√ Terobosan Baru, Sinyal Wifi Dapat Charge Baterai Smartphone!

 Sinyal WiFi Bisa Charge Baterai Smartphone √ Terobosan Baru, Sinyal WiFi Bisa Charge Baterai Smartphone!
Terobosan Baru, Sinyal WiFi Bisa Charge Baterai Smartphone!

Teknologi.id – Meskipun hype teknologi wireless charging gres saja tumbuh, sekarang telah ditemukan terobosan gres untuk memanfaatkan sinyal WiFi untuk cas baterai smartphone dan peralatan elektronik lainnya!


Adalah para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang menemukan metode gres untuk pengisian daya tersebut. Mereka berhasil menciptakan perangkat yang bisa mengonversi energi dari sinyal WiFi menjadi daya untuk mengecas baterai perangkat elektronik.


Jenis perangkat yang dibentuk oleh peneliti MIT ini disebut ‘rectenna’, yang bisa mengonversi gelombang elektromagnetik AC menjadi kelistrikan DC. Lantas, apa yang menciptakan temuan mereka berbeda dari rectenna pada umumnya?


Baca juga: Sering Pakai Wifi Gratis? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!


Tim peneliti tersebut mengklaim bahwa ini merupakan jenis gres rectenna yang memakai antena frekuensi radio untuk menangkap gelombang elektromagnetik, dalam hal ini yakni WiFi, sebagai gelombang AC. Mereka menjelaskannya dalam laporan yang dipublikasi di jurnal Nature.


Antena tersebut lalu terhubung ke perangkat dengan semikonduktor di dalamnya. Sinyal AC tadi masuk ke semikonduktor yang bertugas untuk mengubahnya menjadi daya DC semoga lalu bisa dipakai untuk mengecas baterai.


Dalam tahap awal, sejumlah penerapan yang menjanjikan bagi perangkat ini disebut akan menyasar keperluan medis, LED, dan sensor untuk perangkat internet of things (IoT). Lebih lanjut, selain fleksibel, rectenna generasi gres ini juga diklaim sanggup diproduksi secara massal untuk meliputi area yang luas.


Baca juga: Kecepatan WiFi Semakin Tertinggal dari Jaringan Seluler


Perangkat ini sendiri bisa menghasilkan daya sekitar 40 microwatt dari sinyal WiFi pada umumnya (sekitar 150 microwatt). Itu lebih dari cukup untuk menyalakan LED atau mengisi daya ke chip.


Untuk ukuran baterai smartphone memang kecil. Meski demikian, pihak MIT menyebut tingkat efisiensinya bisa mencapai 40%, tergantung kekuatan sinyal WiFi.


Menarik untuk dinantikan bagaimana kelanjutan dari perangkat ini. Bukan tidak mungkin, rectenna generasi gres ini kelak bisa dipakai untuk mengisi daya baterai smartphone, tablet, sampai wearable.


(DWK)



Sumber https://teknologi.id

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Terobosan Baru, Sinyal Wifi Dapat Charge Baterai Smartphone!"

Posting Komentar