Mengakses File Di Linux Dari Windows Dengan Mudah

Pernahkah anda mempunyai kebutuhan untuk mengakses file-file di Komputer yang memakai sistem operasi Linux dari klien Windows melalui jaringan? atau anda ingin mengakses partisi Linux anda(Dual Boot Windows dan Linux) ketika anda sedang memakai sistem operasi Windows? 

Ada aneka macam cara yang sanggup dijadikan solusi. Menurut aku jikalau file-file yang ingin anda jalan masuk berada di partisi Linux (Ext*) yang memakai filesystem Ext* di komputer yang sama ketika anda sedang mengakses sistem windows, anda sanggup memakai aplikasi berjulukan Ext2explore. Anda sanggup mend0wnl0ad aplikasi Ext2explore ini secara free melalui link ini.

Dengan memakai aplikasi ini, anda sanggup mengakses file-file yang anda simpan di partisi Linux (Ext*) tanpa harus restart untuk masuk dulu ke Linux lalu  memindahkan file-file tersebut dari partisi Linux ke partisi Windows kemudian anda restart lagi untuk masuk ke Windows, sungguh sangat merepotkan. Perlu anda ketahui, bahwa aplikasi ini berbasis exe, sehingga sanggup dijalankan dari sistem operasi Windows tanpa instalasi (bersifat portable). Berikut tampilan aplikasi Ext2explore yang aku jalankan dari sistem Windows XP.



Lalu bagaimana ketika ingin mengakses file-file di Linux dari klien Windows? anda sanggup memakai aplikasi WinSCP yang sanggup anda d0wnl0ad melalui link ini. Tenang saja, aplikasi ini free kok :P , dengan aplikasi ini komputer linux anda hanya perlu menyediakan layanan SSH saja. Tidak perlu konfigurasi atau install aplikasi SAMBA server, FTP atau aplikasi file sharing lainnya yang lebih ribet, alasannya aplikasi ini mendukung penggunaan port SSH sebagai pintu keluar masuk untuk melaksanakan upload dan d0wnl0ad dari komputer Linux anda. Berikut tampilan aplikasi WinSCP yang aku jalankan dari komputer yang memakai Windows XP.
Gambar dibawah ambil dari screenshoot di Windows XP ketika akan mengakses memakai WinSCP:



Sedangkan gambar berikutnya ketika anda sudah masuk dan melaksanakan suatu acara Download dan Upload:



Ada 3 protokol aplikasi yang di dukung di WinSCP ini, antara lain protokol SCP, FTP dan SFTP.

Sebagai catatan: ketika anda memakai WinSCP, anda harus mempunyai user account di komputer Linux yang akan anda tuju, jikalau anda tidak memilikinya, maka anda juga tidak akan sanggup masuk ke dalam komputer Linux itu untuk melaksanakan proses d0wnl0ad dan upload.

Menarik bukan? Semoga menambah gosip anda, dan terima kasih sudah berkunjung :)

Beberapa artikel terkait:

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengakses File Di Linux Dari Windows Dengan Mudah"

Posting Komentar