Cara Memakai Fungsi Networkdays Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi NETWORKDAYS Dalam Microsoft Excel - Fungsi NETWORKDAYS sanggup dipakai untuk menghitung semua hari kerja diantara tanggal awa dan akhir. Hari kerja yang tidak termasuk simpulan pekan atau tanggal lain yang akan mengurangi total dari hari kerja tersebut.

Fungsi ini sangat cocok dipakai untuk menghitung proteksi karyawan yang dibayarkan dengan dasar harikerja sebagai perhitungan dalam periode tertentu.

Fungsi NETWORKDAYS ini hampir ibarat dengan Fungsi DATEDIF dimana hasil dari fungsi tersebut yakni sebuah angka integer yang merupakan jumlah dari tanggal awal dan tanggal akhir, tetapi dalam NETWORKDAYS terdapat jumlah tertentu sebagai hari yang mengurangi dari jumlah hari.


NETORKDAYS masuk kedalam kelompok Fungsi Tanggal Dan Waktu, sehingga mempunyai beberapa kemiripan dalam hal syntax dan juga argumen yang digunakan. Pemilihan fungsi apa yang akan dipakai sangat bergantung kepada data ibarat apa yang akan diolah.



Dalam artikel ini saya hanya akan menjelaskan perihal bagaimana cara memakai fungsi NETWORKDAYS dalam Microsoft Excel, untuk fungsi yang lain yang berkaitan dengan tanggal dan waktu silahkan pelajari pada artikel yang telah dijelaskan sebelumnya.


Cara Menggunakan Fungsi NETWORKDAYS



Untuk sanggup memakai sebuah fungsi dengan sempurna diharapkan pemahaman terhadap fungsi dan juga syntax serta argumen yang dimiliki oleh sebuah fungsi dalam Microsoft Excel.

Fungsi dari NETWORKDAYS telah saya jelaskan diatas, untuk lebih memahami perihal fungsi ini saya akan jelaskan perihal syntax, argumen dan juga rujukan penggunaannya.


Syntax Dasar Fungsi NETWORKDAYS



Ada 3 argumen dasar yang harus dipahami untuk memakai fungsi ini, semua argumen itu tercantum dalam syntax dan harus dipenuhi untuk menghasilkan angka total jumlah hari dalam periode diantara tanggal awal dan tanggal simpulan tersebut.

Syntax Fungsi NETWORKDDAYS

=NETWORKDAYS(start_date;end_date;[holiday])

> start_date : diisi dengan tanggal awal dari sebuah periode yang akan dihitung jumlah hari kerjanya.

> end_date : merupakan tanggak simpulan dari periode yang akan menghitung total hari kerja.

> holiday : Ini bersufat optional, boleh disi dan boleh juga dikosongkan. Ini merupakan tanggal yang dikurangkan dari perhitungan hari kerja ibarat hari libur, cuti atau sanggup juga diisi dengan tanggal tertentu sebagi pengurang dari perhitungan.

Contoh Penggunaan NETWORKDAYS Dalam Excel


Setelah memahami syntax serta argumen yang harus diisi dalam fungsi NETWORKDAYS ini maka selanjutnya mari kita lihat rujukan penggunaanya dalam Microsoft Excel.

Dalam sebuah proyek diketahui data sebagai berikut :

Dalam Cell A1 : Tanggal Mulai Proyek : 01-05-2018
Dalam Cell A2 : Tanggal Selesai Proyek : 31-05-2018

Hari Libur Selama Pelaksanaan Proyek :

Dalam Cell A3 : 01-05-2018 Hari Buruh Sedunia
Dalam Cell A4 : 10-05-2018 Kenaikan Yesus Kristus
Dalam Cell A4 : 29-05-2018 Hari Raya Waisak

Untuk menghitung berapa total harikerja menurut data diatas sanggup dilakukan sebagai berikut :

Contoh 1 jikalau dianggap tanpa hari libur :

Rumus : =NETWORKDAYS(A1;A2)

Hasil : 23

Penjelasan : Total jumlah hari selama bulan Mei 2018 yakni 31 dikurangi dengan hari sabtu dan ahad 8 hari, jadi total hari kerja yakni 23.

Contoh 2 Jika hari libur hanya tanggal 01-05-2018 :

Rumus : =NETWORKDAYS(A1;A2;A3)

Hasil : 22

Penjelasan : Total jumlah hari kerja selama bulan Mei dikurang sabtu dan ahad yakni 23 dikurangi 1 hari libur menjadi 22.

Contoh 3 Jika hari libur dihitung semua selama 3 hari :

Rumus : =NETWORKDAYS(A1;A2;A3:A5)

Hasil : 20

Penjelasan : Total hari kerja dikurangi sabtu ahad yakni 23 lalu dikurangi 3 hari libur menjadi 20 hari.   

Dari rujukan diatas sanggup disimpulkan bahwa fungsi ini menghitung total jumlah hari kerja pada periode tertentu dengan dikurang oleh weekend yaitu hari sabtu dan minggu. Bagaimana jikalau weekend hanya dihitung hari sabtu saja ? akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

Itulah penjelesana perihal bagaimana cara memakai fungsi NETWORKDAYS dalam Microsoft Excel. Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan sanggup menambah pengetahuan kita perihal fungsi - fungsi yang ada dalam Microsoft Excel.

Jika pembaca merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman - teman yang mungkin sedang membutuhkan solusi perihal cara memakai fungsi ini dalam Excel. 


Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai Fungsi Networkdays Dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar