Menggunakan Domain Eksklusif Di Blogspot

Saat ini, seluruh internet sudah banyak dijejali dengan banyak sekali website, dari website pribadi, perusahaan, e-commerce hingga social network. Bahkan kini sudah menjadi sesuatu yang umum dimana seseorang mempunyai website langsung atau blog pribadi.
Biasanya, blog atau website langsung tersebut sanggup dibangun dari penyedia blog atau website gratisan (free) menyerupai blogger.com atau wordpress.com dan lain-lain. Apabila seseorang menggunakan blog dari wordpress.com, maka "nama domain" website pemakai akan menjadi sub-domain dari wordpress tersebut, hal tersebut berlaku juga untuk penyedia layanan blog gratis menyerupai blogger.com sehingga terlihat menjadi domainpribadi.blogspot.com atau domainpribadi.wordpress.com. 
Opsi lainnya, ialah pemilik juga sanggup menyewa domain atau hosting di penyedia layanan sehingga mereka berhak menggunakan nama apapun untuk website atau blog mereka, selama nama blog atau website langsung tersebut belum digunakan oleh seseorang atau suatu organisasi menyerupai domainpribadi.com, domainpribadi.info, domainpribadi.net dan lain-lain. 
Di goresan pena ini saya akan membahas bagaimana kita menggunakan domain langsung di layanan blogger, saya menentukan blogger lantaran blogger mendukung fitur ini, dengan fitur itu saya tidak perlu menyediaka dana suplemen untuk menyewa hosting sebagai kawasan menaruh blog langsung saya dan sanggup menghemat sedikit biaya :P. Pada tutorial ini, saya menyewa nama domain di idwebhost sebagai penyedia layanan. Berikut langkah-langkahnya:
1. Tentu saja anda harus sudah mempunyai akun google dan membuka sebuah blog di blogger.com
2. Silakan login ke settingan blogger, kemudian klik setting menyerupai pada gambar di bawah:

3. Klik Setting->Basic menyerupai yang tertampil di sajian sebelah kiri (seperti pada gambar di bawah):
4. Pada bab Publishing klik add custom domain, menyerupai pada gambar di bawah ini:

5. Sehingga akan muncul tampilan menyerupai di bawah ini:

Pada bab setting, masukkan nama domain yang telah anda sewa kemudian save, pada kasus ini saya menggunakan nama domain website ini, apabila belum terverifikasi dari google, anda akan mendapati pesan error dan anda akan diberikan "kunci" menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah untuk memverifikasi domain anda:


Jangan lupa disimpan, nantinya akan digunakan di setting penyedia domain anda (saya menggunakan idwebhost).

6. Langkah berikut anda masuk ke login penyedia domain anda, cari bab manage DNS
, kemudian pada bab A record masukkan input menyerupai di bawah ini:


dan pada bab CNAME Records masukkan inputan dari key yang anda sanggup menyerupai gambar di bawah ini:


disini saya tidak menyertakan key-yang saya sanggup lantaran sudah terverifikasi sebelumnya, apabila nama domain anda belum terverifikasi, maka kedua key yang anda sanggup harus anda masukkan di CNAME records dengan format host-name (bzeaqk4wy6lv) dan Value (gv-qfjmls5pvusupa.dv.googlehosted.com) *tergantung key yang anda sanggup nantinya.

7. Setelah anda simpan, anda sanggup kembali ke blogger.com kemudian ulangi langkah nomer 2-5 di atas, sehingga akan tertampil tampilan menyerupai di bawah ini:


Jangan lupa centang bab Redirect domainpribadi.com to www.domainpribadi.com sehingga setiap request di domainpribadi.com akan di redirect ke www.domainpribadi.com, kemudian Save dan selesai.

8. Tunggu beberapa dikala untuk google melaksanakan propagasi dengan nama domain anda, kemudian silakan buka command prompt dan silakan test dengan perintah nslookup menyerupai di bawah:

 nslookup newbienote.com

 apabila propagasi berhasil maka akan tertampil pada gambar di bawah hasilnya:


Cek kedua silakan menjalankan perintah:

 nslookup www.newbienote.com

hasilnya terlihat menyerupai di bawah ini kalau berhasil:


 jika hasil nslookup anda tertampil menyerupai mirip tampilan di atas, berarti langkah2 yang anda lakukan telah berhasil mengubah domain dari blogger ke domain milik anda sendiri.

(sebagai referensi domain saya sendiri ) buka browser dan ketik www.newbienote.com atau newbienote.com maka anda akan melihat tampilan menyerupai berikut:


 Selamat mencoba dan agar berhasil :P






Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menggunakan Domain Eksklusif Di Blogspot"

Posting Komentar