Cara Membuat Tabel dan Contohnya Dalam Microsoft Excel - Tabel merupakan sebuah susunan data yang disajikan dalam bentuk kotak dengan susunan terdiri dari baris dan kolom.
Tujuan dari pembuatan tabel yakni memudahkan pembaca laporan dengan mendapat gosip yang lebih cepat dan akurat.
Untuk mempermudah kustomisasi pada pembuatan tabel tersebut Microsoft Excel telah menyediakan tools khusus untuk pengolahan tabel.
Pada artikel yang lain telah dibahas ihwal cara menambahkan dan menghapus baris tabel Excel, silahkan pelajari dalam artikel berikut ini :
Pada artikel yang lain telah dibahas ihwal cara menambahkan dan menghapus baris tabel Excel, silahkan pelajari dalam artikel berikut ini :
Tools untuk pengolahan table tersebut diberinama Table Tools dan akan otomatis muncul pada dikala tabel diklik.
Baca Juga
Dalam artikel ini saya akan menjelaskan ihwal cara menciptakan tabel dan contohnya dalam Microsoft Excel.
Cara Membuat Tabel Dalam Excel
Dalam klarifikasi ini saya akan memperlihatkan dua cara dalam pembuatan tabel tersebut.
Kedua cara pembuatan tabel dalam Excel ini mempunyai kelebihan dan juga kekurangannya masing - masing.
Dua cara pembuatan tabel tersebut yakni dengan memakai Table Tools dan juga dengan memakai fitur Format Cells.
Membuat Tabel Excel Dengan Table Tools
Cara pembuatan tabel dengan cara ini yakni memanfaatkan fitur Table Tools yang akan otomatis muncul pada dikala kita menciptakan tabel.
Kelebihan cara pembuatan ini yakni kita tinggal menentukan bentuk dan juga format dari tabel yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel.
Kekurangan dari cara ini yakni kadang kita membutuhkan format yang lebih sesuai dengan laporan ibarat ada 2 kolom dalam 1 nama kolom dan sebagainya sehingga kita harus mengedit ulang dengan menambahkan kolom atau baris.
Untuk pola pembuatannya perhatikan gambar berikut ini :
Gambar sebelah kiri yakni gambar input data nama karyawan yang belum diberikan format tabel, gambar yang ditengah merupakan pilihan - pilihan tabel yang terdapat dalam hidangan Table Tools dan yang ketiga yakni gambar input Nama Karyawan yang telah diberikan format tabel.
Untuk menciptakan tabel ibarat pada gambar diatas ikuti langkah - langkah sebagai berikut :
- Input data ibarat pada gambar diatas sebelah kiri.
- Pilih atau blok dari cell A2 hingga dengan C7.
- Klik Insert
- Klik Table
- Akan muncul obrolan box Create Table.
- Perhatikan Box dalam obrolan tersebut akan terisi : =$A$2:$C$7
- Centang My table has headers
- Klik Ok
Setelah di klik Ok maka akan muncul hidangan gres dalam ribbon Excel paling sebelah kanan dengan nama Table Tools.
Silahkan dipilih formatnya sesuai dengan impian sehingga sanggup diadaptasi dengan bentuk laporan yang sedang dibuat.
Membuat Tabel Excel Dengan Fitur Format Cells
Cara pembuatan tabel yang kedua yakni dengan memanfaatkan fitur Format Cells dalam Excel.
Dalam fitur ini terdapat Tab hidangan yaitu Border yang sanggup dipakai untuk menciptakan garis dan menghapus serta memperlihatkan warna pada garis tersebut.
Fitur ini telah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya, silahkan untuk dipelajari sebagai materi perhiasan pengetahuan.
Dalam artikel tersebut dijelaskan ihwal cara memakai fitur format cells serta fungsi - fungsi Tab yang ada didalamnya.
Saya langsung sering memakai cara kedua ini dalam menciptakan tabel alasannya berdasarkan saya cara ini lebih gampang untuk disesuikan dengan kebutuhan.
Sebagai pola perhatikan tabel berikut ini yang saya buat dengan memakai fitur format cells :
Untuk cara menciptakan tabel dengan fitur Format Cells ikuti langkah - langkah berikut ini :
1. Pilih atau blok area untuk tabel
Ini merupakan langkah awal, sanggup saja data diinput terlebih dahulu ataupun tabel yang dibuatkan terlebih dahulu.
2. Klik kanan pilih Format Cells
Setelah pilih area yang akan dibuatkan menjadi tabel maka selanjutnya kik kanan pada area tersebut dan klik hidangan Format Cells.
3. Pilih Style garis
Setelah klik Format Cells akan muncul obrolan box dari hidangan Format Cells tersebut. Untuk pertama kalinya klik Tab Border.
Pada hidangan Line Style pilihlah garis yang akan dipakai serta pada box color untuk warna garis yang digunakan.
4. Pilih Presets dan Border
Khusus untuk pilihan pada bab ini supaya lebih terperinci silahkan perhatikan gambar dibawah ini :
Pada bab Presets terdapat 3 hidangan yang sanggup diklik yaitu sebagai berikut :
- None : Jika diklik maka garis akan hilang, atau dengan kata lain ini untuk menghapus seluruh garis pada tabel.
- Outline : Jika diklik maka otomatis bab pinggir kiri, kanan, atas dan bawah tabel akan muncul garis.
- Inside : Untuk memunculkan garis ditengah tabel baik keatas ataupun kebawah.
Pada bab Border terdapat 8 tombol yang sanggup diklik, ini dusesuikan dengan garis yang terdapat pada tombol tersebut.
Misalnya gambar garis diatas, jikalau diklik akan memunculkan garis diatas pada area yang diblok. Jika sudah ada garis maka akan menghilangkan garis yang ada pada bab atas area tersebut.
Untuk tombol lainnya silahkan dilihat sesuai dengan gambar garis pada tombol tersebut, contohnya pola kedua untuk garis yang ditengah jikalau dilik akan memunculkan atau menghilangkan garis pada bab tengah area yang diblok atau dipilih.
5. Klik Ok
Setelah semua garis diklik sesuai dengan kebutuhan maka selanjutnya klik OK dan otomatis tabel akan muncul sesuai dengan garis yang telah kita buat sebelumnya.
Sebagai tambahan, untuk menggabungkan dua kolom menjadi satu nama ibarat pada tabel diatas kolom alamat saya memakai fitur Merge & Center yang terdapat pada Tab Home dan hidangan Alignment.
Itulah klarifikasi singkat ihwal cara menciptakan tabel dalam Microsoft Excel, supaya artikel ini bermanfaat untuk pembaca.
Jik ada hal yang ingin ditanyakan atau didiskusikan silahkan isi kolom komentar dibawah artikel ini.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Tabel Excel, Cara Menciptakan Tabel Dan Misalnya Dalam Microsoft Excel"
Posting Komentar