Ternyata, Menyontek Tidak Memudahkanmu Justru Malah Menyulitkanmu! Kenapa?

 

Menyontek Foto: comingmore.com


Pada kenyataannya setiap ujian berlangsung, ada saja usaha-usaha yang dilakukan demi mendapatkan nilai yang bagus. Well, mungkin sudah tidak sanggup dipungkiri lagi, salah satu cara curang yang kerap kali dilakukan ialah menyontek. Caranya pun bermacam-macam. Ada yang berhubungan dengan teman, menyiapkan kertas sontekan, menyontek dari gadget dan sebagainya. Hal ini menyerupai sudah menjadi belakang layar umum di sekolah. Hayooo, benar tidak?

Bagi kau yang berhasil lolos dari pengawas tanpa ketahuan, mungkin ada rasa pujian tersendiri. But hey, asal kau tahu, di luar sana masih ada ujian hidup yang menantimu di masa yang akan tiba lho. Apalagi untuk kau yang sebentar lagi akan memasuki jenjang perkuliahan. Kebiasaan ini harus ditinggalkan ya, smart buddies. Kebiasaan menyontek tidak akan memudahkanmu, justru akan menyulitkanmu. Kenapa? Yuk, baca dulu alasannya!

 

1. Saat kuliah nanti kau akan dituntut untuk mandiri 

Menyontek Foto: skillscommons.org

Masa kuliah ialah ketika di mana kau dituntut untuk lebih cukup umur dan berani bertanggung jawab. Kamu tidak lagi dibimbing terus-terusan oleh dosen untuk memperbaiki diri, tetapi harus sanggup berinisiatif untuk berusaha secara mandiri.

Ini ialah proses awal untuk menuju pendewasaan diri. Tapi, jika kau terbiasa mengandalkan orang lain alasannya ialah kebiasaan menyontek di dingklik sekolah, tentu kau akan keteteran nih. Ke depannya kamu akan kesulitan lho untuk memenuhi kebutuhan sendiri karena selalu ketergantungan dengan orang lain. Tidak mau kan?

 

2. Belajar tak lagi satu arah, harus sanggup berguru sendiri

Menyontek Foto: indiancountrytodaymedianetwork.com

Ketika kuliah, gaya belajarnya sudah berbeda dengan di sekolah. Mungkin selama di sekolah, kau terbiasa ‘disuapi’ oleh guru dalam mendapatkan materi. Namun berbeda ketika kuliah, kamu harus sanggup ‘menyuapi’ diri sendiri.

Apabila membiasakan diri untuk menyontek, kau akan kelabakan. Selama ini kamu hanya berguru dari apa yang disuruh oleh guru, tidak pernah berusaha berguru sendiri. Bahkan, di kuliah kita juga dituntut lho untuk sanggup mencari materi berguru di luar materi yang diberikan dosen. Wah, tambah galau deh harus gimana.

 

3. Mengerjakan kiprah atau ujian bukan sekadar mencari jawaban, tetapi memperlihatkan pendapat 

Menyontek Foto: usnews.com

Di sekolah, ketika mengerjakan kiprah maupun ujian biasanya kamu akan menghafal mati materi. Lalu, kau akan memperlihatkan tanggapan yang sempurna sesuai dengan materi yang ada di buku atau yang diberikan oleh guru. Selama kau sanggup menghafal jawabannya dengan baik, maka tanggapan kita akan benar dan mendapatkan nilai yang bagus.

Eits, hal ini tidak berlaku lagi ketika kuliah lho! Tugas dan ujian ketika kuliah lebih dari sekadar menghafal, tetapi juga memahami dan memberi opini. Kamu akan dipancing untuk berpikir kritis alasannya ialah tidak hanya diminta untuk mengetahui materi, tapi juga akan ditanyakan pendapat mengenai suatu permasalahan.

Dengan kebiasaan menyontek, kau terbiasa untuk menggandakan jawaban. Saat kuliah, percuma juga mempersiapkan sontekan yang ada, malah ketauan bukan hasil pedoman sendiri. Itulah mengapa, hal ini akan menyusahkanmu ketika kuliah nanti maupun di kehidupan kerja ke depannya.

 

4. Harus sanggup mempertahankan argumen 

Menyontek Foto: articula.us

Mulai kuliah nanti, kau harus mempunyai argumen bukan lagi mengenai tanggapan benar atau salah. Tetapi bagaimana cara kamu mempertahankan pendapat. Apabila jawabanmu bukan hasil dari pedoman sendiri, dijamin deh niscaya akan terlihat ragu dengan tanggapan sendiri dan tidak konsisten. Atau lebih parahnya, hanya sanggup melongo dan tidak sanggup mempertahankan tanggapan sendiri. Hmm… yang ada nanti aib sendiri. Jangan hingga hal ini terjadi padamu ya!

Menyontek Foto: businessinsider.com

Jadi, mulai kini yuk mulai ditinggalkan kebiasaan menyontekmu! Daripada menyontek tanggapan teman, lebih baik ‘menyontek’ jawabanmu sendiri di otak hehe. Kamu tidak akan rugi kok dengan berguru dan memperkaya diri sendiri. Tetap semangat, smart buddies! (FR/TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata, Menyontek Tidak Memudahkanmu Justru Malah Menyulitkanmu! Kenapa?"

Posting Komentar