Tips Menghadapi Kegelisahan Jelang Ujian

Ujian seringkali menjadi saat-saat yang mendebarkan untuk dihadapi pelajar. Rasa was-was, takut, gelisah, dan tidak percaya diri seringkali membuat kita keringat dingin. Bahkan orang-orang yang biasanya paling cerdik atau well-prepared pun mencicipi hal itu. Ini terjadi lantaran ujian dianggap memilih hasil kerja keras kita selama ini, dan tidak sanggup dilakukan setiap hari atau semau kita. Ujian apapun itu. Agar semakin siap, berikut beberapa tips untuk membuat diri lebih terkontrol dalam menghadapinya!

1. Bangun contoh berguru yang baik

Bangun Pola Belajar yang Baik Belajarlah dengan baik dan sungguh-sungguh. (sumber: pendidikankarakter.com)

Rasa cemas dan gelisah dalam menghadapi ujian secara umum dikuasai disebabkan oleh ketidaksiapan untuk menghadapinya, dan ketidaksiapan yang banyak dialami ialah ketidaksiapan dalam penguasaan bahan ujian. Salah satu cara paling efektif untuk menghindari hal itu ialah dengan membangun contoh berguru yang baik, sesuai dengan gaya berguru kamu, untuk mendapat pemahaman terbaik ihwal bahan ujian. Menguasai bahan dengan baik sanggup membuatmu lebih hening dalam mengerjakan soal.

2. Jangan SKS

Jangan SKS SKS bikin pusing! (sumber: rrdini.weebly.com)

Sering kita kenal istilah SKS (Sistem Kebut Semalam) di kalangan pelajar dan guru/dosen. Istilah ini merujuk pada kebiasaan pelajar untuk belajar dengan menghabiskan seluruh bahan pelajaran dalam satu malam. Sebenarnya, guru, dosen, maupun orang bau tanah sudah selalu mengingatkan anaknya untuk tidak menggunakan sistem ini. Karena terang balasannya tidak akan maksimal. Untuk terus mengingatkanmu, kami jadikan ini salah satu poin penting, semoga kebiasaan SKS terus dikurangi, sebelum menyesal. Belajarlah dari awal periode belajar, perlahan, bertahap pahami materi, hingga menguasai seluruhnya. Di hari-hari jelang ujian, kau sanggup jauh lebih hening dan tak perlu bersikap cemas.

3. Latihan yang Cukup

01(2)-1.jpgKerjakan sebanyak-banyaknya soal. (sumber: businessinsider.com.au)

Latihan yang cukup sangat diperlukan, terutama untuk pelajaran-pelajaran eksak menyerupai matematika. Latihan dalam pelajaran apapun perlu dilakukan untuk mengenal aneka macam jenis soal yang mungkin keluar, sekaligus sebagai simulasi bagi kau untuk menghadapi ujian. Semakin banyak kau latihan, semakin banyak variasi soal yang kau kuasai, semakin berkurang pula kegelisahan yang akan kau alami.

4. Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup Tidur yang cukup semoga prima. (sumber: newsmobile.in)

Jelas, selain untuk untuk selalu menjaga kesehatan, tidur yang cukup akan membantumu untuk mengurangi rasa gelisah dalam menghadapi ujian. Kalau pada malam harinya kau merasa sangat gelisah, tidur akan membuatmu lebih hening di pagi harinya. Setidaknya jaga contoh tidur kau seminggu sebelum pekan ujian dimulai. Hal ini akan membuatmu dalam keadaan bugar dalam pekan ujian.

5. Makan yang Cukup

01_desain-tol (resellercitrasatelit.wordpress.com)-2.jpgMakan yang cukup. (sumber: parentinghub.co.za)

Jangan pernah masuk ruang ujian dengan perut dalam keadaan kosong. Rasa lapar hanya akan menambah gangguanmu dalam menghadapi ujian. Jangan hingga deh, di waktu ujian kau malah kehilangan fokus gara-gara lapar. Lagipula, berguru di last minute dengan menunda makan tidak akan benar-benar membantumu memahami materi, kok.

6. Bersikap Positif dan Rileks

02-10.jpgRileks, jangan panik. (sumber: wyborcza.pl)

Sugesti. Arahkan pikiran dan badanmu untuk bersikap nyata dan rileks dalam menghadapi ujian. Betapapun sulitnya, melaksanakan hal ini sangatlah penting untuk membuang rasa cemas dan gelisah. Bersihkan kepala kau dari hal-hal negatif, dan tumbuhkan pikiran nyata untuk menghadapi ujian. Pikirkan nilai anggun yang akan kau dapatkan jika kamu berjuang maksimal dalam ujian, liburan menyenangkan bersama keluarga, dll. Pikiran yang higienis akan mengangkat performamu dalam ujian.

Maksimalkan belajarmu dengan menyelesaikan journey video berguru bersama guru-guru terbaik hanya di ruangbelajar!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghadapi Kegelisahan Jelang Ujian"

Posting Komentar