Definisi Dan Faktor Yang Memengaruhi Undangan Dan Penawaran

Ekonomi_10

Squad, kau pernah nggak mengamati harga kebutuhan pokok ketika menjelang hari raya lebaran?  Atau harga gas elpiji 3 kg saat terjadi kelangkaan sampai adanya antrian panjang untuk mendapatkannya? Kira-kira mengapa harga-harga tersebut cenderung naik ya? Penasaran? Yuk, bahas sekarang.


kelangkaan elpiji - Definisi dan Faktor yang Memengaruhi Permintaan dan PenawaranAntrian kelangkaan elpiji 3 kg (Sumber: tirto.id)

Dalam ilmu ekonomi, kenaikan harga dan kelangkaan disebabkan oleh penawaran (supply) dan pemintaan (demand) yang tidak seimbang. Dalam teori penawaran dan permintaan, menggambarkan hubungan-hubungan di pasar, antara calon pembeli dan penjual dari suatu barang atau jasa. Ketidakseimbangan yang terjadi menimbulkan kenaikan harga dan kelangkaan ibarat yang terjadi di atas.

Lalu apa sih bergotong-royong seruan dan penawaran?

Permintaan yakni jumlah keseluruhan barang/jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada aneka macam tingkat harga. Hukum seruan menyatakan bahwa ketika harga suatu barang meningkat, ceteris paribus (faktor-faktor lain dianggap tetap), jumlah seruan barang tersebut akan menurun (berbanding terbalik/negatif). Permintaan yang terjadi dipasar ini dipengaruhi beberapa faktor lho, antara lain:

1. Harga barang itu sendiri

 Apabila harga suatu barang semakin murah, kecenderungan seruan terhadap barang itu akan bertambah dan hal ini berlaku juga sebaliknya.

2. Harga barang lain yang terkait

  • Apabila harga barang substitusinya turun, maka seruan akan barang tersebut akan berkurang. Namun apabila harga barang substitusinya naik, maka seruan barang tersebut akan meningkat. (hubungannya positif/berbanding lurus)
  • Apabila harga barang komplementernya turun, maka seruan akan barang tersebut akan menurun pula. Sebaliknya, jikalau harga barang komplementernya naik, maka seruan akan barang tersebut akan meningkat pula. (hubungannya negatif/berbanding terbalik)

Faktor seruan - Faktor yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran

3. Tingkat Pendapatan

Tingkat pendapatan konsumen akan memperlihatkan daya beli konsumen. Semakin tinggi tingkat pendapatan, maka semakin meningkat seruan terhadap suatu barang tersebut. Contohnya, di suatu pasar malam terdapat festival baju murah, Caca tetapkan hanya membeli satu baju seharga Rp80.000 lantaran Caca hanya mempunyai penghasilan Rp500.000/bulan. Berbeda dengan Amed yang berpenghasilan Rp1.000.000/bulan, ia membeli 2 baju di festival tersebut.

4. Selera Masyarakat

Selera atau kebiasaan juga akan memengaruhi seruan suatu barang. Jika selera masyarakat terhadap suatu barang meningkat, seruan terhadap barang itu pun akan meningkat.

Contoh, celana panjang sedang menjadi tren sekarang, karenanya jumlah seruan model celana panjang cenderung meningkat.

5. Jumlah Penduduk

Semakin besar jumlah penduduk suatu kawasan atau negara, semakin tinggi seruan suatu barang untuk harga tertentu.

faktor yang memengaruhi penawaran dan permintaan

6. Prediksi Konsumen perihal Kondisi pada Masa Mendatang.

Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik, yakni lebih baik membeli barang itu sekarang, sehingga mendorong orang untuk membeli lebih banyak ketika ini guna menghemat belanja di masa mendatang.

Selanjutnya yuk bahas mengenai penawaran.

Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menyerahkan aneka macam barang pada tingkat harga dalam waktu tertentu dan keadaan tertentu. Hukum penawaran menyatakan bahwa ketika harga suatu barang meningkat, ceteris paribus (faktor-faktor lain dianggap tidak ada perubahan), jumlah penawaran barang tersebut juga akan meningkat (berbanding lurus/positif). Seperti halnya pada seruan maka pada penawaranpun dipengaruhi oleh beberapa faktor, Squad. Antara lain:

1. Harga

  • Harga barang itu sendiri. Produsen atau perusahaan akan mengatakan lebih banyak barang jikalau harga naik. Begitupun berlaku sebaliknya.
  • Harga barang lain yang terkait. Contohnya seorang petani mempunyai lahan yang sanggup ditanami jagung atau kacang-kacangan. Ketika harga jagung naik, petani akan mengurangi penanaman kacang dan menggantinya dengan jagung lantaran lebih menguntungkan.

2. Biaya Produksi

Produsen membutuhkan/membeli aneka macam faktor produksi untuk sanggup menghasilkan barang dan jasa. Oleh lantaran itu, jika biaya produksi mengalami kenaikan, maka harga barang akan cenderung naik. Produsen cenderung mengurangi jumlah produksinya, karenanya jumlah penawarannya pun akan berkurang. Hal ini berlaku sebaliknya.

3. Tingkat Teknologi

Perusahaan yang memakai teknologi pada tingkat yang lebih tinggi sanggup meningkatkan hasil produksinya dengan cepat. Di samping itu, penggunaan teknologi yang tinggi juga akan menimbulkan biaya produksi semakin murah. Peningkatan hasil produksi dan biaya produksi yang semakin murah, akan menimbulkan jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak pada tingkat harga tertentu.

Ilustrasi pabrik dengan teknologi - faktor yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran

Ilustrasi penggunaan teknologi (Sumber: media.giphy.com)

4. Jumlah Produsen

Semakin banyak jumlah produsen, semakin banyak pula jumlah barang yang ditawarkan. Misalnya, jikalau beberapa produsen es krim tetapkan untuk berhenti berjualan dan keluar dari pasar, maka tentu jumlah es krim yang dijual/ditawarkan di pasar akan turut berkurang.

5. Kebijakan Pemerintah

  • Pajak. Asumsi bahwa pajak menjadi beban penjual (penambah harga yang ditawarkan) dan mengurangi laba. Maka semakin besar pajak, jumlah barang yang ditawarkan akan menurun, begitu pula sebaliknya.
  • Subsidi. Mampu mengurangi biaya produksi, sehingga menjadi pengurang harga yang ditawarkan dan menambah laba. Karena itu, semakin besar subsidi, jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah.

6. Faktor Alam

Pengaruh alam akan memengaruhi penawaran produk pertanian dan perikanan. Misalnya, bagi para petani padi, iklim yang tidak menentu sanggup menimbulkan gagal panen. Oleh lantaran itu, jumlah beras yang ditawarkan akan berkurang.

7. Prediksi Produsen perihal Kondisi pada Masa Mendatang

Sebagai contoh, jikalau produsen meramalkan akan terjadi kenaikan harga beras bulan depan. Maka, pada ketika ini produsen akan mengurangi stok penjualannya dan menunggu sampai bulan depan untuk mengeksploitasi keuntungan yang mungkin akan diperoleh akhir naiknya harga.

Fakor-faktor yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran- Definisi dan Faktor-faktor Memengaruhi Permintaan dan Penawaran

Nah, sehabis memelajari pengertian seruan dan penawaran beserta faktor-faktor yang memengaruhinya, kita jadi tahu kalau kelangkaan dan kenaikan harga dipengaruhi oleh banyak hal ya, Squad. Untuk menguji lebih jauh lagi pemahaman kau perihal materi ini, yuk coba daftar di ruanguji. Kamu bisa menguji kemampuan kau dengan handphone kau sendiri dan gratis lho. Yuk, daftar kini juga!

New call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Faktor Yang Memengaruhi Undangan Dan Penawaran"

Posting Komentar