Sistem Ekonomi Indonesia Dan Karakteristiknya

Ekonomi_10

Hai Squad, tahukah kau sistem ekonomi di setiap negara niscaya berbeda-beda? Lalu, apa kau ingin tau dengan sistem ekonomi Indonesia? Kira-kira menyerupai apa ya penerapannya? Mari, kita simak ulasannya bersama ya!

Sistem perekonomian yang diterapkan oleh Indonesia ialah sistem perekonomian pancasila. Maka, secara normatif pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 ialah landasaan idiil sistem perekonomian di Indonesia. Dasar politik perekonomian ini diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 yang berbunyi :

  1. Ayat 1:  Perekonomian disusun sebagai perjuangan bersama berdasar atas azas kekeluargaan.
  2. Ayat 2: Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
  3. Ayat 3: Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
  4. Ayat 4: Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.
  5. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang.
sistem ekonomi indonesia

Kenapa sih Indonesia menerapkan sistem ekonomi pancasila?

Perlu diketahui Squad, bahwa dalam proses pembangunan sistem ekonomi di suatu negara dipengaruhi banyak faktor, baik internal maupun eksternal. Faktor-faktor internal, di antaranya ialah kondisi fisik, lokasi geografi, jumlah, serta kualitas sumber daya alam dan manusia. Faktor-faktor eksternal di antaranya ialah perkembangan teknologi, kondisi perekonomian dan politik dunia, serta keamanan global. Nah, sistem ekonomi Pancasila dipilih untuk diterapkan di negara kita sebab di dalamnya terdapat makna demokrasi ekonomi. Lebih jelasnya, perhatikan komponen di bawah ini:

Karakteristik sistem ekonomi Indonesia

  1. Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan bersama (gotong royong) dengan yang mengedepankan korelasi kekeluargaan.
  2. Cabang-cabang produksi yang bersifat strategis dan merupakan hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
  3. Alasan pemerintah menguasai produksi barang-barang stategis baik yang ada di tanah air Indonesia ialah semata-mata untuk kemakmuran rakyat.
  4. Indonesia memakai sistem ekonomi adonan disebut juga sistem ekonomi pancasila.
  5. Kegiatan ekonomi yang dilakukan juga harus mempunyai prinsip berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.
  6. Pemerintah juga mengawasi kegiatan yang dilakukan oleh swasta secara umum, semoga terhindar dari praktik kecurangan menyerupai penipuan, praktik monopoli yang merugikan, serta durjana perdagangan. Tujuannya, semoga tercipta keadilan di tengah-tengah masyarakat.

Wujud dari penerapan ayat ini ialah digalakkannya aktivitas tubuh perjuangan koperasi dengan tujuan salah satunya ialah untuk menyejahterakan anggota serta masyarakat.

data koperasi indonesia - sistem ekonomi indonesia

Barang-barang yang dianggap sangat penting bagi eksistensi negara dan diharapkan banyak orang dihentikan diserahkan pada pihak swasta. Negara sanggup menciptakan kebijakan, mengurus, mengatur, mengelola, dan mengawasi produksi strategis tersebut. Jika kekayaan tersebut dibiarkan begitu saja jatuh pada pihak yang salah maka kemakmuran masyarakat dalam memanfaatkan kekayaan tersebut sulit terwujud.

Walau begitu, sistem ekonomi pancasila mengedepankan tugas bersama dari pihak pemerintah maupun swasta dalam mengelola perekonomian. Hal tersebut diwujudkan dalam pembagian tugas yang terang antara tubuh usaha, yaitu Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Swasta. Pemerintah mengelola barang-barang yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, sedangkan selebihnya diperkenankan dikelola swasta dengan pengawasan dari pemerintah.

Artinya jangan hingga terjadi eksploitasi yang berlebihan, semoga generasi berikutnya sanggup memanfaatkan pula kekayaan alam yang ada dan juga tetap menjaga lingkungan.

rangkuman - sistem ekonomi indonesia

Nah, ternyata Indonesia menerapkan sistem ekonomi pancasila yang tentunya didasarkan pada pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kalau kau ingin mengetahui lebih jauh lagi mengenai bahan ekonomi lainnya yang nggak kalah seru dan sanggup eksklusif diskusi dengan tutor yang andal. Kamu juga sanggup berguru bareng sama teman-teman di seluruh Indonesia lho, eksklusif aja yuk daftar di Ruangguru digitalbootcamp!

 New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Ekonomi Indonesia Dan Karakteristiknya"

Posting Komentar