Akuntansi Ii : Cara Menciptakan Buku Kas Dan Bank Dalam Excel

Penerapan Akuntasi Kas Dan Bank Dalam Excel - Akuntansi merupakan sebuah bidang pelajaran yang sangat diharapkan oleh banyak perusahaan.

Beberapa laporan yang dibentuk oleh team Accounting sebuah perusahaan banyak dipakai sebagai materi untuk penilaian kinerja perusahaan dalam periode tertentu.

Salah satu laporan yang sering dipakai oleh perusahaan yakni Laporan keuangan.

Laporan keuangan ini merupakan sebuah laporan yang prosesnya terdiri dari beberapa tahap.

Tahap pertama dalam beberapa tahap tersebut diatas yakni menciptakan buku kas dan buku bank.

Buku Kas dan Buku Bank ini dipakai sebagai dasar dalam pencatatan transaksi keuangan secara harian.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan perihal cara menciptakan Buku Kas dan Buku Bank dalam Microsoft Excel.

Cara Membuat Buku Kas dan Buku Bank Dalam Microsoft Excel


Untuk menciptakan Buku Kas dan Buku Bank ini sangatlah mudah, hanya saja kadang kita gundah memilih kolom apa saja yang dibentuk dan diharapkan untuk membuatnya.

Dibawah ini yakni teladan dari Buku Kas dan Juga Buku Bank yang telah saya gunakan pada dikala bekerja dibeberapa perusahaan.

Perlu dicatat bahwa aneka macam teladan dari Buku Kas dan Buku Bank ini sehingga Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.


1. Cara Membuat Buku Kas


Untuk transaksi yang berafiliasi dengan penerimaan dan pengeluaran uang tunai maka transaksi tersebut akan dimasukan kedalam account Kas.

Laporan yang berkaitan dengan Kas ini biasanya akan dibuatkan DCR atau Daily Cash Report dengan format yang telah ditetapkan oleh perusahaan.




Dalam operasional harian keuangan / finance untuk kas biasanya dibuatkan Laporan Harian Kas (LHK). 

LHK ini berisi perihal penerimaan dan pengeluaran kas serta saldo selesai dari kas tersebut yang telah dilengkapi dengan bukti transaksi / voucher penerimaan dan pengeluaran kas tersebut.

LHK yang telah ditandatangani oleh yang berkepentingan dipakai oleh Accounting untuk data dasar penjurnalan transaksi. Berikut ini yakni teladan LHK yg pernah saya buat :


Cara Pengisian LHK sebagai berikut :

  • Kolom No. diisi dengan nomor urut.
  • No. Voucher diisi dengan nomor urut voucher dan diubahsuaikan dengan format dari perusahaan.
  • No. Cek / BG diisi apabila ada penerimaan uang yang diterima melalui cek & BG.
  • Keterangan Transaksi merupakan rincian atas transaksi tersebut.
  • Kolom debet diisi dengan jumlah penerimaan uang sementara kolom kredit diisi dengan pengeluaran uang.
  • Jumlah mutasi yakni jumlah dari transaksi debet maupun kredit.
  • Saldo awal merupakan saldo awal sebelum transaksi.
  • Saldo selesai diperoleh dari : Total kolom Debet – jumlah mutasi kredit.


Format LHK tersebut merupakan teladan dan yang pernah saya buat diperusahaan daerah saya bekerja, mungkin banyak format lain yang lebih baik. Makara ini hanya acuan saja.


Berikutnya saya akan bahas teladan penjurnalan transaksi pada account kas. Jurnal yang saya contohkan yakni jurnal umum, dibeberapa kasus ada yang memakai Jurnal khusus penerimaan kas.

Account kas biasanya muncul atas trasaksi penerimaan dan pengeluaran kas tunai. Berikut teladan penjurnalan kas :


  1. Pada tanggal 1 Maret 2012 PT. ABC mendapatkan pelunasan Piutang transaksi Tuan B dengan jumlah 15.000.000,- Tunai
  2. Tanggal 5 maret 2012 Bagian Finance mencairkan cek untuk pengisian kas besar dari bank BNI dengan jumlah 43.000.000,-
  3. Tanggal 10 maret 2012 membayar biaya tagihan listrik 1.500.000,- Tunai


Transaksi tersebut akan dimasukan ke jurnal umum sebagi berikut :
1 Maret 2012 :
   Kas ( D )   15.000.000,-
   Piutang Usaha ( K )     15.000.000,-
   ( Penerimaan pelunasan Piutang Tuan B )

5 Maret 2012 :
   Kas ( D )    43.000.000,-
   Bank BNI ( K )            43.000.000,-
   ( Pencairan Cek Untuk kas )

10 Maret 2012 :
   Biaya Listrik & Telp. ( D )        1.500.000,-
   Kas ( K )                                             1.500.000,-
   ( Pembayaran Biaya Listrik )


Itulah teladan pembuatan Buku Kas Harian dalam Microsoft Excel, untuk pembahasan Buku Bank silahkan lanjutkan membaca artikel ini.


2. Cara Membuat Buku Bank



Pada dasarnya pembuatan Buku Bank ini sama dengan pembuatan Buku Kas diatas.

Bahkan untuk format Buku Banknya silahkan buat sama menyerupai pada teladan Buku Kas diatas.

Perbedaanya yakni Buku Bank ini dipakai untuk mencatat transaksi yang sumbernya dari Bank.

Buku Bank dibentuk selain sebagai sumber untuk dimasukan kedalam jurnal baisanya dipakai juga untuk melaksanakan pengecekan saldo Bank setiap hari sehingga tidak akan muncul pencarian cek atau giro yang ditolak alasannya yakni kekurangan saldo.

Kadang - kadang muncul selisih antara saldo yang terdapat dalam Buku Bank dengan mutasi dari Bank.

Jika perusahaan memutuskan saldo yang diakui dalam Neraca adalaha saldo Buku Bank maka perlu dibuatkan Laporan Rekonsiliasi Bank yang menjelaskan perihal selisih saldo tersebut.

Cara menciptakan Laporan rekosilsiasi Bank telah saya buat dalam artikel yang lain silahkan untuk dipelajari.




Jadi, untuk pembuatan Buku Bank ini saya rasa tidak perlu dibuatkan teladan lagi alasannya yakni sama persis dengan Buku Kas diatas.

Itulah klarifikasi perihal cara menciptakan Buku Kas dan Bank dalam Microsoft Excel, biar artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.




Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akuntansi Ii : Cara Menciptakan Buku Kas Dan Bank Dalam Excel"

Posting Komentar