Cara Meningkatkan Kecepatan Website

Di bawah ini cara meningkatkan kecepatan website yang idnetter terapkan pada web WordPress di server Linux. Menurut kawan-kawan, idnetter.com cepat atau lambat? kalau sanggup dibilang cepat, berikut spesifikasi server dan plugin yang aku pakai, kalian sanggup mencontohnya:


Web server NGINX


Gunakan NGINX web server, alasannya konfigurasinya mudah, irit waktu, tutorialnya juga banyak. Kalau VPS pakai panel gunakan yang support dengan NGINX atau NGINX reverse proxy Apache. Contoh panel gratis VPS:



  • Webuzo

  • VestaCP

  • CentOS web Panel

  • EasyEngine


Kalau tetap ingin pakai Apache dalam hal ini cPanel/WHM, matikan service yang tidak perlu contohnya BIND DNS, Mailman, Antivirus, dan juga Antispam. Install MariaDB daripada MySQL.


Alternatif Apache untuk cPanel/WHM, coba install plugin Nginx.


Database MariaDB


Untuk database gunakan MariaDB versi 10.2 atau yang terbaru, kalau Anda tidak kesulitan dalam menginstallnya, kalau kesulitan pakai MySQL saja, TIDAK masalah.


PHP module dan extension


Usahakan memakai PHP 7.x atau yang lebih baru. Install ekstensi PHP OPcache (kebanyakan panel VPS sudah include/terinstall) dan juga PHP driver database cache contohnya Redis atau memcached )pilih salah satu saja).


DNS Hosting


Memilih DNS hosting yang tepat, sempurna dalam artian ramah dikantong dan konfigurasi yang gampang dan mendukung untuk negara sasaran visitor web. Sebagai contoh:



  • he.net

  • Cloudflare.com


Saya pakai he.net untuk idnetter.com dan cloudflare untuk web hosting. he.net pengaturannya gampang tidak banyak menu, singkatnya: “langsung jalan”.


Plugin Cache


Berikutnya yaitu plugin cache WordPress untuk menyiasati supaya PHP tidak terus menerus mem-parsing script atau request ke database. Plugin cache gratis dan termasyur diantaranya:



  • W3 Total Cache

  • WP Super Cache

  • WP Fastest Cache

  • Autoptimize

  • Redis Object Cache


Saya fans dari Autoptimize dan Redis Object Cache.


Gunakan themes WP standard


Menggunakan themes WordPress standard maksudnya yaitu berpedoman pada panduan yang sudah ada yaitu WP Codex Themes Development. Themes banyak yang gratis aku sarankan untuk mengunduh pada situs resmi yaitu https://wordpress.org – kalau membeli theme usahakan yang menerima support dari developernya.


Saya pernah menjumpai ada theme yang menciptakan website lambat diakses/berat loadingnya alasannya suatu fitur di dalam themes tersebut dengan penulisan arahan yang buruk, biasanya akan  merequest ke database sehingga table terkunci dan menciptakan request-request selanjutnya pending hingga query berhasil ditampilkan. Ini akhirnya proses CPU/RAM tinggi.


Kalau bisa, HINDARI themes WP yang memakai page builder yang mengharusnya menginstall plugin lain-lain kalau spesifikasi server Anda rendah, misalnya: di bawah 2GB/2 core CPU.


Oke, selamat berkarya kawan. Mudah-mudahan bermanfaat.



Sumber https://idnetter.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Meningkatkan Kecepatan Website"

Posting Komentar