Maksimalkan Curriculum Vitae Dalam Satu Halaman Dengan 10 Cara Ini!

Banyak job seeker yang qualified namun tidak kunjung sanggup panggilan interview kerja. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena Curriculum Vitae yang terlalu berbelit-belit dan panjang. Bagaimana supaya CV-mu dilirik oleh perusahaan incaran? Kamu bisa coba buat CV dalam satu halaman saja lho. Berikut Ruangguru.com berikan 10 cara suksesnya untukmu.

 

#1. Buang “Curriculum Vitae 

Curriculum Vitae Foto: findspark.com

Pada umumnya, pelamar membubuhkan kata “Curriculum Vitae” di halaman CV. Namun, kalau kau ingin menciptakan CV dalam satu halaman saja, sebaiknya tidak perlu lagi menuliskan hal tersebut. Perekrut biasanya sudah paham bahwa berkas yang kau berikan ialah CV. Hal yang diperhatikan ialah siapa dirimu dan apa saja yang menarik. Jadikan namamu sebagai judul dengan font yang jelas, tapi tidak memakan banyak space.

 

#2. Perlukah?

Meskipun kau punya berbagai pengalaman, tidak semua harus kau paparkan dalam CV. Perhatikan job description-nya dan coba highlight apa saja kemampuan yang dicari perekrut. Kemudian, lihat kembali ke pengalamanmu dan masukkan yang hanya menonjolkan kemampuan-kemampuan yang sedang dicari si perekrut. 

Curriculum Vitae Foto: dailyfreepress.com

Well, kalau kau sering menjuarai kompetisi paduan bunyi atau tari tradisional, coba pikir ulang. Kira-kira, prestasi tersebut akan ‘menjual’mu untuk mengisi posisi yang kau pilih atau tidak? Jika tidak, sebaiknya kau hanya menuliskan prestasi dan pengalaman lain yang lebih relevan dengan posisi yang kau lamar.

 

#3. Hindari ini!

Kalau kau pernah menjalankan satu atau dua tanggung jawab yang sama di beberapa perusahaan berbeda, maka tidak perlu kau tuliskan berulang kali. Jika demikian, sebutkan saja di mana kau memberi hasil kerja terbaik.

 

#4. Objektif

Biarkan daftar pengalaman dalam CV-mu menawarkan objektifmu. Jadi, kau bisa menghemat setidaknya 1-2 baris dengan tidak menuliskan objektif. Kalau pengalamanmu kurang relevan dengan posisi yang tersedia, maka coba deskripsikan hal-hal yang pernah jadi tanggung jawabmu. Hal ini akan menawarkan kemampuan terkait. Juga, cover letter-mu ialah kawasan terbaik untuk menguraikan bagaimana pengalamanmu sesuai dengan yang dicari.

 

#5. Jenjang sekolah

Pendidikan di jenjang akademi tinggi umumnya lebih relevan merepresentasikan dirimu. Selebihnya, menyerupai tingkat SMA/SMK ke belakang tidak perlu dicantumkan. Kecuali, kau pernah sekolah di sekolah tertentu yang menciptakan CV-mu lebih outstanding. Pengalaman berorganisasi di Sekolah Menengan Atas memang penting, namun hal ini bisa dibahas ketika sesi wawancara.

 

#6. Section

Batasi CV jadi 3-4 kepingan saja. Caranya? Kombinasikan kepingan menyerupai “Skill and Interests”. Jika prestasi dan ketertarikanmu sangat variatif, kau bisa buat kepingan “Additional Information”. Setiap kepingan baru, berarti headings baru, dan headings ini memakan space. Ayo, maksimalkan setiap ruang yang ada!

 

#7. Setiap baris berharga

Nah, dalam menuliskan skill, kebanyakan pelamar menggunakan bullet point. Jika kau berniat menciptakan CV satu halaman, maka setiap barisnya sangatlah berharga. Supaya penggunaan baris lebih efisien, coba tulis beberapa keahlian sekaligus dalam satu baris.

Curriculum Vitae Foto: findspark.com

 

#8. Font dan Spacing

Ukuran standar untuk font kalau menciptakan esai biasanya 12. Namun, ini mungkin tidak berlaku untuk CV. Mungkin kau bisa mencoba 11 atau 11.5. Lebih menyisakan banyak space tanpa mengganggu pandangan. Gunakan font yang gampang dibaca ya. Well, tiap font akan berbeda ukurannya. Kamu hanya perlu menyesuaikannya saja. Asalkan tidak menciptakan mata sakit ketika membacanya. Spacing juga perlu diperhatikan lho. Kayaknya kalau marginnya kecil agak riskan ya? Namun, hal ini bisa menciptakan CV-mu terlihat lebih menarik. Coba buat marginmu 0,5” dan lihat berapa banyakkah space yang kau punya.

 

#9. Format

Simpanlah CV-mu dalam format PDF. Perekrut lebih ingin melihat CV dalam bentuk PDF, kecuali memang yang diminta ialah format tertentu.

 

#10. Be creative!

Curriculum Vitae Foto: hongkiat.com

Kalau CV sudah ringkas, saatnya mempercantik CV! Kalau kau hendak bekerja di dunia desain, CV kreatif ialah sebuah keharusan. Namun, bukan berarti yang di luar desain tidak bisa mencobanya ya. Hal ini bisa jadi salah satu penarik perhatian perekrut lho. Tidak harus penuh desain kok, yang penting rapi dan terlihat beda dibanding CV lain.

Demikianlah 10 cara agar kau bisa memaksimalkan isi CV dalam satu halaman saja. Semoga bermanfaat dan good luck, smart buddies! (TN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Maksimalkan Curriculum Vitae Dalam Satu Halaman Dengan 10 Cara Ini!"

Posting Komentar