RG Squad, tentu kau pernah melihat iklan di televisi atau surat kabar 'kan? Tahukah kau apa bergotong-royong tujuan dari adanya iklan? Menurut KBBI, iklan yakni informasi yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai semoga tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Berbeda dengan teks-teks lainnya, biasanya teks iklan tidak terlalu panjang, bahkan cenderung pendek. Lalu, apa saja ya yang menjadi ciri-ciri atau unsurnya? Simak penjelasannya ya!
Iklan biasanya nyempil di antara banyak teks lainnya. Misalnya, pada satu halaman surat kabar, iklan hanya mengisi sedikit dari keseluruhan halaman di surat kabar. Nah, teks yang ada di iklan biasanya hanya berupa kalimat-kalimat pendek saja. Mengapa hanya berupa kalimat pendek? Sebab, orang-orang tidak akan tertarik membaca teks yang panjang untuk membeli suatu produk. Fokus utama iklan yakni mengajak orang untuk membeli suatu produk. Jadi, kalimat-kalimat dalam iklan hanya membantu untuk menarik orang lain membeli produk tersebut.
Terdapat banyak sekali jenis teks iklan, salah satunya iklan baris yang biasanya ada di surat kabar. Dalam jenis iklan ini, diberikan hanya 2-3 baris iklan. Selain itu, alasannya ruang yang diberikan sangat terbatas, biasanya dalam iklan ini dipakai abreviasi untuk menghemat ruang yang diberikan. Berikut pola dari iklan baris pada surat kabar.
(Sumber: gambarberkata.com)
Pada pola di atas sanggup dilihat bahwa terdapat memakai singkatan-singkatan alasannya ruang yang diberikan sempit.
Apa saja sih yang harus ada dalam teks iklan? Biasanya berisi slogan dari produk tersebut. Slogan di sini biasanya dipakai untuk mencirikan suatu produk semoga tidak sama dengan produk lain. Selain itu, juga harus mengandung kalimat persuasif atau kalimat permintaan untuk membeli atau memakai produk tersebut. Kalimat persuasif menyerupai memakai kata “termurah”, “hemat”, dan lainnya. Selanjutnya, biasanya dipakai subjek pertama menyerupai “aku” dan “kamu”.
Sudah dikatakan sebelumnya, bahwa teks iklan mempunyai ruang yang tidak terlalu panjang sehingga kalimat yang dipakai juga sangat sederhana. Kalimat-kalimat ini berisi deskripsi singkat mengenai produk yang diiklankan. Mulai dari nama produk, deskripsi singkat, hingga keunggulan produk.
Jadi, bagaimana Squad? Jika kalian ingin menciptakan iklan, jangan lupa untuk memerhatikan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, ya! Jangan hingga teks iklan yang harusnya menciptakan orang lain tertarik untuk membeli produk, justru menciptakan orang tidak menjadi membeli produk kamu. Ingin melihat pola iklan lainnya? Yuk lihat materinya di ruangbelajar. Ada video berguru beranimasi, beserta latihan soal dan rangkumannya, lho!
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
Pendapatan Per Kapita Dan Distribusi Pendapatan NasionalPernahkah kau memperkirakan berapa pendapatan rata-rata penduduk Indonesia yang berjumlah 262 juta jiwa ini? Squad, pada tahun 2017 menurut … Read More...
Proses Terbentuknya Keseimbangan PasarKamu sudah membaca artikel tentang rumus fungsi dan kurva permintaan-penawaran? Sudah paham belum? Kalau kau sudah paham, kau sanggup lho me… Read More...
Perbedaan Kelajuan Dan Kecepatan“Mas Rogu ya?”“Iya Pak. Tolong jalannya agak cepat ya pak”“Tapi mas, kondisi jalannya agak ramai. Paling dapat jalan kecepatannya sekitar 40… Read More...
Matematika Kelas 10 | Perbedaan Persamaan Linear Dan Pertidaksamaan Linear (Pengertian, Sifat-Sifat, Dan Contohnya)Mama membuka pintu kamar ketika Rogu sedang tiduran di kamar. “Rogu! Tolong beliin kolak pisang untuk buka puasa ya.”Rogu bangun dari kasur … Read More...
Mengenal Penokohan Dan Alur NovelSquad! Apa kabar? Ketemu lagi sama gue di blog ruangguru. Setelah ketemuan sama kau beberapa hari kemudian lewat tour 10 kota gue-masih berl… Read More...
0 Response to "Mengenal Ciri-Ciri Teks Iklan"
Posting Komentar