Cara Merawat Bulu Sogok Ontong Biar Tidak Cepat Pudar

Sogok ontong atau burung madu sriganti termasuk salah satu jenis burung master yang banyak diminati oleh para penghobi burung berkicau. Hal ini disebabkan burung bertubuh kecil ini mempunyai alunan bunyi yang sangat indah. Maka dari itu, cocok sekali untuk masteran burung-burung lomba menyerupai halnya Murai Batu, Kacer, Cendet, dan lain sebagainya.

Sogok ontong atau burung madu sriganti termasuk salah satu jenis burung master yang banyak Cara Merawat Bulu Sogok Ontong Agar Tidak Cepat Pudar
hobiburung.org

Burung pemakan nektar ini mempunyai bunyi ngerol diiringi cengkok yang sangat bagus. Oleh lantaran itu , dalam memaster burung-burung kesayangannya, para pecinta burung maupun penghobi lebih banyak menggunakan jenis burung orisinil kalau dibandingkan dengan versi audio. Lalu, bagaimana cara merawat bulu sogok ontong?

Cara Merawat Bulu Sogok Ontong

Burung sogok ontong yang sudah usang diperlihara pastinya akan sangat berbeda kalau dibandingkan dengan sogok ontong yang gres dipelihara. Burung sogok ontong yang sudah dirawat usang pada umumnya seluruh bulu menjadi pudar atau memutih.

Ini semua disebabkan lantaran burung mengalami gangguan pada pigmen yang disebabkan lantaran asupan yang pakannya dalam sehari-hari.

Burung Sogok ontong pada dikala berada di alam liar memakan nectar. Dengan demikian, warna bulu sanggup menjadi sangat cerah dan juga kontras. Akan tetapi, apabila sudah masuk pada kandang atau dipelihara, sogok ontong sudah tidak makan masakan pokoknya tersebut.

Pada umumnya kita hanya memperlihatkan susu yang kental, air gula, atau madu. Padahal sebetulnya sogok ontong di alam liarnya tidak pernah memakan makanan-makanan tersebut. Sehingga hal ini sangat besar lengan berkuasa pada kecerahan warna bulu burung.

Di dalam mencegah maupun mengembalikan warna bulu sogok ontong semoga sanggup cerah kembali, sebaiknya anda melaksanakan cara merawat bulu sogok ontong berikut ini.

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari

Cara merawat bulu sogok ontong yang pertama yang harus anda lakukan yakni dengan menyetop dukungan masakan yang tidak termasuk makanannya. Misalnya saja menyerupai susu dan madu di atas. Karena 2 jenis masakan tersebpat ut dmerusak pigmen burung, dengan demikian warna bulu menjadi kusam.

Akan tetapi, untuk air gula sanggup memberikannya sesekali. Karena, air gula yang tidak berlebihan tidak terlalu besar lengan berkuasa pada warna bulu burung sogok ontong yang anda pelihara.

Tak hanya itu, air gula juga penting sekali untuk diberikan pada burung sogok ontong lantaran sanggup meningkatkan frekuensi bunyi burung. Kemudian, air gula juga sanggup menyehatkan burung sogok ontong, lantaran menjadi sumber tenaga burung.

Oleh lantaran itu, tidaklah heran walaupun tanpa kroto, sogok ontong yang anda berikan air gula akan tetap sanggup berbunyi dengan rajin.

Berikan Pakan Terbaik

Sogok ontong atau burung madu sriganti termasuk salah satu jenis burung master yang banyak Cara Merawat Bulu Sogok Ontong Agar Tidak Cepat Pudar
tipsburung.com

Jika dibandingkan anda memperlihatkan susu atau madu, memperlihatkan pakan yang alami saja itu lebih baik. Pakan alami untuk burung sogok ontong ternyata juga banyak, diantaranya buah pisang atau buah talok atau talokan.

Selain buah talok dan buah pisang, masih banyak jenis pakan alami lain yang sangat dibutuhkan oleh burung sogok ontong.

Untuk burung sogok ontong yang sudah terlanjur mempunyai warna yang pudar, dukungan pakan alami ini penting sekali diberikan setiap hari. Bahkan hal ini juga memerlukan konsistensi yang tinggi.

Sebab, perubahan warna bulu sogok ontong ini memakan waktu yangcukup lama. Bahkan dalam beberapa kejadian, ada yang hingga menungggu waktu mabung.

Cara merawat bulu sogok ontong dalam kesehariannya sanggup anda beri pisang. Untuk buah pisang, pemberiannya juga sanggup dikatakan sangat mudah. Anda sanggup mengambil seukuran jempol tangan orang dewasa, selanjutnya anda sanggup masukkan ke dalam cepuk.

Kemudian, untuk buah lain menyerupai talokan, anda sanggup memeras dan mengambil cairannya. Kemudian , masukkan ke dalam cepuk selanjutnya berikan pada burung sogok ontong.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Bulu Sogok Ontong Biar Tidak Cepat Pudar"

Posting Komentar