Mengenal Lebih Jauh Mengenai Burung Kedidi Golgol

Salah satu jenis burung pantai yang migrasi yang terdapat di tempat Nusa Tenggara Barat tepatnya di Bima NTB yaitu burung Kedidi Golgol. Harus kita semua akui, kalau Indonesia merupakan nirwana bagi para Avest sebagai tempat tinggal, tidak terkecuali untuk jenis burung pantainya.

Berbagai macam jenis burung pantai berkunjung pada isu terkini migrasi ke pantai-pantai indonesia hanya sekedar stirahat sejenak saja. Namun, terkadang juga ada yang berbiak juga di indonesia untuk memilih lokasi kedatangan yang lainnya nantinya.

Salah satu jenis burung pantai yang migrasi yang terdapat di tempat Nusa Tenggara Barat t Mengenal Lebih Jauh Mengenai Burung Kedidi Golgol
abc.net.au

Nah, untuk Kedisi Golgol ini merupakan jenis burung migrasi dari pantai Australia. Untuk ciri khas burung ini ukurannya memang tidak terlalu kecil. Selanjutnya mempunyai bab paruh yang agak runcing dan tajam, warna keabu-abuan dengan ekor pendek dan juga lancip.

Pada umumnya, Kedidi Golgol ini sering terlihat bermain di pantai yang berlumpur dengan berkelompok. Jumlahnya kurang lebih sekitar 5 hingga dengan 10 ekor dalam satu kelompok dan agak gampang untuk di dekatin pada ketika akan mengambil gambarnya.

Ciri Khas Burung Kedidi Golgol

Kedidi golgol yang usianya arif balig cukup akal mempunyai ukuran yang agak kecil dengan panjang sekitar 21 cm. Warna bulu tunggingnya berwarna putih, paruh hitam dan terlihat panjang melengkung ke bawah. Lalu, untuk bab atas bulu biasanya mempunyai warna bubuk – bubuk kecoklatan, kemudian untuk bab bawahnya putih.

Sedangkan untuk bab alis, setrip pada bab sayap, dan palang di bulu bab atas epilog ekornya putih. Sedangkan pada ketika isu terkini panas warna dada dan bulu – bulu biasanya akan berganti jadi merah kecoklatan. Untuk warna iris matanya coklat, paruh hitam serta bab kakinya warna kuning kehijauan.

Habitat dan Kebiasaan

Burung Kedidi Golgol ini sering sekali mengunjungi beting lumpur di pesisir pantai, sawah dan juga di daerah sekitar tambak. Tujuannya tak lain untuk mencari masakan yang berupa serangga dan inverteberata yang kecil menyerupai halnya udang, moluska, dan juga cacing.

Salah satu jenis burung pantai yang migrasi yang terdapat di tempat Nusa Tenggara Barat t Mengenal Lebih Jauh Mengenai Burung Kedidi Golgol
pbase.com

Terkadang burung ini juga terlihat memakan biji dan flora yang lainnya. Kedidi golgol pada umumnya juga sering berbaur dengan burung jenis – jenis kedidi dan juga jenis burung trinil yang lainnya. Perilakunya juga kerap terlihat berlarian dan juga berjalan cepat mencari masakan di permukaan lumpur apabila air maritim sedang surut.

Burung ini juga akan memungut masakan yang ada di permukaan lumpur atau tanah dengan menggunakan paruhnya yang berpengaruh dan juga panjang. Kemudian Kedidi Golgol ini akan beristirahat di gundukan pasir dengan mengangkat kaki sebelah. Setelah itu akan terbang berkelompok dengan cepat.

Perkembangbiakan

Burung ini nantinya akan berkembangbiak di tempat Tundra Siberia dan juga Alaska. Dan pada ketika isu terkini cuek segera bermigrasi menuju ke arah selatan, dari Eropa barat dan Asia bab selatan hingga dengan Afrika selatan dan benua Australia.

Burung ini yaitu burung pendatang yang agak langka di pulau Jawa, Bali, tempat Wallacea dan Papua. Namun, biasanya lebih berada di pulau Kalimantan dan Sumatera. Beberapa burung yang tidak berbiak akan terlihat di isu terkini panas.

Perjumpaan Burung Kedidi Golgol

Burung kedidi golgol ini juga termasuk jenis burung pendatang yang berkunjung ke wilayah Lombok pada ketika bulan Agustus hingga hingga bulan Oktober. Guna mengamati jenis ini maka para pengamat sanggup berkunjung ke lokasi pesisir Bendungan Batujai pada waktu airnya surut di isu terkini kemarau.

Jika diamati dengan secama, burung ini menyerupai dengan burung Trinil Semak. Akan tetapi, apabila diperhatikan burung Kedidi Golgol ini mempunyai paruh yang lebih panjang dan melengkung ke bawah.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lebih Jauh Mengenai Burung Kedidi Golgol"

Posting Komentar