Siapa Bilang Bikin Slide Presentasi Kreatif Harus Ahli Desain? Ini 6 Rahasianya!

Kamu niscaya suka terpukau deh dengan slide presentasi teman yang keren, apalagi jika teman kita itu hebat desain. Wah, sudah dipastikan slide presentasinya manis semua! Hal ini kadang bikin kita jiper alasannya yakni merasa ‘kalah’ untuk tampilan presentasi.

Well, sebelum rasa percaya diri kita ciut, kita harus luruskan dulu nih makna dari kreatif itu sendiri. Kreatif itu tidak harus melulu berarti hebat desain atau gambar. Kreatif itu yakni bagaimana cara kita memanfaatkan keterbatasan yang ada untuk membuat sesuatu yang menarik atau atraktif. Kaprikornus meskipun skill desain kita gak bagus-bagus banget atau bahkan level 0, kita tetap dapat kok bikin slide presentasi yang memukau!

Mau tahu gimana caranya? Here’s the secrets……..

1. Less is (always) more

Less Is More Buat sesederhana mungkin

Kesalahan yang paling sering dilakukan yakni kita terlalu berusaha ‘berlebihan’ untuk menghias slide presentasi kita yang risikonya malah jadi berujung ‘keramaian’. Ini tentu membuat tampilannya menjadi kurang menarik, bahkan membuat audiens kita kebingungan dengan isi presentasi kita. Padahal, cukup dengan tampilan sederhana, presentasi kita dapat lebih efektif lho. Jadi hias secukupnya saja ya!

2. Jangan kebanyakan tulisan

Wordy Masukkan poin penting saja

Masukkan poin-poin penting saja dalam presentasi kita supaya tidak terlalu banyak tulisan. Dengan hanya menuliskan poin penting, tentu membuat slide presentasi kita lebih straight to the point. Para audiens juga akan lebih fokus dengan apa yang kita jelaskan dibanding sibuk sendiri membaca semua goresan pena yang ada di slide presentasi.

Kalau takut kelupaan, kita dapat kok membuat catatan kecil dikala maju presentasi nanti. Kaprikornus disaat kita mulai ‘hilang arah’ dapat eksklusif lihat ‘contekan’ yang sudah dibentuk untuk mengingat apa yang akan kita sampaikan. So, make it not too wordy!

3. Pilih font yang gampang dibaca

Pilih goresan pena yang gampang dibaca Gunakan font yang terang dan gampang dibaca

Saat membuat slide presentasi, perhatikan juga ya dalam pemilihan font-nya! Pilih font yang mudah dan sederhana sehingga gampang dibaca oleh audiens kita. Usahakan untuk tetap konsisten dalam pemakaian jenis font, jadi biar presentasinya tetap menjadi satu kesatuan. Bisa juga dengan membuat batasan tersendiri, contohnya kita hanya memakai 3 font saja untuk masing-masing fungsi (judul, subjudul, dan narasi).

Selain itu, perhatikan juga dalam penggunaan font style-nya. Gunakan bold untuk kata atau kalimat yang ingin dipertegas.

4. Bermain dengan warna

Colour Choice Perhatikan juga pemakaian warnanya ya!

Meski kita tidak hebat desain, coba deh cendekia dalam menentukan warna yang akan dipakai di slide presentasi. Dengan pemilihan warna yang baik dapat membuat slide presentasi kita yang terbilang ‘standar’ jadi lebih atraktif lho!

Hal yang harus kita perhatikan menyerupai pemakaian warna yang kontras antara latar dengan tulisan. Apabila latar kau berwarna gelap, maka gunakanlah warna terang untuk goresan pena begitu pun sebaliknya. Bagaimana sehabis dibandingkan? Terlihat lebih menarik bukan?

Selain itu, audiens juga lebih nyaman dan tidak ‘sakit mata’ dikala melihat isi slide presentasi kita yang asal laga warna. Hihi.

5. Gunakan icon untuk ilustrasi

Gunakan gambar untuk ilustrasi Ganti goresan pena dengan icon menarik

Untuk mendukung isi presentasi, coba untuk memakai gambaran menyerupai gambar atau ikon ya! Dengan ikon, juga dapat mengurangi goresan pena dalam slide presentasi kita dan menggantinya dengan gambar yang lebih deskriptif. Untuk yang satu ini, kita harus rajin browsing saja nih biar mendapat gambar atau ikon yang sesuai. Kreatif dalam pemilihan keyword dikala browsing ya!

6. Tetap konsisten!

Consistency Konsisten dan konsisten!

Nah, hal terakhir yang harus diingat yakni konsistensi! Setelah menentukan jenis font, kombinasi warna, dan elemen lainnya usahakan dalam penggunaannya tetap konsisten ya. Dengan begitu, tampilan slide presentasinya terlihat tidak kalah keren menyerupai kepunyaan teman kita yang hebat desain. Mereka bisa, kita pun juga bisa, betul?

Yup! Itulah cara-cara yang dapat dilakukan supaya slide presentasi tetap menarik meski tidak hebat desain. Dengan menerapkan cara ini, kau tidak perlu jiper lagi ya dikala akan presentasi.

Goodluck for you! ;)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siapa Bilang Bikin Slide Presentasi Kreatif Harus Ahli Desain? Ini 6 Rahasianya!"

Posting Komentar