Tips Merubah Password Dan Manipulasinya Memakai Terminal Di Ubuntu Linux

Siapa sih yang tak kenal password dan cara menggunakannya? Password, secara umum dipakai sebagai kunci untuk  masuk ke dalam banyak sekali sistem (web, sistem operasi, aplikasi dan lain lain). Di sistem operasi Ubuntu, password juga dipakai untuk masuk ke dalam sistem atau untuk berganti user/pengguna. Pada artikel ini saya akan menjelaskan penggunaan aplikasi "passwd" untuk memanipulasi password melalui terminal di sistem operasi Ubuntu. Kenapa selalu lewat terminal? alasannya sanggup diaplikasikan pada varian linux apa saja, ibarat Ubuntu Dektop, Ubuntu Server, Linux Mint, Red Hat, SUSE Linux, Fedora dan lain-lain. 

Kaprikornus mari kita mulai saja: 
1.Untuk merubah password user anda sendiri, anda sanggup menjalankan perintah: 

 passwd

kemudian anda akan diminta memasukkan password usang anda, gres kemudian anda disuruh untuk memasukkan password barunya. 

2. Merubah password lainnya, anda sanggup menjalankan perintah: 

 sudo passwd [nama_user]

pada kesempatan ini, anda harus sebagai super user/root atau user yang mempunyai level setingkat super administrator. 

3.Untuk memaksa user lainnya mengganti passwordnya, anda sanggup menjalankan perintah di bawah: 

 sudo passwd -e [nama_user]

pada kesempatan ini, anda harus sebagai super user/root atau user yang mempunyai level setingkat super administrator. User akan diminta mengganti passwordnya sesaat sehabis user tersebut berhasil login. 

4.Untuk menghapus password user, anda selaku direktur sanggup menjalankan perintah dibawah: 

 sudo passwd -d [nama_user]

dengan terhapusnya password user, maka user tersebut tidak mempunyai password untuk masuk ke dalam sistem, bukan berarti user tersebut sanggup masuk ke dalam sistem tanpa password, yang terjadi malah sebaliknya, selama user tersebut belum dibuatkan password, maka user tersebut tidak sanggup dipakai untuk masuk ke dalam sistem, akan tetapi user tersebut tetap masih ada di dalam sistem. 

5. Untuk mengunci password user, anda selaku direktur sanggup menjalankan perintah: 

 sudo passwd -l [nama_user]

perintah ini dipakai untuk mengunci password pada user, sehngga user tidak sanggup menggantinya tanpa seijin administrator, untuk membuka kuncinya, anda sanggup menjalankan perintah:

 sudo passwd -u [nama_user]


6. Anda juga sanggup memaksa user mengganti password mereka sehabis beberapa hari dengan menjalankan perintah: 

 sudo passwd [nama_user] -x 7

dengan perintah tersebut maka pada hari ke 8 dan seterusnya, user tersebut dipaksa mengganti passwordnya sehabis masuk ke dalam sistem dikarenakan telah expired, dan password tersebut akan valid selama 7 hari terhitung sehabis mengganti password sebelum kembali expired. 

7.Untuk memperlihatkan peringatan kepada user untuk bersiap mengganti password, maka anda selaku direktur sanggup menjalankan perintah: 

 sudo passwd [nama_user] -x 7 -w 5

dari perintah tersebut maka user akan diberi warning di hari ke 5 bahwa password user akan expired 2 hari lagi. 

8. Jika anda ingin user anda sanggup mengganti password sehabis "n" hari, maka anda selaku direktur sanggup menjalankan perintah: 

 sudo passwd -n 3 [nama_user]

maka user tersebut tidak akan sanggup mengganti passwordnya sehabis 3 hari dari pergantian terakhir 

9. Jika anda ingin user tersebut tidak sanggup masuk ke dalam sistem sehabis password expired dan tidak menggantinya selama masa tenggang, anda sanggup menjalankan perintah: 

 sudo passwd -i 3 -x 7 [nama_user]

dari perintah di atas, user tersebut mempunyai masa tenggang 3 hari untuk mengganti password, kalau tidak dilakukan, maka user tersebut akan di blok kalau ingin masuk ke dalam sistem. Jika sudah terjadi, maka user tersebut sanggup meminta tolong kepada direktur sistem untuk mengganti passwordnya. 

Bagaimana? menarik bukan, bermain-main dengan aplikasi manipulasi password memakai terminal. Semoga menambah pengetahuan anda. 

Beberapa artikel terkait: 

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merubah Password Dan Manipulasinya Memakai Terminal Di Ubuntu Linux"

Posting Komentar