Sedep Mantep! Pecel Semanggi Sarapan Kaya Nutrisi

Foto: InstagramFoto: Instagram

Jakarta - Bagi warga Surabaya dan Semarang, sarapan pecel semanggi merupakan kenikmatan tersendiri. Apalagi semanggi punya banyak nutrisi.

Mungkin tak banyak orang kenal dengan pecel semanggi. Sajian pecel ini banyak dijajakan di pagi hari di Surabaya dan beberapa kota Jawa Timur dan Semarang. Dijajakan keliling atau di pasar-pasar tradisional.

Pecel ini dibentuk dari daun semanggi yang merupakan jenis tumbuhan merambat dari keluarga Marsilea. Banyak ditemukan di pematang sawah dan susukan irigasi. Bentuk daunnya ibarat payung terdiri dari 4 helai yang saling berhadapan. Makara persis ibarat jembatan Semanggi yang ada di Jakarta. Pemberian nama inipun diambil dari bentuk daun mungil ini.


Foto: Instagram @intanyusans

Dari segi nutrisi, daun semanggi ini mengandung fitoestrogen yang bisa mencegah osteroporosis, Selain itu juga dipercaya untuk mencegah daire sampai hepatitis. Sebagai obat daun semanggi dihaluskan dan diminum sebagai jamu atau dibentuk kapsul.

Untuk menciptakan pecel semanggi daun semanggi yang mungil dan lembut ini tidak direbus melainkan dilayukan dalam wajan panas sampai warnanya hijau kecokelatan.

Foto: Instagram @wennyoca

Pecel semanggi disajikan dengan tauge dan disiram bumbu pecel yang gurih pedas. Beberapa penjual mencampur bumbu pecel ini dengan ubi merah sehingga rasanya sedikit bagus kental. Pelengkap yang tak boleh dilupakan ialah kerupuk gendar.

Penjual pecel Semanggi yang populer masih ada di Pasar Prembaen Semarang. Uniknya racikan pecelnya menggunakan sayuran lain yang sudah langka. Seperti bunga turi dan kerokot yang diseduh air panas. Lauk wajibnya, sate keong sawah.

Selain dengan nasi putih, pecel semanggi juga yummy dimakan dengan lontong. Biasanya disajikan dengan porsi mungil dalam pincuk. Kalau seporsi kurang bisa nambah, apalagi harganya murah Rp 5.000 an.

Tekstur daun yang sedikit liat sekali beraroma sedap makin yummy dengan siraman bumbu pecel yang gurih, pedas sedikit manis. Apalagi diiringi renyah gurihnya kerupuk karak atau gendar.

Foto: Instagram @jajanansemarang

Karena jumlah sawah mulai menyusut di perkotaan, penjual pecel semanggi yang biasanya keliling kampung juga mulai berkurang. Apalagi yang terbaik semanggi dari sawah organik. Mengingat daun ini gampang sekali menyerap racun di sekitarnya.

Banyak penggemar pecel semanggi khawatir sayuran ini makin menyusut. Mengingat jumlah penjualnya makin berkurang. Nah, kalau kangen pecel semanggi, buruan sarapan pecel ini. enak, sehat, dan murah. Ayo rek, sarapan pecel semanggi!

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sedep Mantep! Pecel Semanggi Sarapan Kaya Nutrisi"

Posting Komentar