Mengenal Burung Cica Koreng Kecil (Megalurus Gramineus)

Untuk para pecinta burung kicauan, apakah anda senua sudah mengenal burung Cica Koreng? Burung Cica Koreng yaitu salah satu burung kicauan yang dapat kita jumpai di alam ini. Salah satu jenis burung Cica Koreng yang perlu anda ketahi yaitu burung Cica Koreng Kecil.

Cica koreng Kecil merupakan salah satu jenis burung kicau yang mempunyai tubuh dengan ukuran yang dapat dikatakan kecil atau sedang.

Ukuran burung ini dapat dikatakan sama halnya dengan jenis burung pleci. Yang mana jenis burung tersebut merupakan salah satu jenis burung dilindungi di Indonesia.

Cica Koreng Kecil ini mempunyai nama ilmiah Myaitu egalurus gramineus atau Little Grassbird. Burung yang mempunyai ukuran tubuh yang mungil ini dan berasal dari keluarga Locustellidae dan genus Poodytesspesies dapat anda jumpai di daratan Australia serta di wilayah Papua Barat, Indonesia.

Habitat Burung Cica Koreng Kecil

 apakah anda senua sudah mengenal burung Cica Koreng Mengenal Burung Cica Koreng Kecil (Megalurus gramineus)
flickr.com

Burung Cica Koreng Kecil ini pada umumnya sering terlihat hidup di pinggiran lahan yang basah. Biasanya ada di antara rerumputan, di antara rumput, alang-alang, dan juga sedimen.

Selain itu, biasanya juga dapat dijumpai di saltmarsh dan juga di rumpun lignum dan rawa-rawa garam dari Australia Timur Selatan.

Dalam habitat burung ini yang bervegetasi tinggi ini, Cica Koreng Kecil ini didengar lebih sering jikalau dibandingkan yang terlihat. Kemudian untuk panggilan tiga notanya yang terdengar bersuit cemberut juga dapat dijadikan sebagai ciri khas dari lingkungan ini.

Burung ini juga kerap terlibat untuk percakapan dengan orang dengan menirukan suaranya. Selain itu, Cica Koreng Kecil ini juga masih berkekerabat yang cukup bersahabat dengan burung sejenis perenjak maupun dengan burung ciblek yang berasal dari genus Megalurus.

Untuk tampilan burung Cica Koreng Kecil ini memang terlihat menyerupai dengan burung Ciblek Gunung (cigun), namun untuk bab ekornya dinilai lebih panjang.

Lalu untuk warna juga lebih mencolok, serta untuk ukuran tubuhnya pun lebih besar jikalau dibandingkan dengan burung ciblek dan juga sejenisnya.

Ciri Khas Burung Cica Koreng Kecil

Jenis Cica Koreng Kecil ini ternyata mempunyai ukuran tubuh kurang lebih sekitar 15 cm dengan berat tubuh kurang lebih sekitar 25 gram. Dengan tubuh yang berwarna coklat, ada coretan yang berwarna hitam tebal di bab punggung.

Sedangkan untuk bab alis mata berwarna kuning tua, pada bab ekor memang terlihat agak panjang dan ujungnya yang terlihat meruncing. Sedangkan untuk tubuh bab atas tampak berwarna coklat kemerahan terang.

Untuk coretan hitam yang ada di bagain punggung serta ada juga di bab epilog sayap. Tubuh yang ada di bab bawah berwarna keputihan. Coretan hitam yang ada di bab dada. Sisi tubuh serta epilog ekor juga tersapu merah karat, bab iris coklat.

Lalu untuk bab paruh atas berwarna hitam, dan bab paruh bawah kemerah jambuan. Cica Koreng Kecil ini pada bab kakinya berwarna merah jambu.

Burung ini juga hidup sebagian di atas tanah. Perilakunya yaitu sering berlari di bawah rumpun lebat, sering tampak bermain terbang rendah.

Tempat hidup dan Kebiasaan Cica Koreng Kecil

 apakah anda senua sudah mengenal burung Cica Koreng Mengenal Burung Cica Koreng Kecil (Megalurus gramineus)
commons.wikimedia.org

Burung Cica Koreng Kecil yaitu salah satu jenis burung pemakan serangga, menyerupai halnya belalang, kumbang, dan juga serangga menyerupai jangkrik.

Burung ini juga mempunyai habitat di lapangan rumput terbuka, rumpun gelagah, bambu, dan juga di semak sekunder yang ada di ketinggian 1.600 m dpl.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Burung Cica Koreng Kecil (Megalurus Gramineus)"

Posting Komentar