kerja kamu, serta kualifikasi diri pada paragraf kedua. Jelaskan juga mengapa mendapatkan kau akan menjadi laba bagi perusahaan. Di paragraf kedua, sebisa mungkin kau harus mencerminkan kompetensi dan pengalamanmu yang sesuai dengan persyaratan yang diharapkan untuk pekerjaan tersebut.
Kemudian, di bab terakhir dari application letter, kau harus menjelaskan mengapa kau yakni orang yang sempurna untuk posisi yang kau inginkan. Selain itu, di sini kau juga membuka kesempatan bagi bab HRD untuk menghubungi kau mengenai proses penerimaan kerja selanjutnya, yaitu wawancara. Selanjutnya, jangan lupa ucapkan terima kasih dengan menambahkan kata “Best regards” atau “Sincerely yours” dilanjutkan dengan tanda tangan dan nama jelas.
How to make an application letter?
Gimana, sudah tahu ‘kan cara jitu menciptakan application letter? Jadi, sudah siap melamar pekerjaan ke mana, Squad? Eh, sambil menunggu panggilan dari HRD, lebih baik kau berguru dulu nih lewat video-video pelajaran di RuangBelajar.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
Mengenal Wawancara Dan EtikanyaSquad, apakah kau pernah mendengar wawancara di televisi? Wawancara adalah suatu cara untuk mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan k… Read More...
Cara Memberikan 'Harus' Dalam Bahasa Inggris“Sir, Are we required to have a permission letter to join the study tour?” Squad, tahukah kau kalimat tadi termasuk ke dalam ungkapan apa? N… Read More...
Mengenal Perbedaan Rangkuman Dan NotulaSquad, kau pernah diminta untuk mencatat hasil rapat atau merangkum suatu materi? Nah, kali ini kita akan berguru mengenai cara menciptakan … Read More...Mengenal Sumber Daya Insan Di IndonesiaHey apa kabar Squad, siapa yang di antara kalian yang mengetahui istilah SDM? SDM yaitu Sumber Daya Manusia. Kalian tau nggak sih, seberapa … Read More...
Mengenal Tubuh Usaha, Perusahaan, Dan BumsKamu pernah dengar istilah PT, CV, Firma, atau Badan Usaha Perseorangan nggak sih, Squad? Kalau pernah, apakah tahu maksudnya? Perhatikan de… Read More...

0 Response to "Cara Jitu Menciptakan Application Letter Dalam Bahasa Inggris"
Posting Komentar