Guru Pemula? Hening Saja, Kami Punya Tips-Nya!

Untuk yang berencana menjadi guru, tepuk tangan dari kami! Kami besar hati dengan orang-orang yang sudah membulatkan tekadnya untuk mengabdi pada dunia pendidikan.

Di awal mula mengajar, tentunya akan terasa sangat nervous. Mungkin masih ada keraguan pada diri sendiri menyerupai “kira-kira murid ngerti ngga ya?”, “cara mengajarnya udah bener belom ya?”, “tadi terlihat kaku ngga ya selama mengajar?” dan... keraguan-keraguan lainnya.

Tenang saja! Kami punya tips untuk guru pemula yang akan mulai mengajar. Dengan mengikuti tips berikut, niscaya dapat membantu untuk siap mengajar menyerupai meski gres hari pertama. Yuk dibaca!

Guru Pemula - Pasti Bisa! Berencana menjadi guru? Pasti bisa! 

1. Siapkan Materi

Guru Pemula - Siapkan materi, agar lebih siap! Siapkan materi, agar lebih siap! 

Siapkan bahan mencar ilmu dari jauh hari, dengan begitu dapat mempermudah untuk mengevaluasi apakah bahan yang sudah dibentuk sudah sesuai atau belum. Bisa juga meminta saran dari sobat yang juga pengajar sebagai panduan untuk penyusunan materi.

Pastikan juga sudah menguasai semua materinya ya! Kaprikornus akan selalu siap memperlihatkan balasan terbaik untuk pertanyaan yang diajukan oleh murid. Kalau nantinya ada pertanyaan yang belum dapat dijawab, jangan asal jawab ya! Lebih baik dicatat dulu saja pertanyaannya, nanti pada pertemuan berikutnya gres berikan klarifikasi yang tepat. Oke?

2. Latihan, latihan dan latihan!

Guru Pemula - Latihan dulu yuk, Latihan dulu yuk! 

Supaya nanti tidak canggung ketika mengajar pertama kali, tidak ada salahnya untuk mencoba latihan dulu. Bisa dicoba dengan latihan di depan beling atau jika mau lebih baik lagi ada volunteer yang siap jadi sobat untuk latihan. Waktunya singkat saja, yang penting bagaimana nantinya menampilkan diri di depan calon murid dapat tergambarkan.

Setelah latihan, coba meminta feedback juga dari sobat apa saja yang dapat diperbaiki. Nah, kebayang kan nanti ketika mengajar akan menyerupai apa?

3. Sebelum mengajar pastikan perut terisi!

Guru Pemula - Makan dulu sebelum mengajar Jangan lupa makan sebelum mengajar 

Dengan perut yang sudah terisi, akan membantu untuk meningkatkan konsentrasi lebih baik lagi sehingga akan tetap fokus ketika mengajar. Jadi, jangan lupa makan yang cukup ya!

4. Mulai dari perkenalan diri

Guru Pemula - Perkenalkan diri pada murid Perkenalkan diri diawal 

Saat pertemuan pertama dengan murid, coba perkenalkan diri sendiri terlebih dahulu. Tujuannya agar murid tidak akan merasa absurd dengan kehadiran guru barunya.

Persiapkan perkenalan diri dengan baik ya, alasannya yaitu first impression akan memilih bagaimana calon murid menilai pengajar barunya. Saat memperkenalkan diri, tunjukkan diri sebagai langsung yang ramah namun tetap tegas sehingga murid akan merasa nyaman tapi di ketika bersamaan tetap hormat pada pengajarnya. Jangan lupa berikan senyum terbaik untuk mereka juga, ya!

5. Berikan Contoh

Guru Pemula - Beri teladan untuk bahan pelajaran Beri teladan untuk bahan pelajaran 

Adakalanya, ada bahan yang sulit dipahami yang menciptakan murid sulit mengerti. Untuk antisipasi hal ini, pastikan sudah mempersiapkan teladan dari bahan tersebut dengan kehidupan kasatmata yang sering terjadi sehari-hari sehingga membantu murid lebih mengerti.

7. Selipkan Humor

Guru Pemula - Buat murid tertawa Buat murid tertawa 

Meski proses mencar ilmu butuh keseriusan, tapi jangan lupa untuk selipkan humor dan tetap santai ketika mengajar. Dengan adanya humor, dapat mencairkan suasana dan meningkatkan konsentrasi murid. Apalagi ketika murid sudah mulai terlihat bosan bahkan ngantuk. Nah! Saat yang sempurna untuk mengeluarkan jurus humor. Biar murid kembali fresh untuk memperhatikan pelajaran lagi. Ayo tertawa bersama :)

7. Apresiasi Usaha Murid

Guru Pemula - Beri apresiasi pada murid  aktif Ingat! Selalu beri apresiasi untuk murid ya! 

Selalu ingat untuk memperlihatkan penghargaan kepada murid yang berusaha. Misalnya untuk murid yang secara aktif bertanya atau mencoba menjawab pertanyaan. Jangan hiraukan benar atau salahnya dari pertanyaan atau balasan yang diberikan, selama murid sudah mencoba itu merupakan hal positif. Dengan perilaku ini, tujuannya untuk mendorong murid lainnya untuk proaktif juga di kelas.

8. Akhiri Dengan Senyuman!

Guru Pemula - Terus tersenyum ya! Keep smile :) 

Setelah selesai, akhiri jam mencar ilmu dengan senyuman ya! Dengan tersenyum, itu dapat memperlihatkan diri sebagai pengajar yang friendly dan menyenangkan. Ini juga memperlihatkan bahwa pengajar juga menikmati saat-saat mengajar dengan murid. Smile!

Itulah tips-tips mengajar untuk pemula dari kami. Hal terpenting yaitu sudah menyiapkan semuanya dengan matang. Mau nanti bagaimana hasilnya, yang penting sudah memperlihatkan yang terbaik.

Dengan sering mengajar, seiring waktu akan terbiasa dan semakin mahir. Kaprikornus jangan khawatir ya! Sebelum mengajar banyak iswa di kelas, guru pemula dapat mengajar satu siswa secara privat melalui ruangles, dapat direkomandasikan kesiswa ya Guru. Goodluck for you!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Guru Pemula? Hening Saja, Kami Punya Tips-Nya!"

Posting Komentar