9 Tips Seru Nan Jitu Bagi Yang Gampang Lupa Dan Sulit Konsentrasi

 Sulit konsentrasi ketika mendapatkan materi pelajaran di sekolah.

☑ Jalan-jalan di suatu daerah dan berpapasan dengan sobat lama, ingin menyapa namun lupa nama.

☑ Kemarin malam gres menonton film X, tapi malam berikutnya sudah lupa jalan ceritanya.

☑ Hendak berbelanja keperluan memasak, namun ada satu materi penting yang terlupa.

Pernah mengalami hal-hal di atas? Well, kau nggak perlu khawatir alasannya itu normal kok, smart buddies. Semakin kita bertumbuh, daya ingat kita memang menurun, tidak setajam sebelumnya. Namun, hal ini bisa diatasi kok. Simak 7 cara seru berikut ya!

#1. Doodle

Waktu kau sedang bosan di dalam kelas, pernah nggak iseng gambar-gambar? Nah, tanpa disadari, coret-coretan yang kau buat itulah yang namanya doodle. Ciri khas doodle ialah spontan. Katanya sih, orang yang hobinya doodling itu kurang memperhatikan keadaan sekitar. Pada kenyataannya, kegiatan ini sanggup membantu kita semoga otak tetap aktif lho.

 sulit konsentrasi - doodling

Doodling. (Sumber: thumbs-mic.com)

 Di tahun 2009, seorang profesor berjulukan Jackie Andrade melaksanakan sebuah studi yang mengambarkan bahwa doodler bisa mengingat fakta 30 persen lebih baik ketimbang non-doodlers. Pada studi tersebut, penerima diminta untuk mendengarkan pesan wacana sebuah pesta yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Nah, penerima harus menuliskan nama semua orang yang bisa menghadiri pesta, dan mengabaikan nama-nama yang tidak sanggup hadir. Setengah dari penerima diminta untuk mengisi kotak dan bulat pada secarik kertas, kemudian menuliskan nama-nama tersebut. Sebagian lagi hanya diminta untuk mendengar pesan dan menuliskan nama, dilarang mencoret-coret pada lingkaran. Hasilnya? Kelompok yang mengisi kotak dan bulat bisa mengingat sedikit lebih baik daripada mereka yang hanya menuliskan nama.

Selain itu, kemampuan akan meningkat pesat lho, di antaranya visual, alasannya melihat apa yang digambar. Kinestetik, alasannya memakai tangan untuk menggambar. Terakhir, pendengaran, alasannya memproses informasi dengan mendengarkan apa yang dikatakan orang lain.

#2. Rosemary

Peneliti menemukan fakta bahwa menghirup aroma tumbuhan rosemary sanggup meningkatkan kinerja otak dan daya ingat sebesar 60-75 persen lho. Cara ini dilakukan pada orang yang sering lupa minum obat sempurna waktu dan juga mengingat tanggal. Sebuah tim psikologi di Northumbria University melaksanakan uji coba minyak rosemary pada 66 orang dengan membagi penerima menjadi dua ruangan. Satu ruangan sudah disemprot aroma rosemary, sedangkan satunya lagi tidak.

 sulit konsentrasi - tumbuhan rosemary Tumbuhan rosemary. (Sumber: thefamilyceoblog.com)

 Lalu, mereka diminta melaksanakan serangkaian tes yang ditujukan untuk menguji daya ingat. Hasilnya, orang yang berada dalam ruangan beraroma rosemary mempunyai performa lebih baik dibanding yang tidak. Selain meningkatkan daya ingat, tumbuhan ini juga bermanfaat untuk mengatasi migrain, antibakteri, peningkat imunitas, keluhan pencernaan, nafas segar dan detoksifikasi liver.

Psst, coba tempatkan tumbuhan rosemary di tepi jendela dan hiruplah setiap hari.

#3. Mengepalkan tangan

Tahukah kau kalau mengepalkan tangan kuat dengan daya ingat? Sejumlah andal di Amerika Serikat melaksanakan sebuah eksperimen terhadap 50 orang dewasa. Para andal tersebut mengemukakan bahwa hanya dengan mengepalkan tangan kanan, maka sanggup membantu meningkatkan keampuan mengingat sesuatu, contohnya daftar belanja atau nomor telepon. Kemudian, mengepalkan tangan kiri sanggup membantu mengingat insiden yang terjadi di masa lalu.

 

sulit konsentrasi - Mengepalkan tangan Mengepalkan tangan. (Sumber: menshealth.co.uk)

Nah, dari penelitian tersebut juga ditemukan fakta bahwa ketika melaksanakan gerakan mengepal, mereka lebih gampang mengingat kata-kata dan kalimat yang panjang. Well, mengepalkan tangan memang ada kaitannya dengan bab otak tertentu yang berafiliasi dengan ingatan. Sedikit tips untuk kamu, beli stress ball.

"Gerakan badan sederhana sanggup mengubah cara kerja fungsi otak, termasuk meningkatkan daya ingat, kata salah satu peneliti, Dr. Ruth Propper.

4. Permainan asah otak

Untuk menjaga semoga otak tetap bekerja sebagaimana mestinya, maka harus terus  diasah. Otak kita itu menyerupai mesin. Apabila mesin terlalu sering didiamkan, tidak bergerak, maka lama-kelamaan akan rusak. Sebaliknya, ketika mulai dipanaskan, kemudian digunakan, maka akan menjadi lebih lincah.

 

sulit konsentrasi - Teka-teki silang Teka-teki silang. (Sumber: ems-solutionsinc.com)

 Kamu bisa coba permainan klasik menyerupai Sudoku atau teka-teki silang yang sanggup memperbaiki ingatan dan menunda kepikunan. Permainan asah otak dipercaya bisa meningkatkan kemampuan kognitif, menguji kemampuan otak dalam hal perhatian dan juga kecepatan. Kamu bisa coba aneka macam macam permainan di gadget yang didesain khusus untuk membantu orang-orang berumur meningkatkan daya ingat, konsentrasi, bahkan mood.

5. Menguasai skill dan bahasa baru

 

sulit konsentrasi - Belajar merajut Belajar merajut. (Sumber: lifeh4ck.org)

 

Peneliti menyampaikan bahwa setiap acara yang rajin dilakukan secara rutin akan memperbaiki ingatan. Kamu bisa mulai dari mencar ilmu Bahasa Perancis, merajut, memasak, menjadi relawan, dan sebagainya. Lakukan dengan disiplin dan coba lihat perubahan setelahnya. Pelajari satu hal gres setiap harinya. Kamu bisa belajar dengan guru privat, ikut komunitas, atau cari rujukan melalui channel Youtube yang menyajikan konten-konten berkualitas.

6. Keluar dari zona nyaman

 

sulit konsentrasi - Nyemplung ke air yang lebih dalam Nyemplung ke air yang lebih dalam. (Sumber: forbes)

 Ketika kita berada di zona nyaman, tentu enggan rasanya untuk keluar. Namun, justru di luar zona nyaman itulah kau bisa berkembang, smart buddies. Kalau terus-menerus ada di kondisi nyaman, hidup kau tentu tidak berwarna. Menjalani rutinitas itu-itu saja, tidak menemukan tantangan baru, tidak akan membentukmu jadi langsung yang lebih berkualitas. Coba deh beranikan diri untuk nyemplung di air yang lebih dalam lagi, dan nikmati sensasi yang kau dapatkan. Tidak usah terlalu muluk-muluk mikirnya, mulai saja dari menekuni sebuah hobi baru. Cermati, pelajari, dan serap semua ilmu yang kau dapat.

7. Menggunakan font unik

Ketika membaca buku, koran, majalah, atau apa pun yang ada di internet, tentu kita menginginkan font yang gampang dibaca, kan? Eits, tapi peneliti beropini lain lho. Cara terbaik untuk mengingat sesuatu yang sudah kau baca ialah membacanya dengan font yang tidak biasa. Pasalnya, bila kau membaca sesuatu yang agak sulit dibaca, kau ‘dipaksa’ untuk berkonsentrasi penuh pada bacaan tersebut. Dengan demikian, cara ini akan lebih memudahkanmu untuk mengingat. Wow, unik juga ya, smart buddies!

8. Neurobics

 

sulit konsentrasi - Mencoba rute gres berangkat ke sekolah Mencoba rute gres berangkat ke sekolah. - (Sumber: signal.co)

 

Neurobics ini melibatkan perubahan rutinitas. Jadi, otak melaksanakan tugas-tugas yang berbeda untuk menciptakan jalur saraf (neural pathways) yang baru. Misalnya, coba gunakan tangan kirimu untuk menyikat gigi. Jika kidal, lakukan dengan cara sebaliknya. Kemudian, mengubah rute perjalananmu dari rumah ke sekolah/kampus/kantor juga tampak seru.

9. Mengajar

sulit konsentrasi - mengajar Mengajar. (Sumber: pharmacyforme.org) 

Coba kau perhatikan guru, dosen, atau mentor sedang menjelaskan materi. Bagaimana mereka bisa mengingat setiap materi yang diajarkan dengan baik? Ya, mereka mengajar kau semua. Dengan mengajar, kau akan terus-menerus transfer ilmu kepada orang lain.

Itu beliau 9 cara seru untuk meningkatkan daya ingatmu. Jangan lupa untuk beri otak asupan yang baik, olahraga teratur, serta istirahat cukup. Dicoba satu-persatu yuk, smart buddies! Kemudian, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya. (TN)

 

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Tips Seru Nan Jitu Bagi Yang Gampang Lupa Dan Sulit Konsentrasi"

Posting Komentar