Prinsip pemuaian sanggup diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan dan pemanfaatan prinsip pemuaian dipergunakan pada teknologi konstruksi, rel dan roda roli kereta api, bimetal, pengelingan, dan pemasangan kaca. Lebih lengkapnya sanggup kau pelajari sebagai berikut ini.
Kawat telepon atau kawat listrik
Pemasangan kawat telepon atau kawat listrik dibiarkan kendor ketika pemasangannya pada siang hari. Hal ini dilakukan dengan maksud, pada malam hari kawat telepon atau listrik mengalami penyusutan sehingga kawat tersebut tidak putus.
Pemasangan kawat telepon atau kawat listrik dibiarkan kendor ketika pemasangannya pada siang hari. Hal ini dilakukan dengan maksud, pada malam hari kawat telepon atau listrik mengalami penyusutan sehingga kawat tersebut tidak putus.
Penerapan Teknologi Bidang Konstruksi
Para jago konstruksi dan arsitek bangunan, jembatan, dan jalan raya harus mengetahui sifat pemuaian dan penyusutan benda padat yang disebabkan oleh perubahan suhu. Jalan raya pada animo kemarau banyak yang rusak dan retak-retak, lantaran pemuaian baja dan aspalnya. Jembatan dan jalan raya dibentuk dari besi baja yang saling disambungkan satu dengan yang lainnya. Selama proses penyambungan, jago konstruksi harus benar-benar memperhitungkan sifat pemuaian dan penyusutan besi baja lantaran adanya perubahan suhu, baik di siang hari yang panas maupun di malam hari yang dingin. Agar sambungan besi baja tidak melengkung akhir pemuaian atau pun penyusutan maka sambungan-sambungan besi baja tidak dipasang rapat, satu dengan yang lainnya. Harus ada rongga yang cukup di antara sambungan-sambungan tersebut biar tidak timbul kerusakan pada jembatan dan jalan yang disebabkan pemuaian dan penyusutan besi baja tersebut.
Para jago konstruksi dan arsitek bangunan, jembatan, dan jalan raya harus mengetahui sifat pemuaian dan penyusutan benda padat yang disebabkan oleh perubahan suhu. Jalan raya pada animo kemarau banyak yang rusak dan retak-retak, lantaran pemuaian baja dan aspalnya. Jembatan dan jalan raya dibentuk dari besi baja yang saling disambungkan satu dengan yang lainnya. Selama proses penyambungan, jago konstruksi harus benar-benar memperhitungkan sifat pemuaian dan penyusutan besi baja lantaran adanya perubahan suhu, baik di siang hari yang panas maupun di malam hari yang dingin. Agar sambungan besi baja tidak melengkung akhir pemuaian atau pun penyusutan maka sambungan-sambungan besi baja tidak dipasang rapat, satu dengan yang lainnya. Harus ada rongga yang cukup di antara sambungan-sambungan tersebut biar tidak timbul kerusakan pada jembatan dan jalan yang disebabkan pemuaian dan penyusutan besi baja tersebut.
Cara Pemasangan Kaca Jendela
Tentunya kau pernah menyaksikan tukang kayu pada ketika menciptakan daun jendela atau bingkai jendela. Pada bingkai ada celah yang dibentuk untuk menempatkan kaca. Kaca dipasang pada kepingan itu dengan ukuran beling lebih kecil sedikit daripada ruang atau kawasan kaca. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan beling biar tidak pecah, ketika mengalami pemuaian pada siang hari atau pada animo kemarau.
Tentunya kau pernah menyaksikan tukang kayu pada ketika menciptakan daun jendela atau bingkai jendela. Pada bingkai ada celah yang dibentuk untuk menempatkan kaca. Kaca dipasang pada kepingan itu dengan ukuran beling lebih kecil sedikit daripada ruang atau kawasan kaca. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan beling biar tidak pecah, ketika mengalami pemuaian pada siang hari atau pada animo kemarau.
Pengelingan
Mengeling ialah menyambung dua pelat dengan paku keling. Pengelingan pelat pada umumnya dilakukan dengan paku keling yang dipanaskan. Setelah masbodoh dua pelat itu akan bersatu oleh paku yang mengerut.
Mengeling ialah menyambung dua pelat dengan paku keling. Pengelingan pelat pada umumnya dilakukan dengan paku keling yang dipanaskan. Setelah masbodoh dua pelat itu akan bersatu oleh paku yang mengerut.
Penerapan Teknologi Transportasi
Apabila kau melewati lintasan kereta api kami akan melihat rel melengkung. Sebagaimana halnya dengan jembatan dan jalan raya, besi baja yang dipakai untuk rel kereta api pun harus dipasang renggang berongga untuk mencegah terjadinya kecelakaan kereta api yang disebabkan oleh relnya melengkung akhir pemuaian dari pemanasan di siang hari.
Selain pada rel kereta api, cara pemasangan ban roda lori kereta api pun memakai prinsip pemuaian. Sebelum dipanaskan, ukuran diameter ban sedikit lebih kecil daripada diameter rodanya. Apabila ban akan dipasang, harus dipanaskan terlebih dahulu supaya memuai. Selanjutnya, masukkan ban tersebut ke dalam roda. Setelah masuk, biarkan suhunya turun. Setelah dingin, ban menyusut dan akan menempel berpengaruh pada rodanya, tanpa harus memakai baut.
Apabila kau melewati lintasan kereta api kami akan melihat rel melengkung. Sebagaimana halnya dengan jembatan dan jalan raya, besi baja yang dipakai untuk rel kereta api pun harus dipasang renggang berongga untuk mencegah terjadinya kecelakaan kereta api yang disebabkan oleh relnya melengkung akhir pemuaian dari pemanasan di siang hari.
Sumber Gambar: Google Images |
Penerapan pada Teknologi Bimetal
Alat-alat teknologi yang memakai prinsip bimetal, antara lain termostat, sakelar otomatis pada setrika, alat pemberitahu kebakaran, dan termometer. Untuk mengetahui apa itu bimetal? Alat-alat teknologi apa yang memakai prinsip bimetal? Silahkan baca pada postingan ContohPenerapan Pemuaian pada Teknologi Bimetal”
Alat-alat teknologi yang memakai prinsip bimetal, antara lain termostat, sakelar otomatis pada setrika, alat pemberitahu kebakaran, dan termometer. Untuk mengetahui apa itu bimetal? Alat-alat teknologi apa yang memakai prinsip bimetal? Silahkan baca pada postingan ContohPenerapan Pemuaian pada Teknologi Bimetal”
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Contoh Penerapan Pemuaian Dalam Kehidupan"
Posting Komentar