Cara Memakai Fungsi Countif Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi Countif Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi COUNTIF Dalam Microsoft Excel
Cara Menggunakan Fungsi Countif Dalam Microsoft Excel - Fungsi yang akan dibahas dalam artikel ini merupakan kelanjutan dari fungsi COUNT.

COUNTIF merupakan fungsi yang ada dalam kelompok Statistik. Hampir sama dengan fungsi lain yang ada dalam kelompok ini bahwa COUNTIF ini berkaitan dengan pengolahan dan penghitungan angka.

Fungsi utama dari COUNTIF yaitu menghitung jumlah data dengan syarat atau kondisi yang sama dai formasi angka.

Untuk COUNTIF syarat atau kondisi tersebut bersifat tunggal atau hanya satu syarat. Jika banyak maka gunakan Fungsi COUNTIFS.

Khusus wacana Fungsi COUNTIFS telah saya bahas pada artikel yang lain, silahkan dipelajari.

Syarat atau kondisi tersebut sanggup berupa angka atau teks tertentu yang juga terdapat atau ada dalam formasi angka yang akan dihitung.




Dalam artikel ini Saya hanya akan membahas wacana cara memakai fungsi COUNTIF yang juga termasuk pembahasan wacana syntax, argumen serta rujukan penggunaannya dalam Microsoft Excel.


Cara Menggunakan Fungsi COUNTIF



Fungsi COUNTIF merupakan pengembangan dari fungsi COUNT. Fungsi COUNT hanya akan menghitung jumlah baris tanpa syarat atau kondisi.

Sedangkan COUNTIF dipakai kalau perhitungan tersebut mempunyai syarat atau kondisi tertentu.

Misalnya menghitung jumlah baris yang merupakan angka dengan nilai diatas atau lebih besar dari 100.

Maka penghitungan diatas tidak sanggup dilakukan oleh fungsi COUNT alasannya yaitu mempunyai syarat untuk penghtungannya.



Syntax Dasar Fungsi COUNTIF




Fungsi COUNTIF mempunyai dua argumen yang tidak bersifat optional sehingga wajib untuk diisi. Jika dikosongkan akan menyebabkan error pada ketika proses penghitungan.

Dua argumen tersebut yaitu range dan criteria, adanya argumen criteria merupakan perbedaan fungsi ini dengan COUNT.

Dalam Fungsi COUNT tidak terdapat opsi untuk kriteria sehingga perhitungan banyaknya data dilakukan tanpa syarat ataupun kondisi tertentu.

Syntax Fungsi COUNTIF

=COUNTIF(range;criteria)

> range : merupakan cell yang akan dihitung jumlah deretnya. Ini sanggup berisi angka, teks atau referensi tertentu dan wajib untuk diisi alasannya yaitu tidak bersifat optional.

> criteria : merupakan syarat atau kondisi dari perhitungan range. Ini sanggup terdiri dari angka atau teks yang juga wajib untuk diisi alasannya yaitu tidak bersifat optional.

Jika syarat atau criteria terdiri dari teks atau simbol tertentu wajib untuk memakai tanda kutip ganda ("..").

Sedangkan untuk syarat atau kriteria yang berbentuk numerik tidak perlu memakai tanda kutip tersebut.


Contoh Penggunaan Fungsi COUNTIF Dalam Excel



Setelah membaca dan juga memahami wacana fungsi serta syntax dan juga argumen dari fungsi COUNTIF selanjutnya mari kita lihat cara penggunaannya dalam Microsoft Excel.

Perhatikan gambar berikut ini :


Cara Menggunakan Fungsi Countif Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi COUNTIF Dalam Microsoft Excel


Sebelum saya menjelaskan wacana penggunaan fungsi pada gambar diatas silahkan buat tabel yang sama dengan gambar diatas pada Excel Anda.

Langkah pertama sesudah menciptakan tabel isi data dengan cara ketik manual untuk kolom No, Nama dan Absen.

Selanjutnya kiprah kita yaitu menghitung berapa karyawan yang sakit selama 5 hari. untuk mengisi ini silahkan perhatikan cell G5 dan H5.

Untuk menghitung jumlah karyawan yang sakit selama 5 hari dipakai rumus sebagai berikut :

=COUNTIF(D4:D8;5)

Hasil dari rumus tersebut diatas yaitu 1, ini artinya karyawan yang sakit selama 5 hari hanya ada 1 orang.

Mari kita cek dalam tabel tersebut dan memang benar bahwa karyawan yang sakit 5 hari hanya ada 1 orang.

Tugas selanjutnya yaitu menghitung karyawan yang sakit lebih dari 2 hari. Untuk menghitung ini silahkan perhatikan dalam cell G8 dan H8.

Rumus yang dipakai dalam cell G8 yaitu sebagai berikut :

=COUNTIF(D4:D8;">2")

Hasil dari rumus tersebut yaitu 2, yang artinya karyawan yang sakit lebih dari 2 hari hanya ada 2 orang. Silahkan cek dalam tabel.

Perhatikan penggunaan tanda kutip dua (".."), alasannya yaitu syarat atau kondisi tersebut bukan numerik maka dipakai tanda tersebut.

Selanjutnya dalam tabel tersebut terdapat 2 kolom bolos yaitu Sakit dan Izin, bagaimana kalau yang ingin kita hitung merupakan syarat dari sakit dan izin ?

Untuk solusi ini tidak sanggup dipakai fungsi COUNTIF tetapi fungsi COUNTIFS yang sanggup menghitungnya. Untuk lebih jelasnya wacana Fungsi COUNTIFS silahkan pelajari dalam artikel lain yang telah saya bahas sebelumnya.

Itulah penjelasa wacana cara memakai Fungsi COUNTIF dalam Microsoft Excel.

Saya sangat berharap artikel ini bermanfaat untuk pembaca, kalau ada hal yang ingin didiskusikan silahkan isi kolom komentar dibawah artikel ini.

Jika berkenan share atau bagikanlah artikel ini kepada orang lain yang mungkin sedang membutuhkan solusi wacana cara penggunaan fungsi ini. 


Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai Fungsi Countif Dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar