
RG Squad, pernah berkunjung ke distro? Banyak sekali dijual jenis pakaian ya? Yup, pemiliknya menciptakan segmentasi pasar tertentu. Misalnya diperuntukkan bagi wanita maupun laki-laki, usia 13-30 tahun, dan dari kalangan kelas ekonomi menengah. Di dalam aktivitas bisnis dan manajemen, hal ini sangat penting dilakukan alasannya yaitu nantinya akan masuk ke dalam bab dari proses pemasaran. Akan tetapi, segmentasi pasar dan sasaran pasar bahwasanya merupakan dua hal yang berbeda, lho. Walau begitu, masih banyak siswa yang galau membedakan keduanya. Untuk lebih lengkapnya, kau bisa simak klarifikasi di bawah!
Segmentasi pasar diartikan sebagai upaya pembagian konsumen yang majemuk (bersifat heterogen) dalam kelompok-kelompok kecil yang berkarakteristik sama (bersifat homogen). Sedangkan, target pasar yaitu cara menentukan kelompok konsumen yang hendak dilayani.
Dari kedua pengertian di atas, bisa dipahami ‘kan perbedaannya? Segmentasi pasar itu harus dilakukan di awal, kemudian setelahnya kita gres bisa menentukan target. Perusahaan pun harus berhati-hati melaksanakan evaluasi dan pertimbangannya dalam menentukan targetnya. Agar ukuran segmen bisa menyesuaikan sasaran pencapaian volume penjualan serta keuntungan yang diinginkan. Target disarankan dihentikan terlalu luas. Tujuannya agar perusahaan bisa terhindar dari biaya yang terlalu tinggi.
Faktor yang Memengaruhi Target Perusahaan
Menentukan sasaran pasar. (Sumber: pondokim.com)
Dalam menentukan target, terdapat beberapa faktor yang perlu menjadi pertimbangan, yaitu:
1. Ukuran segmen
Perusahaan besar cenderung menentukan segmen pasar serta volume penjualan yang juga besar, dan sebaliknya perusahaan kecil cenderung menentukan segmen dengan volume penjualan lebih kecil pula. Dengan begitu, perusahaan bisa menyesuaikan sasaran perusahaan sesuai kemampuan masing-masing.
2. Pertumbuhan segmen
Segmen pasar perusahaan sangat mungkin berubah. Jika dianggap terlalu kecil di awal, bisa saja tumbuh menjadi segmen pasar yang lebih besar di masa datang.
3. Posisi persaingan
Segmen pasar yang dipilih harus mempunyai potensi mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Oleh alasannya yaitu itu, perusahaan sanggup menentukan segmen pasar yang mempunyai jumlah pesaing sedikit. Jumlah pesaing yang sedikit cenderung lebih menguntungkan posisi perusahaan untuk memperoleh laba.
4. Biaya untuk mencapai segmen
Saat mempertimbangkan biaya untuk mencapai segmen pasar yang akan ditargetkan, perusahaan perlu mempertimbangkan pengeluaran biaya. Apabila segmen pasar tidak sesuai dengan aktivitas pemasaran, disarankan tidak menjadi opsi. Supaya pengeluaran biaya perusahaan pemasaran perusahaan tidak terbuang percuma.
5. Kesesuaian tujuan dengan kemampuan perusahaan
Ketika telah ditentukan segmen pasar, maka perusahaan jangan mencoba beralih ke segmen pasar lainnya yang tidak direncanakan sebelumnya. Risikonya bisa terjadi kerugian pada perusahaan.
Proses Pelaksanaan Target Pasar
Diperlukan proses yang runut dalam melaksanakan sasaran pasar, menyerupai berikut:
- Mengembangkan pola pemasaran untuk menentukan segmen pasar yang telah disasar.
- Memilih segmen pasar dan juga sasaran perusahaan.
- Mengembangkan produk yang menyesuaikan dengan segmen pasar
- Mengembangkan profil segmen pasar yang hendak dihasilkan.
- Menambah kriteria segmen pasar.
- Melakukan identifikasi segmentasi pasar yang sudah ada.
Sampai di sini apakah kau sudah mengerti, RG Squad? Jika masih ada bab yang perlu dibahas lebih rinci, yuk coba berguru dengan video di ruangbelajar. Agar #BelajarJadiMudah!
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Memahami Wacana Sasaran Pasar"
Posting Komentar