Pengertian Dan Pola Soal Ketidaksamaan Segitiga

Sebelumnya Mafia Online sudah membahas menganai pengertian dan jenis-jenis segitiga, sifat-sifat segitiga secara umum, dan juga sifat-sifat segitiga khusus (istimewa). Sekarang kita akan membahas bagaimana mengatahui suatu berdiri tersebut berbentuk segitiga jikalau tidak diberikan pola gambarnya? Untuk mengetahuinya anda harus paham dengan konsep ketidaksamaan segitiga. Apa itu ketidaksamaan segitiga?


Agar Anda dengan gampang memahami ketidaksamaan segitiga coba Anda lakukan aktivitas berikut.
  1. Silahkan anda menciptakan sebarang segitiga dari kertas karton. Namailah dengan segitiga ABC. Sisi di hadapan sudut A, berilah nama sisi a. Sisi di hadapan sudut B, berilah nama sisi b. Demikian pula dengan sisi sudut C.
  2. Lalu ukur panjang masing-masing sisinya dan catat hasilnya.
  3. Silahkan jumlahkan panjang sisi a dan b. Kemudian, bandingkan dengan panjang sisi c. Manakah yang lebih besar? Bandingkan pula panjang sisi a + c dengan panjang sisi b. Demikian pula, bandingkan panjang sisi b + c dengan panjang sisi a.


Jika anda melakukannya dengan benar, anda akan memperoleh kesimpulan ibarat berikut. Pada setiap segitiga selalu berlaku bahwa jumlah dua buah sisinya selalu lebih panjang daripada sisi ketiga. Jika suatu segitiga mempunyai sisi a, b, dan c maka berlaku salah satu dari ketidaksamaan berikut.
(1) a + b > c
(2) a + c > b
(3) b + c > a
Nah, ketidaksamaan tersebut disebut ketidaksamaan segitiga.

Contoh Soal 
Tunggu update postingan selanjutnya

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Pola Soal Ketidaksamaan Segitiga"

Posting Komentar