Niat Masuk Akademi Tinggi Negeri? Siapkan Dulu Hal-Hal Ini

Tidak terasa satu bulan lagi SBMPTN 2018 akan dilaksanakan. Jangan panik dulu! Apabila kau sudah memilih akademi tinggi pilihanmu, tinggal sedikit lagi perjuangan yang harus kau tempuh untuk menyiapkan diri. Untuk itu, Ruangguru akan menawarkan beberapa tips untuk kau biar SBMPTN semakin lancar.

masuk akademi tinggi(Sumber: telegraph.co.uk)

1. Kenali dulu dirimu

Pilihlah jadwal studi tujuan dan cari tahu daya tampungnya biar kau mempunyai citra akan persaingan di hari H nanti. Lalu, putuskan apakah kau membutuhkan bimbingan berguru atau tidak. Kalau jawabanmu iya, pilih bimbel intensif yang sesuai dan terjangkau. Jangan takut untuk berkomunikasi dengan guru bimbel biar ia mengerti kebutuhan kamu. Ketahui bahan apa yang sudah kau kuasai dan mana yang perlu kau pelajari lebih dalam lagi. Hal ini bisa membantu kau untuk fokus belajar.

2. Kumpulkan soal-soal SBMPTN terdahulu sebagai bekal belajar

Kamu bisa membeli atau meminjam buku-buku soal dari abang kelas kamu. Soal-soal SBMPTN juga banyak tersedia di internet dan sanggup diunduh secara gratis. Pastikan soal-soal tersebut menyediakan kunci tanggapan yang benar untuk dicocokkan ketika kau tamat mengerjakan soal. Berikut beberapa referensi dari Ruangguru:

3. Buatlah timeline per hari

Bagi waktu menurut mata pelajaran dan bahan yang ingin kau kuasai . Hal ini membantu kau untuk terpacu dalam berguru dan melatih kedisiplinan. Kamu bisa menciptakan deadline untuk penguasaan bahan atau soal SBMPTN yang kau rasa sulit.

Jangan lupa untuk menyisihkan waktu istirahat juga, ya. Setiap orang niscaya butuh refreshing, termasuk kamu. Lakukan hal-hal kecil yang menciptakan kau bahagia biar kau rileks ketika belajar. Jaga referensi makan dan perbanyak minum air. Kamu tidak mau kan jatuh sakit di hari SBMPTN?

4. Pelajari kembali soal yang kurang kau kuasai

Ayo, buka kembali angan takut untuk mempelajari kembali konsep dasarnya. Apabila kau hanya mengandalkan perjuangan dengan menjawab soal sebanyak-banyaknya, belum tentu kau bisa menguasai bahan tersebut apabila disajikan dalam bentuk soal yang berbeda.

Pada dasarnya, tes SBMPTN merupakan bentuk penilaian terhadap pengetahuan serta cara berpikir kamu. Begitu juga apabila kau hanya menghafal rumus. Akan tetapi, dengan memahami konsep dasar, rumus tersebut bisa kau gunakan secara efektif. 

masuk akademi tinggi(Sumber: theguardian.com)

5. Mengikuti tryout atau simulasi SBMPTN

Cari warta tryout yang diadakan di kotamu atau ikuti tryout yang tersedia di internet. Sama menyerupai tryout UN, tryout SBMPTN bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan kau dalam menghadapi tes. Kamu bisa mengetahui seberapa besar peluang kau untuk memenuhi sasaran nilai untuk masuk ke akademi tinggi negeri tujuan. Ditambah lagi, tryout melatih kesiapan mental kau juga, loh.

6. Cobalah untuk merencanakan taktik di hari tes

Setelah kau mengetahui kemampuan kau dalam mengerjakan soal. Ketahui bobot tiap soal dan estimasi waktu yang kau butuhkan untuk menyelesaikannya. Dengan begitu, kau akan semakin siap untuk menghadapi tes yang sesungguhnya.

Apapun taktik yang kau gunakan, persiapkanlah diri kau sematang mungkin sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga enam tips di atas bisa membantu kau untuk mempersiapkan diri, ya! Yuk, persiapkan dirimu dari kini dengan berguru menggunakan ruangbelajar dari Ruangguru.

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Niat Masuk Akademi Tinggi Negeri? Siapkan Dulu Hal-Hal Ini"

Posting Komentar