Perhatikan 7 Tips Belanja Online Ini Supaya Tidak Tertipu!

Hai Smart Buddies, di masa digital dengan teknologi yang canggih ketika ini segala sesuatunya sanggup dilakukan dengan mudah. Kamu merasakannya juga kan? Terutama dalam hal berbelanja, banyak situs jual beli yang hadir. Banyak dari penjual di sana juga mengatakan harga yang lebih murah dari pasarannya. Dengan maraknya situs jual beli online yang hadir, pembeli harus lebih cermat dalam mengambil keputusan, biar terhindar dari tindakan penipuan online. Nah, kali ini Ruangguru merangkum beberapa tips belanja online dengan kondusif dan menghindari penipuan online. Penasaran? Yuk kita cermati tips-tips di bawah ini.

1.  Meningkatkan kewaspadaan 

Tertipu online- Waspada belanja online
Waspada belanja online (Sumber: xohop.com) 

Sebelum mulai membeli produk di situs online, alangkah baiknya mencari tahu terlebih dahulu wacana produk yang akan dibeli. Kamu sanggup membandingkan produk di satu situs dengan situs lainnya. Melakukan riset terlebih dahulu merupakan salah satu cara termudah untuk menghindari penipuan online juga loh. Kamu sanggup mengetahui kisaran harga yang wajar, kualitas barang yang akan kau beli, bahkan situs-situs yang orang lain gunakan untuk membeli barang tersebut. Jadi, harus waspada semenjak awal yah.

2. Pilihlah situs yang telah terpercaya 

Tips belanja online-Memilih situs yang tepat
Memilih situs yang sempurna (Sumber: ronif.com) 

Dengan bermacam-macam pilihan situs jual-beli, Smart Buddies niscaya merasa resah harus menentukan yang mana. Terlebih, situs-situs tersebut menyediakan banyak sekali pilihan dan penawaran yang menarik. Oleh alasannya ialah itu, Smart Buddies harus arif menentukan situs yang sanggup dipercaya. Saat inin banyak juga situs jual beli yang mengatakan sistem keamanan lebih untuk pembeli, uang gres akan diteruskan ke penjual kalau kau sebagai pembeli sudah mengatakan konfirmasi terima barang. Dengan demikian, uang kau lebih kondusif alasannya ialah kalau kau tidak mendapatkan barang dalam beberapa hari makan uang akan dikembalikan.

Kamu sanggup sambil bertanya ke orang-orang terdekat juga kok menanyakan situs jual beli yang sering mereka gunakan. Selain itu, kau juga sanggup melihat balasan orang-orang yang telah memakai situs jual-beli ini di blog-blog dengan mesin pencari Google.

3. Lihat review (testimoni) dari pembeli sebelumnya

Setelah Smart Buddies menentukan situs yang terpercaya, mungkin kau resah dengan banyaknya toko di dalam situs tersebut. Harus pilih yang mana yah? Sebaiknya lihat dulu review dari para pembeli sebelumnya. Dengan begitu kau sanggup mengetahui apakah toko tersebut terpercaya atau tidak. Jangan lupa juga ya, perhatikan seberapa banyak review positif yang ada.  Jika berisi banyak balasan positif, kau sanggup lebih damai dalam melaksanakan pembelian tanpa perlu khawatir tertipu.

4. Jangan cepat membeli produk dengan harga murah

 tertipu online - jangan tergiur harga murah

Jangan tergiur harga murah (Sumber: 2.bp.blogspot.com) 

Harga yang murah memang menciptakan semua orang tergiur. Akan tetapi, kalau harga produk tersebut malah terlalu murah dan tidak wajar, harus dicurigai loh. Karena, penjual niscaya tidak mau rugi. Dengan harga yang murah, kualitas materi produk yang dipakai niscaya di bawah standar atau sanggup jadi produk tersebut palsu.

5. Perhatikan cara pembelanjaannya 

Tips Belanja online- tahapan ketika belanja online
Tahapan ketika belanja online (Sumber: assets.jalantikus.com) 

Setiap situs pembelanjaan niscaya mempunyai cara yang berbeda dalam transaksinya. Mulai dari cara pemesanan, pembayaran, pengiriman sampai penerimaan produk niscaya berbeda.  Oleh alasannya ialah itu, perhatikan baik-baik cara transaksi tersebut dengan benar. Jika terdapat sistem yang aneh, segera hentikan proses pembelanjaan. Lebih baik mencegah lho daripada terlanjur menjadi korban.

Bagaimana Smart Buddies, apakah kau sudah siap berbelanja online? Semoga sanggup membantu yah buat menghindari penipuan online. Kalau kau punya tips lain, sanggup loh ikutan sharing disini. Biar tidak ada lagi yang terkena online scam. Selamat mencoba! (NN/DR)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perhatikan 7 Tips Belanja Online Ini Supaya Tidak Tertipu!"

Posting Komentar