Pilih Ipa Atau Ips? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Berikut

Hai teman-teman yang ketika ini sedang berada di kelas X! Tidak usang lagi kau akan menghadapi kegalauan menentukan jurusan yang akan menentukan perjalanan pendidikanmu. Dari SD, SMP, hingga kelas X keduanya masih menjadi satu. Lalu, untuk sterusnya kenapa harus ada penjurusan? Hayooo, sudah tahu belum mau masuk IPA atau IPS?

IPA atau IPS Foto: thedlhughleyshow.com

Jadi, alasan utama dari pembagian jurusan IPA atau IPS yaitu semoga kamu bisa lebih fokus dalam belajar dan mendalami ilmu. Ketika kuliah nanti, kau juga harus menentukan jurusan yang lebih spesifik lagi. Untuk itu, pertimbangkan beberapa hal berikut sebelum kalian menentukan ya :)

IPA atau IPS

Sebelum menentukan jurusan, pastikan kamu mengenal kemampuan dan talenta langsung masing-masing. Bagaimana caranya? Kamu bisa lihat kembali nilai rapor ketika SD hingga kelas X, cek nilai mana yang lebih cantik antara IPA atau IPS. Dari nilai-nilai tersebut, kamu bisa mengetahui bahwa kemampuanmu lebih mengarah ke jurusan apa. Selain faktor nilai, juga bisa mengikuti aneka macam tes minat dan bakat. Biasanya setiap sekolah mengadakan psikotes ketika menjelang penjurusan. Tapi tidak ada salahnya kalau kau ingin mengikuti tes kepribadian di luar sekolah. Hasil tes itu lalu bisa kau jadikan rujukan untuk menentukan jurusan.

IPA atau IPS

Setiap orang niscaya mempunyai impian atau mimpi semenjak kecil. Tapi seiring berjalannya usia dan pengalaman, impian bisa ikut berubah. Mimpi ini punya andil dalam pengambilan keputusan, jadi jangan diremehkan lho. Mengapa penting?

badmood2-thedailybeast Foto: thedailybeast.com

Cita-cita meliputi goal dan impian yang hendak diwujudkan. Jadi, kau akan termotivasi untuk mengerahkan potensi secara maksimal untuk meraih tujuan. Dengan cita-cita, berarti ada harapan. Kamu jadi tahu ke arah mana harus melangkah. Misalnya, kau berangan-angan menjadi seorang pengacara tapi jurusan yang kau pilih IPA. Tidak duduk perkara sebenarnya. Tapi alangkah baiknya kalau dari awal kau menentukan jurusan IPS. Di IPS, kau akan mendapatkan aneka macam bahan ilmu sosial yang mengarahkanmu untuk jadi pengacara. Cita-cita akan menciptakan kau lebih fokus mencapai satu tujuan yang pasti.

IPA atau IPS

Kita niscaya sering mendengar mitos-mitos jurusan. Ada yang menyampaikan bahwa anak IPA itu orangnya pintar dan gemar belajar, sedangkan anak IPS itu banyak main dan nongkrong. Ada juga yang beranggapan bahwa jurusan IPA lebih terkenal daripada jurusan IPS, padahal kedua jurusan tersebut sama populernya kok!

IPA atau IPS Foto: usborne.com

Sebenarnya itu belum tentu benar, alasannya tidak ada dasarnya. Lihat saja, kenyataannya banyak juga kok anak IPS yang bisa menjadi pemimpin baik dan jago di negeri ini. Banyak anak IPS yang justru menjadi pengusaha sukses dan malah menimbulkan anak IPA sebagai karyawannya. Jadi, buang jauh-jauh mitos IPA dan IPS yang bisa mengganggu pilihanmu.

IPA atau IPS

Mungkin kamu sering resah alasannya pilihanmu dan orangtua saling bertolak belakang. Sebenarnya hal ini tidak akan terjadi bila antara anak dan orangtua saling mengerti. Banyak orangtua yang menginginkan anaknya untuk masuk IPA sedangkan anaknya ingin masuk IPS. Namun alasannya keduanya tidak terbuka dan si anak gres berbicara ketika kenaikan kelas XI, terjadilah perbedaan pendapat.

A teenage girl in an argument with her mother and father Foto: parkbench2.com

Untuk menghindari hal itu, kau harus terbuka semenjak awal kalau ingin masuk jurusan IPA atau IPS. Bicarakan baik-baik mengenai alasan di balik pilihanmu, misalnya prospek ke depannya. Boleh juga menunjukkan role model yang sukses di bidang yang akan kau ambil. Kalau dibicarakan dari jauh-jauh hari, orangtua akan lebih mengerti dengan keinginanmu. Sebenarnya, orangtua akan mengikuti pilihan anak asalkan pilihan tersebut mempunyai alasan berpengaruh dan didasari oleh aliran yang matang.

IPA atau IPS

Kerap kali banyak yang merasa salah jurusan berawal dari ikut-ikutan teman. Ingat, masa depanmu ada di tanganmu sendiri, bukan teman. Kamu yaitu penentu sukses tidaknya dirimu di masa depan nanti. Sedih sih kalau harus berpisah dengan sahabat alasannya beda jurusan. Tapi kalau itu menciptakan dirimu sendiri jadi susah, lebih baik tidak usah. Jadi, ikuti kata hatimu ya!

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilih Ipa Atau Ips? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Berikut"

Posting Komentar