Pertama Kali Menjadi Guru Privat? Lakukan 7 Hal Ini Di Pertemuan Pertama Dengan Siswa!

Guru privat bukan berarti tidak profesional menyerupai guru formal di sekolah. Bahkan, bekerjsama menjadi guru privat itu tuntutan dan tanggung jawabnya juga besar. Pasalnya, ia akan mempunyai hubungan yang lebih intim dengan siswanya. Ia dituntut untuk sanggup memperlihatkan perhatian penuh pada akseptor didiknya. Orang renta siswa juga mengharapkan biar hal-hal yang tidak dimengerti siswa di sekolah sanggup dijelaskan dengan lebih baik oleh guru privat. Jika kau akan memulai karirmu sebagai seorang guru privat, kau perlu mengetahui hal-hal berikut ini di hari pertamamu mengajar. Dijamin, kau akan terlihat profesional.

Pastikan kau mengetahui data diri siswa 

menjadi guru privat - orang membaca kertas sambil tersenyum Guru membaca biodata siswa. (Sumber: shutterstock.com) 

Sebelum mendapatkan pekerjaan menjadi guru privat, kau niscaya sudah mengetahui beberapa hal mengenai siswamu. Misalnya, nama siswa, jenjang pendidikannya, kelasnya, alamat rumahnya dan mata pelajaran yang akan kau ajar. Pastikan kau hafal warta tersebut di luar kepala. Tidak perlu mencari warta hingga stalking media umum siswa, ya. Hal tersebut malah akan membuatmu tidak profesional.

Datang sempurna waktu

menjadi guru privat - perempuan mengecek jam Mengecek jam untuk tiba sempurna waktu. (Sumber: mamamia.com.au) 

Dalam pekerjaan apapun, sempurna waktu merupakan hal yang penting. Jika memungkinkan, sebaiknya kau cek lokasi rumah siswamu terlebih dahulu sebelum hari pertamamu mengajar. Dengan begitu, kau sanggup mengantisipasi berapa waktu yang akan kau tempuh dalam perjalanan menuju rumah siswa. Kamu juga akan terhindar dari nyasar. Datang sedikit lebih awal lebih baik daripada tiba terlambat.

Gunakan baju yang sopan dan bawa peralatan yang diperlukan

menjadi guru privat - sahabat kerja tersenyum Contoh baju yang santai dan sopan. (Sumber: thebalance.com) 

Meskipun terkesan santai alasannya ialah mengajar di rumah, kau tetap harus mengenakan pakaian yang sopan. Jangan lupa juga untuk membawa peralatan yang sanggup membantu kau dalam mengajar. Misalnya, alat tulis dan buku terkait mata pelajaran yang akan kau bahas di hari itu, serta media bimbing yang menunjang. Malu, dong, kalau harus meminjam alat tulis milik siswamu? Jika kau mau mengajar secara lebih kreatif dengan pertolongan teknologi, kau sanggup membawa laptop.

Berkenalan dan mengobrol dengan orang renta siswa

menjadi guru privat - berkonsultasi dengan orang tua Mengobrol dengan orang renta siswa. (Sumber: therivardreport.com) 

Jika orang renta dari siswamu ada di rumah dikala kau datang, jangan lupa untuk berkenalan. Tanyakan hal-hal mengenai siswa yang sanggup membantu kau dalam mengajar. Misalnya, bagaimana gaya belajar, minat, atau prestasi siswa selama ini. Selain itu, tanyakan juga keinginan dari orang renta siswa terhadap acara berguru privat yang kau ajar. Kamu juga sanggup mengobrol santai dengan mereka, siapa tahu mereka sanggup memperluas networking-mu.

Ajak berkenalan dan mengobrol untuk mencairkan suasana

menjadi guru privat - dua orang mengobrol Mengobrol santai dengan siswa. (Sumber: tay.kinja.com) 

Selain mengobrol dengan orang renta siswamu, tentunya kau juga harus mengobrol dengan siswa itu sendiri. Awali dengan memperkenalkan dirimu. Setelah itu, kau sanggup menanyakan hal-hal perihal siswamu. Contohnya, hobi, musik kesukaannya, dan lain-lain. Usahakan untuk bersikap santai dan jangan kaku. Jika kau berhasil mencairkan suasana dengan baik di hari pertama, hubunganmu dan siswamu akan menyerupai dua orang teman.

Tanyakan kesulitan yang dihadapi siswa

menjadi guru privat - guru mengajar muridnya Menanyakan kesulitan siswa. (Sumber: sheknows.com) 

Di sela-sela mengobrol, coba tanyakan kesulitan apa yang siswamu sering hadapi. Dengan demikian, kau jadi tahu apa yang paling dibutuhkan oleh siswamu. Misalnya siswamu kesulitan di bidang fisika, kau jadi sanggup memperbanyak pembahasan mengenai Fisika. Mungkin ada juga topik-topik tertentu yang sulit untuk ia pahami. Kamu jadi sanggup mengajar dengan lebih efektif, deh.

Berikan apresiasi dikala siswa berhasil memahami suatu pelajaran

menjadi guru privat - guru tos dengan muridnya Mengapresiasi siswa. (Sumber: pearsoned.com) 

Sebagai seorang guru privat, kau harus menjadi sahabat berguru yang menyenangkan. Berikan klarifikasi dengan perlahan hingga siswamu paham. Jangan lupa untuk mengapresiasi siswa dikala ia berhasil memahami suatu pelajaran. Siswa akan merasa bahagia jikalau diberi apresiasi dan dampak positifnya, ia juga akan semakin semangat belajar.

Nah, jangan lupa lakukan tujuh hal di atas ya dikala pertama kali tiba ke rumah siswa privatmu. Jika ini bukan kali pertamanya kau mengajar, tidak ada kata terlambat untuk memulai, kok, smart buddies. Yuk #BanggaJadiGuru dengan terus berusaha menjadi guru privat yang profesional. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang berprofesi sebagai guru privat, ya. Ceritakan juga pengalamanmu mengajar untuk pertama kalinya di kolom komentar. (AZN/TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertama Kali Menjadi Guru Privat? Lakukan 7 Hal Ini Di Pertemuan Pertama Dengan Siswa!"

Posting Komentar