5 Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu Hasil Semiran Paling Ampuh

Burungnya.com – Zaman sekarang, penipuan tidak mengenal korbannya. Bahkan, kicau mania sudah menjadi sasaran penipuan berupa burung hasil semiran. Ya, burung-burung ini bahwasanya kurang diminati, lalu disemir warna bulunya semoga ibarat dengan burung yang terkenal di masyarakat.

Sebagai contoh, burung Jalak Putih palsu yang ternyata hasil semiran dari burung Jalak Nias atau Jalak Kebo. Ketiga jenis burung Jalak ini memang terlihat sama, tapi warna bulunya berbeda.

Orang-orang biasanya lebih tertarik dengan burung Jalak Putih, sehingga jenis Jalak yang lain diubah warna bulunya semoga ibarat dengan burung Jalak Putih.

Burung yang paling ibarat dengan Jalak Putih ialah Jalak Nias dan Jalak Kebo. Postur tubuhnya sama, bahkan hingga ke kelopak mata juga mempunyai ciri yang sama yaitu berwarna kuning. Namun, warna bulunya berbeda, alasannya ialah Jalak Nias dan Jalak Kebo lebih mayoritas warna hitam gelap.

 kicau mania sudah menjadi sasaran penipuan berupa burung hasil semiran 5 Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu Hasil Semiran Paling Ampuh
Burung Jalak Putih (rajagantang.blogspot.com)

Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu

Nah, untuk mengantisipasi Jalak Putih palsu hasil semiran, Anda harus benar-benar mengetahui ciri fisik Jalak Putih. Ini penting, alasannya ialah sebelum membeli burung, Anda harus memahami ciri dan abjad burung tersebut.

Kalau cuma sekadar lihat dari gambar burung saja, pastinya Anda gampang tertipu dan sulit membedakan mana burung orisinil dan burung hasil semiran. Oleh alasannya ialah itu, yang pertama harus dipahami ialah ciri-ciri burung Jalak Putih.

Setelah itu, Anda sanggup mengikuti tips berikut semoga tidak tertipu Jalak Putih palsu di pasaran.

1. Warna Bulu Mencolok

Burung Jalak Putih palsu biasanya mempunyai warna bulu yang mencolok. Warna putihnya tidak ada kusamnya sama sekali. Makara putihnya lebih ibarat dengan warna tembok putih. Kalau burung yang akan Anda beli mempunyai warna demikian, sebaiknya Anda mulai curiga.

 kicau mania sudah menjadi sasaran penipuan berupa burung hasil semiran 5 Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu Hasil Semiran Paling Ampuh
Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu (stuartmarsden.blogspot.com)

Sebab, ada kemungkinan Jalak Putih tersebut hasil semiran materi pewarna. Sehingga, warna bulunya terlihat kontras dan mencolok.

2. Warnanya Tidak Beraturan

Perhatikan pula pola warna bulu di badan burung Jalak Putih. Apabila warna bulunya terlihat tidak beraturan atau ibarat burung blorok yang semburat putih, berarti ada kemungkinan itu burung Jalak Putih palsu.

Walau kita tidak dianjurkan curiga kepada pembeli, tapi kalau waspada masih diperbolehkan. Oleh alasannya ialah itu, daripada mengambil risiko, lebih baik pembelian dibatalkan dari mencari Jalak Putih yang lain.

3. Mencium Bau Bulu

Jalak Putih hasil semiran biasanya mempunyai bacin yang cukup menyengat. Bau ini berasal dari pewarna buatan yang dioleskan ke bulu burung.

Bau bulu burung semiran bervariasi, di antaranya bacin pewarna pakaian, bacin pewarna makanan, bacin tinta cat, atau bacin tinta spidol.

Ada baiknya, Anda mencium baunya dulu sebelum membeli burung Jalak Putih. Hal ini untuk mengantisipasi Anda salah membeli burung semiran.

4. Burung Disemprot Air

Biasanya warna burung hasil semiran tidak permanen alias gampang luntur. Untuk mengecek apakah burung Jalak Putih yang Anda beli semiran atau asli, maka mintalah penjual untuk memandikan burung dulu di depan mata kepala Anda.

Apabila warna bulu burung Jalak Putih tidak berubah, berarti itu Jalak Putih asli. Sebaliknya, apabila warna bulu burung tersebut berubah, ada kemungkinan itu burung hasil semiran.

5. Bulu Burung Diolesi Minyak

Cara paling ampuh untuk mengetahui Jalak Putih palsu hasil semiran, yaitu mengoleskan minyak kayu putih, minyak zaitun, atau minyak tinner.

Pilih salah satu jenis minyak saja, lalu teteskan pada telapak tangan Anda. Setelah itu oleskan perlahan pada potongan bulu burung Jalak Putih yang terlihat mencolok, contohnya dada atau punggung.

Kalau burung tersebut palsu, niscaya warnanya akan luntur atau memudar. Lalu, segera batalkan transaksi jual beli sebelum Anda tertipu modus jual beli burung semiran.

Baca juga: 8 Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Burung Online dan Solusi Jika Sudah Terlanjur Tertipu

 kicau mania sudah menjadi sasaran penipuan berupa burung hasil semiran 5 Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu Hasil Semiran Paling Ampuh
Gambar Burung Jalak Putih (pinterest.com)

Bicara perihal modus penipuan burung semiran, biasanya pelaku mempunyai banyak anggota. Mereka berpura-pura menjadi pembeli dan terlihat tertarik dengan burung tersebut.

Ada yang seperti tertarik dan eksklusif membelinya. Pelaku yang lain mencoba meyakinkan korban semoga ikut membeli burung tersebut.

Hal ibarat ini sudah sering terjadi di pasar burung. Maka dari itu, Anda harus waspada terhadap praktik jual beli burung palsu.

Baca juga: 10 Cara Membedakan Perkutut Putih Asli dan Palsu dari Ciri Fisik

Demikian beberapa cara mengetahui Jalak Putih palsu hasil semiran. Semoga Anda tidak tertipu dan sanggup membeli Jalak Putih yang asli.

Kalau Anda takut kena tipu, sebaiknya ajak sobat yang sudah usang memelihara burung Jalak Putih atau sobat yang sudah berpengalaman dengan burung Jalak.

Dengan begitu, risiko terkena Jalak Putih palsu menjadi terminimalisir. Anda juga tidak perlu was-was alasannya ialah sudah beli dengan ahlinya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • jalak putih palsu
  • gambar perbedaan jantan betina jalak nias
  • gambar burung yang ibarat jalak
  • Foto anakan jalak nias dan jalak putih
  • ciri jalak putih palsu
  • ciri jalak putih orisinil dan palsu
  • Ciri jalak putih asli
  • ciri ciri burung dara blorok yang bagus
  • cara tau usia jalak putih
  • Semir putih buat bulu burung yg bqgus

Sumber https://burungnya.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu Hasil Semiran Paling Ampuh"

Posting Komentar