Meski Dikenal Galak, Inilah Prestasi Ahok Yang Berhasil Mengubah Jakarta

Saat ini marak pemberitaan mengenai pemilihan ketua tempat yang secara serentak akan dilaksanakan bulan Februari 2017 mendatang. Basuki Tjahaja Purnama atau bersahabat disapa Ahok ikut pula diberitakan. Pasalnya, Gubernur DKI Jakarta tersebut kembali mencalonkan dirinya untuk periode kepemimpinan berikutnya. Ahok dikenal sebagai pemimpin tempat yang tegas, bahkan galak. Namun hal tersebut mempunyai andil dalam terciptanya kondisi Jakarta yang lebih baik. Kali ini Ruangguru akan mengulas prestasi-prestasi yang dicapai oleh Ahok selama masa jabatannya. Dari artikel ini, kau sanggup tahu perbaikan apa saja yang sudah terjadi di Jakarta dan perbaikan yang sanggup kau harapkan dari gubernur berikutnya. Simak terus ya!


prestasi ahok - Ahok marah
Ahok berlaku tegas sebagai seorang gubernur. (Sumber: mediaindonesia.com) 

Pada tahun 2014 yang lalu, Ahok dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sebelumnya ia ialah Wakil Gubernur DKI Jakarta dan sempat menjadi anggota dewan perwakilan rakyat RI. Karirnya menjadi kepala tempat sebenarnya sudah dimulai semenjak tahun 2005 dikala ia menjabat sebagai Bupati Belitung Timur. Ia pun juga pernah menjadi kandidat Gubernur Bangka Belitung di tahun 2007. Sebelum terjun ke dunia politik, laki-laki bergelar insinyur ini sempat menggeluti bidang bisnis. Namun, ia tampaknya lebih menyukai politik dibanding bisnis. Ini ia prestasinya di bidang politik, terutama dikala menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Mendisiplinkan PNS

prestasi ahok - PNS berjalan menuju suatu tempat Ilustrasi PNS. (Sumber: poskotanews.com) 

Akibat ketegasannya terhadap para PNS di DKI Jakarta, Ahok dianggap galak oleh sebagian orang. Memang, eksekusi yang diberikan oleh ayah dari tiga orang anak ini tidak main-main apabila ada pegawai tempat yang 'membandel'. Ia tak segan memotong Tunjangan Kerja Daerah (TKD) seorang pegawai apabila telat masuk kantor atau mangkir kerja.

Menjawab keluhan warga

prestasi ahok - tampilan aplikasi Qlue Tampilan aplikasi Qlue. (Sumber: teknologi.metrotvnews.com) 

Di masa kepemimpinannya, Ahok memperlihatkan tiga nomor pengaduan yang sanggup dipakai warga Jakarta untuk melaporkan banyak sekali masalah. Ketiga nomor tersebut adalah 0811944728, 081927666999, dan 085811291966. Masalah yang diadukan haruslah berkaitan dengan urusan publik di Jakarta. Misalnya perihal jalanan rusak, lampu merah yang mati, dan lain-lain. Laporan tersebut disampaikan melalui SMS. Keluhan-keluhan yang hingga ke nomor tersebut benar-benar direspon oleh pemerintah, lho. Hal ini terbukti dari apresiasi para warga yang sudah pernah memakai layanan ini. Selain melalui SMS, keluhan sanggup juga disampaikan melalui aplikasi online Qlue dan Lapor!.

Membuat transportasi umum lebih nyaman           

prestasi ahok - petugas transjakarta mengecek kondisi bus Armada gres Bus Transjakarta. (Sumber: koran.jakarta.com)

Armada bus Transjakarta sebagian besar diganti atas aba-aba Ahok. Beberapa di antaranya memang sudah tidak layak untuk beroperasi lagi. Masih ingat, kan, dikala dulu bus Transjakarta sering dikabarkan meledak dan mogok? Selain itu, mantan laki-laki yang gemar makan durian ini juga menambah jumlah unit agar semakin banyak orang yang sanggup diakomodir oleh moda transportasi ini. Semoga bus-bus gres ini terus dirawat dengan baik ya.

Membasmi pungutan liar

prestasi ahok - orang memperlihatkan uang Ilustrasi pungutan liar. (Sumber: daerah.sindonews.com)

Kini sudah tidak ada lagi biaya yang terpaksa dikeluarkan oleh warga Jakarta dikala mengurus KTP atau dokumen-dokumen kependudukan lainnya. Pegawai di Pemerintah Daerah DKI Jakarta tidak lagi berani memperlihatkan syarat uang pelicin kepada warga yang ingin permasalahan administrasinya dibantu. Hal ini disebabkan adanya bahaya dipecat apabila praktik tersebut diketahui oleh Ahok. Laki-laki kelahiran 50 tahun silam ini mengambarkan bahwa ancamannya bukan hanya gertakan sambal. Awal tahun ini, ia memecat pejabat di Dinas Kebersihan DKI Jakarta lantaran kasus pungutan liar.

Membuat Jakarta lebih rapi

prestasi ahok - jalanan padat akhir pedagang yang tidak tertib Padatnya jalanan akhir pedagang kaki lima yang tidak tertib. (Sumber: m.tempo.co) 

Pemukiman yang terletak di pinggir sungai dianggap sebagai penyebab banjir yang kerap terjadi di Jakarta. Akhirnya, Ahok memerintahkan biar pemukiman tersebut digusur dan warganya dipindahkan ke lokasi lain. Awalnya penggusuran yang dilakukan menuai banyak kontra. Para warga pun enggan pindah dari rumahnya. Oleh alasannya ialah itu, Ahok mempercepat pembangunan rumah susun (rusun) biar warga yang tergusur sanggup segera tinggal di rumah yang baru. Selain relokasi terhadap pemukiman warga di pinggir sungai, pedagang-pedang kaki lima juga menjadi sasaran relokasi. Pedagang kaki lima yang tersebar di sekitar Tanah Abang ialah salah satunya. Posisi mereka yang semrawut di ibukota menciptakan jalanan menjadi semakin macet.

Mewujudkan sungai yang bersih

prestasi ahok - sampah di kali ciliwung
Sampah di Kali Ciliwung. (Sumber: megapolitan.kompas.com)

Ternyata, bukan hanya pemukiman liar di pinggir sungai saja yang menyebabkan banjir di Jakarta. Sungai yang dipenuhi oleh sampah juga menjadi salah satu penyebabnya. Demi mewujudkan Kota Jakarta yang higienis dan bebas banjir, anak sulung dari empat bersaudara ini membentuk tim untuk membersihkan sungai-sungai di Jakarta. Usaha Ahok dan timnya tidak sia-sia. Kini beberapa sungai di Jakarta, menyerupai Ciliwung, sudah tampak lebih higienis lho dari sebelumnya.

Menginisiasikan transparansi APBD

prestasi ahok - transparansi APBD Ilustrasi APBD yang transparan. (Sumber: radarkaltim.prokal.co) 

Transparansi APBD gres pertama kali dilakukan pada dikala Ahok menjabat. Gubernur-gubernur Jakarta sebelumnya dilaporkan belum pernah menginisiasi hal yang sama. Dengan transparansi ini, penduduk Jakarta tidak lagi merasa was-was bahwa anggaran dipakai dengan tidak semestinya. Hal ini juga menjadi salah satu cara biar masyarakat sanggup ikut serta menilai kinerja pemerintah daerah. Mudah-mudahan hal ini sanggup diikuti oleh provinsi-provinsi lain di Indonesia ya.

Prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh Ahok ini semoga sanggup menginspirasi para kandidat kepala tempat di Indonesia. Selain itu, sebagai masyarakat, kau harus mendukung program-program yang positif dan menjaga kondisi tempat yang sudah membaik, smart buddies! Ahok tidak lepas dari pemberitaan jelek di media. Memang ia bukanlah insan yang sempurna, tetapi kau tetap sanggup mencontoh hal-hal yang baik darinya. Ajak teman-temanmu untuk mengikuti jejak Ahok dalam berprestasi dengan share artikel ini, ya! Kalau kau tahu prestasi Ahok yang lainnya, jangan ragu untuk tambahkan di kolom komentar. Kamu sanggup loh berprestasi juga dengan mempersiapkan masa depan kau dari sekarang, salah satu caranya berlangganan video pelajaran dan latihan soal dari ruangbelajar(AZN/TN)

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meski Dikenal Galak, Inilah Prestasi Ahok Yang Berhasil Mengubah Jakarta"

Posting Komentar