Cara Menjumlahkan Data Dengan Rumus Excel Sum

penggunaan rumus SUM dalam microsoft excel Cara Menjumlahkan Data Dengan Rumus Excel SUM
Fungsi Rumus Excel SUM - Rumus Excel SUM merupakan sebuah fungsi dari Microsoft Excel yang sanggup dipakai untuk menjumlahkan data. Penjumlahan ini merupakan satu dari beberapa fungsi dasar yang harus dikuasai oleh Anda alasannya yaitu fungsi ini niscaya dipakai oleh Anda jikalau akan menjumlahkan data pada Excel meskipun dengan memakai fungsi yang lain misalkan IF, VLOOKUP atau yang lainnya. 

Rumus Excel SUM dipakai jikalau Anda akan menjumlahkan formasi angka dalam Microsoft Excel dengan catatan bahwa penjumlahan ini tidak memerlukan syarat atau kondisi tertentu. Dengan kata lain jikalau Anda akan menjumlahkan data dengan kondisi tertentu maka dibutuhkan fungsi rumus excel yang lain sebagai pemisah untuk menjumlahkan data tersebut. 

Fungsi Excel SUM sanggup dipakai pada range, array atau beberapa angka yang merupakan hasil dari fungsi yang lain pada Microsoft Excel. Misalkan sesudah Anda mengambil banyak data dengan memakai Fngsi Excel VLOOKUP maka selanjutnya bagaiaman cara untuk menjumlahkan formasi angka yang merupakan hasil dari pengambilan data tersebut.


Cara Menggunakan Rumus Excel SUM

Sebelum Anda melihat atau membaca pola penggunaan Fungsi Excel SUM sebaiknya mempelajari syntax dasar pada fungsi SUM. Ini akan membantu Anda untuk memahami penerapan sebuah kondisi pada fungsi Excel tersebut.

Syntax dasar fungsi Excel SUM :

=SUM(angka1;[angka2];...)

Keterangan untuk Syntax diatas :
angka1 : merupakan angka pertama yang akan dijumlahkan pada formasi data Anda.
angka2 : merupakan angka lain yang ingin ditambahkan kedalam penjumlahan tersebut, ini bersifat optional.

Fungsi Excel SUM ini sanggup Anda gunakan pada formasi angka vertikal maupun horizontal, sesuaikan dengan kebutuhan pada sheet pengolahan data Anda. Jika ada sel kosong dalam formasi data yang akan Anda jumlahkan dengan menggunkan Fungsi SUM maka sel kosong tersebut akan diabaikan.

Contoh Menggunakan Rumus Excel SUM

Rumus Excel SUM sanggup Anda gunakan untuk menjumlahkan data yang ada pada kolom yang sama ataupun berbeda kolom bahkan ini juga sanggup gunakan untuk menjumlahkan data yang merupakan hasil dari fungsi Excel yang lain. 

1. Menggunakan Rumus Excel SUM pada baris atau kolom yang sama


Pada pola ini aku akan menjumlahkan sebuah formasi angka pada sheet Excel dengan kolom atau baris yang sama. Maksud dari formasi angka yang sama yaitu jikalau Anda memiliki beberapa angka yang ada pada baris atau kolom yang sama sehingga ini hanya diharapkan satu Fungsi Excel yang dipakai untuk mencari total atau jumlah dari formasi angka tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :


penggunaan rumus SUM dalam microsoft excel Cara Menjumlahkan Data Dengan Rumus Excel SUM

Pada pola diatas terdapat formasi angka sebagai berikut : 15, 28, 35, 37, 39, dan 45. Inilah yang aku maksud sebuah formasi angka yang sama pada satu kolom atau baris sehingga untuk mencari totalnya Anda tinggal memakai Fungsi Rumus Excel SUM. Angka 199 merupakan total penjumlahan dari formasi angka tersebut dengan memakai rumus SUM. 

Untuk menjumlahkan data tersebut sanggup Anda lihat pada baris rumus yang diberi kotak dengan warna merah paling atas sebelah kanan. Fungsi tersebut tertulis sebagai berikut :

=SUM(A1:A6)

Keterangan untuk Fungsi tersebut sanggup aku jelaskan sebagai berikut : A1 merupakan range angka awal pada formasi sedangkan A6 merupakan range yang terdapat pada tamat formasi angka. Dengan kata lain bahwa Fungsi Rumus Excel SUM ini yaitu penjumlahan sebuah formasi angka yang diawali dengan range pertama dan diakhiri dengan range paling bawah. Fungsi tersebut sanggup juga memakai rumus sebagi berikut :

=SUM(A1;A2;A3;A4;A5;A6)

Jika Anda memakai rumus kedua ibarat diatas maka risikonya akan tetap sama yaitu 199. Untuk menggunakannya silahkan sesuaikan dengan impian Anda atau gunakan yang berdasarkan Anda lebih mudah.

2. Menggunakan Rumus Excel SUM pada baris atau kolom yang berbeda


Untuk Contoh yang kedua aku akan menjumlahkan data pada formasi angka yang lebih dari satu kolom atau baris. Misalkan Anda memiliki dua deret angka yang akan dijumlahkan dengan memakai Fungsi Excel SUM. Untuk menyeelsaikan ini bekerjsama sanggup dengan menjumlahkan satu kolom terlebih dahulu sesudah itu total dari jumlah kolom pertama dan kedua tinggal ditambahkan manual dengan penjumlahan atau dengan rumus SUM jikalau hasil tersebut ada pada baris atau kolom yang sama. 

Tetapi aku akan menjelaskan bagaimana cara menjumlahkan dua deret angka tersebut dengan memakai Fungsi Excel SUM, ini dimaksudkan agar Anda lebih memahami penggunaaan dua Fungsi Excel yang digabungkan menjadi satu. Alasannya alasannya yaitu pembahasan rumus excel kedepan akan banyak menggabungkan dua fungsi dalam satu rumus sehingga untuk memudahkan Anda memahaminya sebaiknya berguru penggabungan tersebut dari hal yang paling dasar. Tentu ini dimaksudkan untuk Anda yang pemula, bagi yang sudah andal tidak perlu mempelajari ini lagi.  

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :

penggunaan rumus SUM dalam microsoft excel Cara Menjumlahkan Data Dengan Rumus Excel SUM


Pada pola gambar diatas terdapat dua deret angka yang akan dijumlahkan dengan memakai Fungsi Rumus Excel SUM. Deret angka pertama dimulai dari range A1 dan diakhiri dengan range A6. Deret angka yang kedua dimulai dari range B1 dan diakhiri dengan range B6. Perhatikan rumus yang dipakai pada pola tersebut yang terdapat palin atas dengan kotak garis warna merah.

=SUM(A1:A6;B1:B6)

Sangat gampang untuk membedakan pola pertama dengan kedua bahwa ada pemisah tanda titik koma ( ; ) sebagai pembatas antara rumus pertama dan kedua. Inilah yang aku sampaikan diatas bahwa pemisah tanda ini akan sangat berkhasiat jikalau Anda akan menggabungkan dua fungsi dalam satu rumus.

Sebagai pelengkap bahwa untuk penjumlahan tersebut sanggup juga memakai rumus =SUM(A1:B6) ini akan menjumlahakn seluruh angka dari mulai range A1 hingga dengan B6 tentu risikonya akan sama dengan rumus diatas. SIlahkan Anda gunakan yang lebih gampang berdasarkan Anda jikalau akan menjumlahkan angka pada Excel.

Itulah Fungsi Rumus Excel SUM yang sanggup Anda gunakan untuk menjumlahkan data pada formasi angka Microsoft Excel. Saya rasa ini sangat gampang untuk dipahami bagi Anda yang mau untuk mempelajarinya. Saya tidak bermaksud menggurui tetapi hanya mencoba untuk membuatkan sesuatu yang sudah aku pahami. Jika ada sesuatu yang salah atau tidak Anda pahami dalam artikel ini mari kita diskusikan melalui komentar artikel dibawah. Semoga artikel ini membantu Anda untuk lebih memahami perihal Fumgsi Rumus Excel SUM. 


Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjumlahkan Data Dengan Rumus Excel Sum"

Posting Komentar