Rumus HLOOKUP Excel - HLOOKUP berfungsi untuk mencari nilai dibaris paling bawah dari tabel referensi, lalu mengembalikan nilai kedalam kolom yan sama dari sebuah baris yang ditetapkan oleh tabel referensi.
Seperti halnya VLOOKUP yang telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa fungsi HLOOKUP membutuhkan minimal 1 tabel sebagai acuan untuk pengambilan data.
Perbedaan paling medasar antara VLOOKUP dengan HLOOKUP yakni pada range data yang disusun vertical (VLOOKUP) atau horizontal (HLOOKUP).
Seperti halnya VLOOKUP yang telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa fungsi HLOOKUP membutuhkan minimal 1 tabel sebagai acuan untuk pengambilan data.
Perbedaan paling medasar antara VLOOKUP dengan HLOOKUP yakni pada range data yang disusun vertical (VLOOKUP) atau horizontal (HLOOKUP).
Pada artikel ini kita akan fokuskan pembahasan dan pola penerapan rumus HLOOKUP pada excel, untuk anda yang belum mempelajari rumus VLOOKUP dan rumus lain yang akan berkaitan dengan HLOOKUP silahkan baca artikel dibawah ini :
Untuk pengunaan rumus IF silahkan ada pelajari juga alasannya yakni diartikel selanjutnya akan dibahas mengenai penggabungan rumus IF dan HLOOKUP.
Baca Juga
Cara Menggunakan Fungsi HLOOKUP
Untuk memakai Fungsi ini diharapkan sebuah kelompok sebagai data dengan kondisi yang hampir sama, misalkan mempunyai nomor kode. Nomor arahan tersebut akan dipakai sebagai kunci dalam pengambilan data.
Dalam prosesnya fungsi ini akan menciptakan lebih dari 1 tabel, sehingga tabel utama sebagai tabel yang akan mengambil data membutuhkan satu atau lebih tabel bantu yang menyimpan data dengan urutan atau arahan tertentu.
Jadi, kesimpulannya yakni untuk tabel utama ini membutuhkan tabel lain yang menyimpan data untuk diambil dan ditempatkan kedalam tabel utama tersebut.
Syntax Dasar Rumus HLOOKUP
Syntax:
=HLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num)
=HLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num)
Keterangan :
- Lookup_value : nilai yang akan dicari dari tabel referensi.
- table_array : area data pada tabel referensi.
- col_index_num : nomor index baris pencarian dari tabel referensi.
Sumber http://adh-excel.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
Cara Memakai Rumus Hyperlink Untuk Membuka Dokumen Lain Dalam Excel Rumus HYPERLINK Excel - Rumus HYPERLINK dalam Excel tergabung kedalam kelompok Fungsi Pencarian dan Referensi. Kata LINK mungkin sudah t… Read More...
Cara Memakai Rumus Text Untuk Mengubah Format Teks Pada Microsoft Excel Rumus TEXT Excel - Dalam Excel Rumus TEXT tergabung kedalam kelompok Fungsi Teks. Dalam artikel sebelumnya saya telah menjelaskan beber… Read More...
Cara Memakai Rumus Find Untuk Mencari Posisi Atau Urutan Abjad Dari Sebuah String Dalam Excel Rumus FIND Dalam Excel - Rumus FIND tergabung kedalam kelompok Fungsi TEKS dalam Excel. Rumus FIND sering dipakai dalam pengolahan data … Read More...
Cara Memakai Rumus Len Untuk Menghitung Jumlah Huruf Dalam Excel Rumus LEN Excel - Rumus LEN dalam Excel tergabung kedalam kelompok Fungsi Teks. Rumus lain yang telah dibahas dalam kelompok ini dianta… Read More...
Cara Memakai Rumus Right Untuk Mengambil Karakter Dalam Excel Rumus RIGHT Excel - Rumus RIGHT dalam Excel tergabung kedalam kelompok Fungsi Teks. Hampir sama dengan rumus LEFT dan MID bahwa rumus R… Read More...
0 Response to "Penggunaan Dan Fungsi Rumus Excel Hlookup"
Posting Komentar