Cara Memakai Fungsi Format Cells Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi Format Cells Dalam Microsoft Excel - Salah satu fungsi yang sering dipakai dalam Excel ialah Format Cells. Dalam sajian ini tersedia format untuk mengubah angka, tanggal persen dan lainnya sehingga sajian inimenjadi wajib diketahui oleh siapapun yang sering mengolah data dengan memakai Microsoft Excel.

Dalam Format Cells hampir tersedia seluruh sajian yang sanggup dipakai dalam pengolahan data. Itu artinya hanya dengan 1 sajian kita sanggup melaksanakan banyak hal bahkan menambahkan garis dan alignmentpun sanggup dilakukan melalui sajian ini.




Cara Menggunakan Fungsi Format Cells


Dalam sajian ini tersedia 6 Tab untuk pengaturan format dalam pengolahan data Excel. Tab tersebut ialah Number, Alignment, Font, Border, Fill dan Protection. Masing - masing tab mempunyai fungsi yang berbeda.

1. Tab Number


Tab Number ini dipakai untuk pengolangan angka, tanggal dan text. Dalam tab Number ini terdiri dari General, Number Currency, Accounting, Date, time, Fraction, scientific, text, special dan custom.

GeneralMerupakan format yang tidak spesifik sehingga jikalau dimasukan angka hanya akan menghasilkan deret angka tanpa format apapun.

NumberAda 3 sajian yang sanggup dipakai dalam format number ini. Fungsinya terang untuk menunjukkan format angka. Isi Decimal places jikalau ingin memunculkan angka desimal. Cheklis Use 1000 separator jikalau menginginkan format angka yang memakai titik atau koma sebagai pemisan ribuan. Terakhir piliha bentuk angka negatif yang didinginkan dalam Negative numbers.

CurrencyFormat ini berisi Decimal places untuk memunculkan angka desimal.

Symbol merupakan tab dropdown untuk menentukan icon mata uang setiap negara misalkan "Rp" untuk Indonesia. Terakhir Negative numbers untuk menentukan format angka negatif.

AccountingHampir menyerupai dengan fungsi Tab Currency, dalam tab isi berisi  Decimal places dan Symbol yang fungsinya sama dengan tab Currency.

Date :Untuk menentukan format tanggal yang akan ditampilkan dalam excel. Tersedia banyak format tanggal, bahkan sanggup menentukan format dari Negara mana terlebih dahulu sebelum menentukan format tanggal.

TimeUntuk menentukan format Time, cukup pilih formatnya dalam kotak Type kemudian klik OK.

PercentageUntuk menentukan format persen, isi Decimal places jikalau ingin memunculkan angka desimal.

FractionUntuk menunjukkan format angka 1/4, 1/2 dan lainnya. Jika memakai format ini kemudian di ketik 0.25 maka otomatis akan menjadi 1/4. Begitupun dengan angka yang lainnya.

ScientificUntuk menunjukkan format angka dengan scientific.

TextUntuk menunjukkan format text pada cell tertentu, jikalau diberikan format ini dan kemudian diketik angka maka akan menjadi text dengan posisi angka ada disebelah kiri bukan sebelah kanan.

SpecialUntuk format angka Istimewa menyerupai arahan pos atau nomor telepon dengan format tertentu.

CustomUntuk menciptakan format angka sendiri misalkan jikalau diketik angka 12 maka otomatis akan menjadi 0012.


2. Tab Alignment


Tab ini berfungsi untuk mengatur posisi teks. Text Alignment untuk menentukan posisi teks apakah ditengah, bawah atau atas. Text Control untuk mengatur teks yang melewati batas tamat garis kolom, piihannya ialah Wrap text untuk berfungsi jikalau teks melewati batas garis maka cell tersebut akan otomatis menyesuaikan dengan memperbesar kolom ke bawah dan goresan pena menjadi 2 baris. Shrink to fit sebaliknya, jikalau melewati kolom maka otomatis tulusan dan karakter yang akan menyesuaikan. Merge cells untuk menggabungkan dua baris menjadi satu baris, biasanya sering dipakai dalam menciptakan tabel.





Untuk lebih jelasnya wacana cara penggunaan Tab Alignment silahkan pelajari dalam artikel diatas.

3. Tab Font


Tab ini berfungsi untuk mengatuf hururf. Didalamnya terdapat pilihan jenis huruf, ukuran karakter dan style yang ingin digunakan. Color untuk menentukan jenis warna huruf, dan effect akan menunjukkan effect tertentu terhadap tulisa yang dihasilkan.





Jika ingin mengetahui lebih detail wacana fungsi Tab Font silahkan baca dan pelajari dalam artikel diatas yang khusus membahas wacana Tab Font.

4. Tab Border


Dari namanya sudah terang untuk melaksanakan pengaturan garis. Kolom line untuk menentukan jenis garis, Presets untuk menentukan garis atau tabel menyerupai apa yang akan digunakan. Kolom border untuk menghilangkan salah satu garis atau untuk memunculkan kembali garis yang sudah dihilangkan. Color untuk menunjukkan warna pada garis yang akan dibuat.

Tab ini biasanya banyak dipakai untuk menciptakan tabel, saya telah membahasnya dalam artikel dibawah ini silahkan untuk dipelajari.





Dalam artikel tersebut dijelaskan wacana cara menciptakan tabel dalam excel yang salah satu diantaranya memakai Tab Border.

5. Tab Fill


Digunakan untuk menunjukkan warna dan fill background pada tabel yang dibuat. Backgroud Color untuk menentukan warna backgroud. Pattern color untuk menunjukkan warna dengan bentuk yang unik menyerupai garis atau titik - titik atau tanda silang dan lainnya.

Itulah cara memakai dan beberapa fungsi yang ada dalam sajian Format Cells. Untuk memakai Format Cells ini sanggup dengan klik kanan pad alembar kerja excel kemudian pilih Format Cells atau melalui sajian Format pada tab yang sudah dibuka kemudian klik tanda panah untuk membuka sajian drop down dan selanjutnya klik Format Cells.

Saya berharap artikel ini membantu Anda dalam menuntaskan permasalahan seputar format dalam memakai Microsoft Excel. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman Anda yang mungkin sedang membutuhkan solusi dalam menuntaskan pengolahan data yang berkaitan dengan format cells.
  

Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai Fungsi Format Cells Dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar