Cara Menghitung Harga Sehabis Diskon Pada Microsoft Excel

Cara Menghitung Harga Setelah Diskon Pada Microsoft Excel Cara Menghitung Harga Setelah Diskon Pada Microsoft Excel
Cara Menghitung Harga Setelah Diskon Pada Microsoft Excel - Diskon merupakan kepingan yang diberikan pada pembelia oleh penjual pada transaksi pembelian satu atau beberapa barang. Diskon ini biasanya diberikan untuk menarik pembeli supaya segera melaksanakan transaksi ketika itu juga.

Pemberian diskon biasanya banyak yang diadakan pada ketika - ketika tertentu contohnya hari raya, selesai bulan atau tanggal tertentu ibarat 17 Agustus dan lain - lain. Ini dilakukan tentu untuk menarik orang supaya segera membeli barang yang didiskon tersebut.

Dalam artikel ini saya akan membahas cara menghitung diskon dalam Microsoft Excel, tentu saja hal ini sanggup dilakukan dengan mudah. Fungsi yang dipakai dalam menghitung diskon ini hanya dengan fungsi yang berkaitan dengan persen (%).
    

Ada beberapa kondisi diskon yang saya bahas yaitu diskon tunggal, diskon ganda dan diskon dengan kriteria. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.


Cara Menghitung Diskon Dalam Excel


Seperti yang saya sebutka diatas bahwa dalam artikel in saya akan membahas beberapa kondisi diskon yang mungkin muncul pada ketika penghitungan, ini tergantung dari kebijakan diskon dari penjual yang diberikan kepada pembeli sehingga kondisi ini tidak mutlak akan terjadi.

Contoh Menghitung Diskon Tunggal Dalam Excel


Diskon tunggal yang saya maksud ialah diskon yang hanya terdiri dari satu nilai persen saja yang diberikan oleh penjual kepada pembeli. Misalnya Anda akan membeli sebuah buku dengan harga 200.000 dan penjual menawarkan diskon sebesar 10% maka untuk membayar buku tersebut Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 180.000 saja.

Untuk menghitung diskon dengan kondisi ini silahkan perhatikan gambar dibawah dan akan dijelaskan perihal rumus untuk menghitungnya :


Cara Menghitung Harga Setelah Diskon Pada Microsoft Excel Cara Menghitung Harga Setelah Diskon Pada Microsoft Excel

> Harga (Kolom C) : merupakan harga awal barang dengan kondisi belum diberikan atau belum dipotong oleh diskon.

> Diskon (Kolom D ) : merupakan diskon yang diberikan oleh penjual kepada pembeli dengan persen yang berbeda setiap barangnya.

> Harga Jual ( Kolom E ) : merupakan harga selesai atau harga jual yang merupakan nilai selesai dengan perhitungan Harga - Diskon. Untuk mendapat nilai ini rumus dasar yang digunkan ialah Harga-( Harga x Diskon)=Harga Jual.

> Rumus Diskon ( Kolom G ) : merupakan rumus yang dipakai untuk menghitung Harga Jual sesudah dipotong dengan Diskon.

Untuk menghitung berapa harga jual sanggup dipakai rumus ibarat yang terlihat dalam kolom G, atau sebagai berikut :

Rumus Diskon :

E3 : =C3-(C3*D3)
E4 : =C4-(C4*D4)
E5 : =C5-(C5*D5)

Bagaimana, gampang bukan menghitung diskon tersebut dalam Microsoft Excel ? selanjutnya bagaimana kalau diskon tersebut ada dua atau diberlakukan double diskon ? mari kita bahas dibawah ini.

Contoh Menghitung Diskon Ganda Dalam Excel


Diskon ganda yang saya maksud ialah diskon yang diberikan oleh penjual kepada pembeli dengan jumlah lebih dari satu. Misalnya sering muncul di swalayan yang menjual kebutuhan sehari - hari atau menjual pakaian dengan menawarkan diskon 50% + 20%.

Ada dua perkiraan untuk menghitung dua diskon tersebut, yang mengetahui persis ialah penjual barang perihal perkiraan mana yang digunakan.

Asumsi pertama diskon tersebut ialah 70% tetapi ketika diinformasikan kepada pembeli dipecah menjadi dua diskon. Saya tidak akan membahas teladan perhitungan perkiraan ini alasannya kalaupun memang perkiraan ini yang dipakai penghtiungan dalam Excel tinggal memakai cara ibarat teladan pertama dengan menjumlahkan dua persen diskon tersebut.

Asumsi kedua ialah bahwasanya diskon ini bukan 70% (50%+20%) tetapi pola perhitungannya ialah Harga dikalikan dengan persen pertama lalu hasil dari pengurangan tersebut dikalikan kembali dengan diskon kedua sehingga harga jual ialah hasil pengurang dari dua diskon tersebut. Saya akan membahas perkiraan yang kedua ini, silahkan perhatikan gambar dibawah ini :

Cara Menghitung Harga Setelah Diskon Pada Microsoft Excel Cara Menghitung Harga Setelah Diskon Pada Microsoft Excel

Dalam gambar diatas terdapat diskon 1 dan 2, sekali lagi saya tegaskan bahwa saya akan menawarkan teladan penghitungan dengan asmusi yang kedua. Jika diskon tersebut memakai perkiraan yang pertama ( menambahkan dua diskon tersebut ) maka gunakan cara ibarat pada coontoh penghitungan diskon tunggal.

Rumus untuk menghitung diskon diatas secara umum sanggup saya sebutkan sebagai berikut : pertama cari harga sesudah diskon pertama yaitu 850.000-(850.000*50%)=425.000 kedua cari diskon yang kedua yaitu 425.000-(425.000*20%)=340.000 Jadi, harga jual selesai ialah 340.000 atau diskon tersebut sebesar 60% bukan 70% (50%+20%).

Selanjutnya bagaimana menuliskan rumus tersebut kedalam Microsoft Excel ? berikut rumus yang saya gunakan pada kolom F untuk mencari harga sesudah diskon :

Rumus harga jual sesudah Diskon 1 dan 2 :

F3 : =C3-(C3-C3*D3)-((C3-C3*D3)*E3)
F4 : =C4-(C4-C4*D4)-((C4-C4*D4)*E4)
F5 : =C5-(C5-C5*D5)-((C5-C5*D5)*E5)

Demikian klarifikasi perihal cara menghitung diskon ganda pada Microsoft Excel, khusus untuk membahas perihal bagaimana cara menghitung diskon dengan kriteria tertentu akan saya bahas pada artikel yang lain.

Itulah pembahasan perihal cara menghitung diskon dalam Microsoft Excel, saya berharap artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan kalau berkenan saya juga mengharapkan kepada pembaca untuk membagikan artikel ini kepada orang lain.   


Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Harga Sehabis Diskon Pada Microsoft Excel"

Posting Komentar