Mengenal Dasar-Dasar Alkana

Kimia_11.jpg

RG Squad, kalian tahu nggak jikalau setiap atom karbon itu memiliki empat elektron valensi. Keempatnya dipakai untuk membentuk ikatan kovalen dengan atom lainnya, yang digambarkan sebagai tangan ikatan. Jadi, atom karbon pada senyawa karbon selalu memiliki empat tangan ikatan. Nah, pada alkane, jikalau keempat tangan tersebut tidak dipakai untuk mengikat atom karbon yang lain, maka akan dipakai untuk mengikat atom hidrogen. Supaya lebih kalian lebih paham, simak artikel berikut ihwal dasar-dasar alkana.

dasar-dasar alkana

Gambar: Metana

Penggantian sebuah atom H yang mana pun pada gambar model molekul di atas dengan atom klorin, akan menghasilkan senyawa yang lain. Hal ini pertanda bahwa semua atom H di dalam senyawa CH4 memiliki kedudukan yang identik. Jika dua model molekul metana digabungkan, akan didapat molekul hidrokarbon dengan dua atom karbon didalamnya, menyerupai tampak pada gambar berikut.

dasar-dasar alkanaGambar. Etana

A. Rumus Alkana

Gambar-gambar sebelumnya pertanda bahwa alkana yang terbentuk dari dua atom karbon itu, akan mengikat enam atom hydrogen, sehingga memiliki rumus molekul C2H6. Jika penggantian atom hidrogen dengan atom karbon dilakukan terus menerus, akan didapat struktur menyerupai pada gambar di bawah.

dasar-dasar alkana

Jadi, rumus alkana atau rumus umum molekul alkane adalah CnH2n+2

Baca Juga: Tahapan Proses Pembentukan Minyak Bumi

B. Deret Homolog Alkana

Deretan rumus molekul alkane (tabel di bawah) pertanda bahwa pada setiap anggota yang satu ke anggota yang berikutnya bertambah sebanyak CH2. Deret senyawa karbon yang demikian ini disebut deret homolog (deret homolog alkana). Deret homolog alkana memiliki sifat - sifat berikut:

  • Mempunyai rumus umum, untuk deret homolog alkana yaitu CnH2n+2.
  • Antara satu anggota ke anggota berikutnya memiliki pembeda CH2.
  • Selisih massa rumus antara satu anggota ke anggota berikutnya yaitu 14.
  • Semakin panjang rantai atom karbonnya, semakin tinggi titik didihnya.

Tabel yang pertanda sebagian anggota deret homolog alkana dengan beberapa sifatnya.

dasar-dasar alkana

Nah, RG Squad sudah sanggup memahami ihwal reaksi-reaksi penting dan manfaat penting dari Alkana kan? Dengan mencermati rumus alkana (rumus umum alkane) juga deret homolog alkane, kalian sanggup sedikit lebih memahaminya. So, yang terpenting yaitu terus latihan ya, sanggup dengan latihan mengerjakan soal, ataupun terus mengulang membacanya sampai paham. Selain itu kau juga sanggup berguru dengan memakai video animasi ruangbelajar sesuai dengan bahan yang kau butuhkan. 

ruangbelajar 

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Dasar-Dasar Alkana"

Posting Komentar