Lima Fakta Menarik Pancasila Yang Wajib Kau Ketahui!

Memahami dan mengamalkan pancasila telah menjadi bab dari nasionalisme kita sebagai warga negara Indonesia semenjak kemerdekaan. Smart buddies, lima sila yang diperlukan para founding fathers menjadi landasan bangsa Indonesia dalam hidup dan saling berinteraksi itu tidak muncul begitu saja lho, tetapi dirumuskan melalui banyak tantangan. Dalam memperingati hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada hari ini, yuk kita simak lima fakta menarik di bawah ini perihal pancasila untuk kembali mengisi rasa nasionalisme dan pujian kita terhadap lima ideologi dasar bangsa kita!

1. Hasil Perenungan Bung Karno di Pulau Ende

Fakta Menarik - Lima Fakta Menarik Pancasila Patung perenungan Bung Karno di Pulau Ende. (Sumber: travel.kompas.com)

Bung Karno telah usang memikirkan perihal ‘lima butir mutiara’ semenjak diasingkan ke Pulau Ende, Flores pada tahun 1934. Pemikiran tersebut yang kelak akan dikenal sebagai pancasila. Hal ini diakui oleh Bung Karno dalam otobiografinya bahwa pancasila merupakan hasil perenungannya di bawah pohon sukun di Pulau Ende, jauh sebelum hari kemerdekaan Indonesia.

2. Ditetapkannya Satu Juni Sebagai Hari Lahirnya Pancasila

Fakta Menarik - Lima Fakta Menarik Pancasila Orasi Bung Karno. (Sumber: my-prasasti.blogspot.co.id)

Hari Lahirnya Pancasila merujuk pada pidato Bung Karno tanggal 1 Juni 1945 di hadapan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pada pidato tersebut Bung Karno menjelaskan perihal lima poin dasar kemerdekaan Indonesia yaitu internasionalisme, kemanusiaan, mufakat dan demokrasi, kesejahteraan sosial, dan taqwa pada ilahi yang maha esa.

3. Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Sempat Dilarang

Fakta Menarik - Lima Fakta Menarik Pancasila Soekarno dan Soeharto. (Sumber: weeklyline.net)

Pada tahun 1970 peringatan Hari Lahirnya Pancasila dihentikan oleh Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Kopkamtib) sebagai upaya menyingkirkan Bung Karno dari ingatan rakyat dan sejarah Indonesia. Barulah pada tahun 2010 atas prakarsa Ketua MPR, Taufik Kiemas, hari lahirnya pancasila kembali dirayakan untuk pertama kali sesudah tumbangnya orde baru.

4. Hari Kesaktian Pancasila Tidak Ada Hubungannya dengan Hari Kelahiran Pancasila

Fakta Menarik - Fakta Menarik Pancasila Monumen Pahlawan Revolusi. (Sumber: fiscuswannabe.web.id)

Melalui SK Presiden Nomor 153/1967 tanggal 27 September 1967 Presiden Soeharto memutuskan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Hari Kesaktian Pancasila mengacu pada keberhasilan tentara yang dipimpin Soeharto dalam menggagalkan G30S dan menumpas PKI di Indonesia.

5. Pancasila Adalah Kiri

Fakta Menarik - Lima Fakta Menarik Pancasila Bung Karno. (Sumber: berdikarionline.com)

Pada sidang paripurna Kabinet Dwikora di Istana Bogor tanggal 6 November 1965 Bung Karno murka atas perkataan bahwa Pancasila ialah kanan (kapitalis). Bung Karno menegaskan bahwa Pancasila ialah kiri dan anti-kapitalis. Pancasila juga menentang exploitation de nation pernation, yaitu penindasan sebuah bangsa oleh bangsa lain, oleh alasannya ialah itu Pancasila ialah kiri tegas Bung Karno.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Pancasila! Gimana smart buddies, apa sesudah memahami perihal usaha perumusan Pancasila kau tergerak untuk mengisi kemerdekaan Indonesia? Dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila, Ruangguru mengadakan kuis #PekanPancasila di sajian RuangUji. Setelah login, pilih tryout ujian lainnya kemudian Kuis #PekanPancasila. Kerjakan soalnya dan lihat seberapa Indonesia kah kamu! (SP/DN)

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lima Fakta Menarik Pancasila Yang Wajib Kau Ketahui!"

Posting Komentar