Mengenal Burung Cenderawasih Vogelkop Species Gres Di Papua Barat

Burung Cenderawasih yaitu salah satu jenis burung yang sering disebut sebagai burung terindah dari surga. Sebab, burung ini mempunyai bulu yang indah dan tarian yang khas untuk memikat pasangan. Perlu anda ketahui, jikalau belum usang ini muncul jenis burung Cenderawasih gres yang ada di Papua Barat.

Pakar burung dan biologis dari Amerika Serikat juga sudah menyatakan kebenaran bahwa ada spesies gres jenis burung Cenderawasih di Papua Barat. Nama spesies gres burung tersebut yaitu burung Cenderawasih Vogelkop (Lophorina niedda). Untuk jenis ini katanya hanya hidup pada tempat Semenanjung Doberai atau Semenanjung Kepala Burung.

Burung Cenderawasih Vogelkop Papua Barat

Burung Cenderawasih yaitu salah satu jenis burung yang sering disebut sebagai burung teri Mengenal Burung Cenderawasih Vogelkop Species Baru di Papua Barat
sains.kompas.com

Cenderawasih Vogelkop ini dinamakan spesies baru, padahal burung tersebut terlihat menyerupai dengan burung Cenderawasih Kerah (Lophorina superba). Memang, jikalau dilihat sekilas, burung Cenderawasih Vogelkop dan Cenderawasih Kerah memang tampak sama di beberapa pecahan tubuhnya.

Spesies gres Cendrawasih ini memang telah ditemukan oleh pakar burung dan biologi asal Amerika Serikat. Nama Vogelkop juga diambil dari habitat burung cendrawasih ini yang berada di Doberei, Semenanjung Kepala Burung, Papua Barat.

Vogelkop sendiri apabila dalam bahasa Inggris ini mempunyai arti Kepala, menurut dengan tempat ditemukannya jenis burung cendrawasih tersebut. Sedangkan untuk nama latin dari Cendrawasih Vogelkop ini diantaranya yaitu Lophorina niedda.

Perilaku Cenderawasih Vogelkop

Burung Cenderawasih yaitu salah satu jenis burung yang sering disebut sebagai burung teri Mengenal Burung Cenderawasih Vogelkop Species Baru di Papua Barat
burungnya.com

Meskipun begitu, pada dikala Cenderawasih Vogelkop menari untuk mencari pasangan, tarian Cenderawasih Vogelkop ini tampak berbeda jikalau dibandingkan dengan burung Cenderawasih Kerah.

Apabila burung Cenderawasih Vogelkop ini terlihat menyerupai bulan sabit dengan sayap yang agak diturunkan. Akan tetapi, jikalau burung ini sedang mekar pda pecahan sayapnya terlihat bundar dengan ujung yang meruncing.

Selanjutnya burung ini akan menari ke kanan dan juga menari ke kiri dengan gerakan kaki yang halus. Sedangkan untuk, Cenderawasih Kerah, jikalau dilihat juga hampir sama dengan bentuk keseluruhan bulat, namun untuk gerakan kakinya sedikit garang dan juga terlihat melompat-lompat ke kanan dan juga ke kiri.

Perbedaan Cenderawasih Vogelkop dengan Cenderawasih Kerah

Tak hanya itu saja, bunyi kicauan atau vokal kedua burung tersebut juga dinilai tidak sama. Bentuk badan dan juga fisik dari burung Cenderawasih Vogelkop yang berjenis betina juga berbeda dengan Cenderawasih Kerah yang berkelamin betina. Terlebih lagi untuk bentuk perisainya, tidak sama, tapi warnanya terlihat sama.

Tarian untuk kawin dari Vogelkop juga terlihat berbeda. Vokalisasinya juga berbeda. Burung Cendrawasih Vogelkop betina juga terlihat berbeda.

Selanjutnya, untuk inovasi spesies gres Cenderawasih Vogelkop dan jenis burung Cenderawasih terkenal lainnya juga sudah dijadikan paper di jurnal PeerJ oleh pakar burung Edwin Scholes dari Universitas Cornell Amerika Serikat.

Dari andal tersebut telah menunjukkan persoalan perbedaan antara burung Cenderawasih Vogelkop dengan Cenderawasih Kerah, khususnya ada di pecahan tarian. Dan ketika dalam proses kawin, tarian burung Cenderawasih Vogelkop ini terlihat menyerupai jubah dengan berbentuk menyerupai bulan sabit.

Kemudian untuk gerakan kaki dan juga gerakan pada pecahan tubuhnya pada waktu menarik hati pasangan juga terlihat lebih halus. Bukan tampak menyerupai gerakan burung Cenderawasih Kerah yang terlihat atraktif. Kemudian juga terlihat hiperaktif sambil burung tersebut melompat-lompat.

Perbedaan dari segi tarian dan juga dari bentuk badan Cenderawasih Vogelkop tadi, menciptakan burung Cenderawasih keempat yang hidup di Semenanjung Kepala Burung di Papua Indonesia.

Meskipun ada persamaan dengan burung Cenderawasih Kerah, namun burung Cenderawasih Vogelkop ini merupakan species gres dari Papua Barat.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Burung Cenderawasih Vogelkop Species Gres Di Papua Barat"

Posting Komentar