Serunya Jadi Anak Komunikasi

Kamu tertarik untuk mengambil jurusan Komunikasi, tapi belum benar-benar paham apa yang akan dipelajari? Katanya jurusan Komunikasi cuma berguru ngomong saja ya? Hmm... Sebelum kau memantapkan hati untuk mendalami jurusan ini, ada baiknya kau mengetahui beberapa hal wacana jurusan Komunikasi.

 

serunya jadi anak komunikasi

serunya jadi anak komunikasi

Manusia ialah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa kehadiran orang lain. Komunikasi ialah salah satu hal yang paling penting untuk menjaga hubungan antar manusia. Dengan komunikasi, kita sanggup mengungkapkan apa yang ingin kita sampaikan kepada orang lain. Jika kita mempunyai cara komunikasi yang baik, maka pesan yang ingin disampaikan pun bisa diterima secara tepat.

 

serunya jadi anak komunikasi

Sebagian besar orang mungkin menganggap anak komunikasi hanya berguru cara berbicara. Namun pada kenyataannya, tidak sesederhana itu lho. Komunikasi itu banyak bentuknya. Tidak hanya berbicara, gambar dan goresan pena pun juga merupakan bentuk komunikasi. Oleh alasannya ialah itu, kau akan berguru bagaimana cara memberikan pesan yang efektif. Tidak hanya belajar teori, tetapi juga mempraktikkan dalam kehidupan nyata. Teori yang dipelajari tidak akan membosankan, alasannya ialah sangat bersahabat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya berguru berstrategi dan negoisasi. Dengan begitu, teori-teori komunikasi akan lebih gampang untuk kau mengerti.

serunya jadi anak komunikasi Foto: wisegeek.com

Di tahun pertama, biasanya kau akan mempelajari ilmu-ilmu dasar, menyerupai Pengantar Ilmu Komunikasi. Komunikasi sendiri mempunyai beberapa peminatan, menyerupai public relations, advertising, broadcasting, dan marketing. Setiap peminatan akan mempelajari hal-hal yang berbeda. Di peminatan public relations kau akan berguru bagaimana cara membentuk dan menjaga gambaran baik suatu perusahaan. Sedangkan di marketing, berguru bagaimana cara membentuk suatu seni administrasi pemasaran untuk sebuah produk supaya laris dijual. Advertising-lah yang berperan untuk mengemas seni administrasi pemasaran tersebut. Broadcasting akan mempelajari cara menyajikan pesan yang menarik dan bermanfaat dalam media massa. Pembagian peminatan akan kau temui pada semester ketiga.

 

serunya jadi anak komunikasi

serunya jadi anak komunikasi Foto: johnmeese.me

Kalau kau introvert dan tidak terlalu suka berbicara, bukan berarti tidak cocok jadi anak komunikasi. Di jurusan ini, kemampuan berbicaramu akan terasah dengan sendirinya. Mata kuliah yang ditemui nantinya akan menuntut kau untuk mempresentasikan tugas-tugas yang diberikan. Selama minimal satu ahad sekali kau akan bertemu dengan yang namanya presentasi. Dari sanalah kau akan terbiasa untuk berbicara di depan umum.

 

serunya jadi anak komunikasi

Menjadi anak komunikasi artinya kau akan dituntut untuk selalu kreatif. Hampir setiap mata kuliah mewajibkan kau untuk menghasilkan ide-ide kreatif dalam waktu yang relatif singkat. Menulis berita, menciptakan film, mendesain sampul produk, dan sebagainya. 

serunya jadi anak komunikasi
Foto: ucsdnews.edu

Oh ya, anak Komunikasi juga seringkali diberi kiprah berupa menciptakan event. Tentu akan memancing kreativitas dan kerjasama. Sebagian besar kiprah yang akan kau kerjakan juga dilakukan secara berkelompok. Kerja kelompok bukanlah suatu pekerjaan yang gampang alasannya ialah kau harus menyatukan pedoman yang berbeda-beda dari setiap anggotanya. Menyamakan waktu dengan setiap anggota pun juga tidak mudah. Oleh alasannya ialah itu, dengan kerja kelompok kau bisa mengasah kemampuanmu untuk bertoleransi, bernegosiasi, dan time management. Jadi, kau masih menganggap kalau kuliah komunikasi itu santai? :)

 

serunya jadi anak komunikasi

Komunikasi ialah ilmu yang sanggup diaplikasikan ke dalam semua bidang. Kamu tidak perlu takut alasannya ialah aneka macam macam bidang pekerjaan bisa kau temukan sehabis menjadi lulusan Komunikasi nanti. Jika kau tertarik dengan bidang media, kau bisa menjadi penyiar radio, news anchor, atau wartawan. Kamu juga bisa menjadi humas, serta konsultan bagi perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. Dalam bidang pemasaran kau bisa bekerja sebagai seorang brand manager. Sedangkan dalam bidang kreatif, copywriter, graphic designer, atau social media officer akan sangat seru lho.

Selain itu, Ilmu Komunikasi tidak akan tertinggal kemajuan zaman. Contohnya di abad digital kini ini. Perusahaan banyak mencari lulusan Marketing untuk menjalankan fungsi digital marketing. Sekali pun dunia iklan diperkirakan bisa mati, para pekerja advertising hanya perlu beralih ke format digital. Menguntungkan sekali, bukan? 

serunya jadi anak komunikasi
Foto: tweakyourbiz.com

Demikianlah sedikit klarifikasi wacana jurusan Komunikasi. Menjadi anak Komunikasi memang mempunyai suka murung tersendiri. Namun kalau kau memang mempunyai passion yang besar dalam bidang ini, kau akan menjalan kehidupan perkuliahan dengan sangat menyenangkan. Semoga sehabis membaca klarifikasi ini, kau akan semakin tertarik untuk menjadi anak Komunikasi ya :)

 

*Artikel ini ditulis menurut hasil bincang-bincang dengan Sheila Dara Aisha, Yovita Ayu Liwanuru, dan Fauzan Al-Rasyid pada jadwal Ask Me Anything episode Jurusan Komunikasi yang telah diselenggarakan oleh Ruangguru.com pada Rabu, 8 Juni pukul 20.00.

[embed]https://www.facebook.com/ruanggurucom/videos/992942844135744/[/embed]

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Serunya Jadi Anak Komunikasi"

Posting Komentar