Membuat Grafik Pada Libreoffice Calc Dengan Gampang Dan Cepat

Membuat Grafik Pada LibreOffice Calc Dengan Praktis dan Cepat Membuat Grafik Pada LibreOffice Calc Dengan Praktis dan Cepat
Membuat Grafik Pada LibreOffice Calc Dengan Praktis dan CepatPembuatan sebuah Chart atau Grafik pada spreedsheet merupakan sesuatu yang sangat sering dilakukan. Grafik yang ditampilkan dalam sebuah laporan akan membantu mempercepat pemahaman dengan merubah angka kedalam sebuah visual gambar. LibreOffice Calc merupakan sebuah aplikasi untuk mengolah data atau spreedsheet yang didalamnya sudah menyediakan cara pembuatan sebuah grafik dengan cepat dan mudah. Kenapa saya menyebutnya cepat dan gampang ? alasannya yaitu pembuatan grafik yang dilakukan pada LibreOffice Calc hanya butuh klik dan menentukan jenis grafik yang diinginkan, maka selanjutnya grafik tersebut akan muncul sesuai dengan data dan angka yang diinginkan.

Kemudahan dalam menciptakan sebuah grafik tentu tidak hanya sanggup dilakukan dengan memakai LibreOffice alasannya yaitu seiring kemajuan teknologi banyak aplikasi yang menyediakan sebuah alat untuk menciptakan grafik dengan gampang dan tentu ini sanggup dijalankan dengan gratis. Salah satu aplikasi yang juga sering dipakai untuk menciptakan grafik yaitu Microsoft Excel.


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan wacana bagaimana cara menciptakan sebuah grafik pada LibreOffice Calc dan kalau Anda tertarik untuk membuatnya maka lanjutkan untuk membaca artikel ini hingga dengan selesai.

Jenis - jenis Grafik Pada LibreOffice Calc


Dalam menciptakan sebuah grafik pada LibreOffice tetap saja hal terpenting yang harus dilakukan yaitu menentukan sebuah jenis grafik yang cocok untuk data Anda. Ini sangat penting untuk dilakukan alasannya yaitu fasilitas membaca sebuah grafik niscaya dimulai dari kemudahana pemahaman pembaca grafik tersebut dengan tampilan yang digunakan.

Menurut Saya sebaiknya sebelum menciptakan sebuah grafik ada baiknya lebih dahulu mengenal jenis dari grafik yang disediakan oleh LibreOffice Calc. Jenis - jenis tersebut diantaranya yaitu :

1. Grafik Type Coulmn


Type grafik ini mempunyai bentuk menyerupai garis vertikal atau lurus keatas. Ada 3 pilihan grafik pada jenis ini yaitu : Normal, Stacked, Percent Stacked. Untuk tampilan 3D dalam jenis ini mempunyai 4 pilihan shape : Bar, Cylinder, Cone dan Pyramid.

2. Grafik Type Bar


Type grafik ini merupakan lebalikan dari type Column, bentuknya menyerupai garis horizontal. Untuk pilihan jenisnya hanya ada komplemen 1 dibandingkan dengan type Column yaitu Deep dan tampilan 3D shape mempunyai pilihan yang sama menyerupai type Column.

3. Grafik Type Pie


Grafik in imempunyai bentuk menyerupai donat, sangat cocok untuk membandingkan jumlah atau persentase 2 atau lebih barang sebagai perbandingan. Ada 4 pilihan untuk jenis ini yaitu : Normal, Exploded Pie Chart, Donut dan Exploded Donut Chart.

4. Grafik Type Area


Grafik type ini berbentuk menyerupai garis dengan kenaikan dan penurunan yang ditunjukan dengan garis tersebut. Ada 3 pilihan grafik yaitu : Normal, Stacked dan Percent Stacked.

5. Grafik Type Line


Grafik ini mempunyai bentuk menyerupai garis yang menghubungkan titik tertentu sebagai tanda kenaikan atau penurunana. Perbedaan dengan Type Area yaitu pada Type Line hanya garis saja sedangkan pada Type Area terdapat blok warna yang mengikuti garis tersebut. Ada 4 pilihan yaitu : Points Only, Points and Lines, Lines Only dan 3D Lines.

6. Grafik Type Scatter


Grafik type ini menyerupai dengan Type Line, ada 4 pilihan untuk jenis ini : Points Only, Points and Lines, Lines Only dan 3D Lines.

7. Grafik Type Bubble


Dari namanya sudah terlihat bahwa grafik ini berbentukseperti bubble. Setiap jenis data akan diwakili oleh warna pada bubble tersebut.

8. Grafik Type Net


Grafik ini mempunyai bentuk garis dan titik yang dihubungkan, ada 4 pilihan dalam grafik ini yaitu : Points Only, Points and Lines, Lines Only dan Filled.

9. Grafik Type Stock 


Grafik ini berbentuk menyerupai garis dengan penanda kotak bergaris atas dan bawah, menyerupai mirip grafik pada Stock Exchange berdasarkan saya. 

10. Grafik Type Column and Line


Grafik ini berbentuk Column yang dugabungkan dengan garis untuk mengatakan pola kenaikan atau penurunan dari data tersebut.

Itulah 10 jenis grafik yang disediakan oleh LibreOffice Calc sebagai alat untuk pengolahan data pada spreedsheet Anda. Jika sudah dipahami maka selanjutnya mari kita bahas mengenai bagaimana cara menciptakan grafik pada LibrOffice Calc.

Cara Membuat Grafik Dengan LibreOffice Calc


Untuk menciptakan grafik dalam LibreOffice Calc tentu saja yang pertama diharapkan yaitu aplikasi LibreOffice Calc. Jika sudah terpasang pada Komputer atau Laptop maka lanjutkan untuk mengetahui bagaimana cara menciptakan grafik dengan LibreOffice. Jika belum ada maka baca artikel dibawah ini untuk memasang LibreOffice pada Komputer atau Laptop Anda.


Ikuti langkah berikut ini untuk menciptakan grafik pada LibreOffice Calc :

1. Tabel data dasar


Buatlah tabel untuk data dasar yang akan dipakai untuk menciptakan grafik pada LibreOffice Calc. Sebagai pola perhatikan gambar dibawah ini :


Membuat Grafik Pada LibreOffice Calc Dengan Praktis dan Cepat Membuat Grafik Pada LibreOffice Calc Dengan Praktis dan Cepat


2. Klik Icon Chart


Blok tabel yang akan dijadikan data dasar pembuatan grafik. Klik Icon Chart dari hidangan atas sebelah kanan atau melalu hidangan Insert kemudian klik hidangan Chart. Selanjutnya akan muncul Chart Wizard untuk menentukan format grafik yang akan digunakan.

3. Chart Type


Pada bab ini pilih jenis Grafik yang akan dipakai menyerupai column, kafe atau yang lainnya. Jika ingin menggunkan format 3D maka centang kotak 3D dan pilih jenis 3D yang akan digunakan. Setelah tamat menentukan pilihan grafik selanjutnya klik Next.

4. Data Range  


Dalam wizard ini data range sudah otomatis terisi oleh data yang tadi diblok. Tentukan pilihan Data series in rows atau in columns serta first column as label dan first row as label. Tentukan dan sesuaikan dengan harapan Anda, klik pilihan Anda dan otomatis grafik akan berubah dan klik yang lain kalau ingin mengubahnya lagi. Setelah tamat klik Next.


Membuat Grafik Pada LibreOffice Calc Dengan Praktis dan Cepat Membuat Grafik Pada LibreOffice Calc Dengan Praktis dan Cepat


5. Data Series


Dalam Custom ini berdasarkan saya tidak perlu ada yang diubah, tetapi kalau ingin mencobanya silahkan klik hidangan dan lihat perubahan pada grafik. Selanjutnya klik Next.

6. Chart Elements


Dalam bab ini silahkan isi Title dengan judul grafik, subtitle dengan judul kedua dibawah title, X axis dengan nama garis bab bawah dan Y axis isi dengan nama garis bab sebelah kiri. Selain itu pada bab ini sanggup juga menentukan untuk menentukan letak legend ditampilkan atau tidak dan juga posisnya akan diletakan dimana. Setelah tamat klik Finish.

Sampai dengan proses ini maka pembuatan grafik sudah tamat dan sebagai hasil dari proses tadi maka akan terlihat grafik sebagai berikut :


Membuat Grafik Pada LibreOffice Calc Dengan Praktis dan Cepat Membuat Grafik Pada LibreOffice Calc Dengan Praktis dan Cepat


Itulah cara bagaimana menciptakan grafik dengan LibreOffice dan tentuk menyerupai yang saya sampaikan diatas bahwa menciptakan grafik itu sangat gampang alasannya yaitu LibreOffice telah menyediakan semua tools hingga dengan grafik tersebut tamat dibuat. Saya bukan jago dalam bidang ini tetapi hanya berusaha membagi pengalaman wacana pembuatan grafik, jadi kalau ada salah langkah atau apapun mari kita diskusikan melalui komen pada artikel ini. Akhirnya saya berharap gampang - mudahan artikel ini bermanfaat untuk Anda.  
   

Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Grafik Pada Libreoffice Calc Dengan Gampang Dan Cepat"

Posting Komentar