Ini Ia Detail Perbedaan Burung Bayan Jantan Dan Betina

Perbedaan burung bayan jantan dan betina sangat gampang dikenali. Tak ibarat jenis burung lainnya yang memang sulit dibedakan antara mana yang jantan dan betina, burung bayan sangatlah gampang dibedakan. Hal ini dikarenakan warna bulunya saja sangat beda jauh.

Perbedaan burung bayan jantan dan betina sangat gampang dikenali Ini Dia Detail Perbedaan Burung Bayan Jantan dan Betina
hobbysatwa.blogspot.com

Jika anda perhatikan secara secama, burung bayan jantan dan betina mempunyai warna bulu yang beda. Dari kejauhan pun anda sudah dapat membedakan keduanya. Perbedaan warna bulu burung bayan jantan dan betina memang mencolok.

Perbedaan Burung Bayan Jantan dan Betina

Burung nuri bayan mempunyai kawasan persebaran di hutan dataran rendah, hutan bakau, savana dan perkebunan kelapa. Jenis burung ini dapat dengan gampang anda temukan di Maluku, Irian, Australia, Kepulauan Sunda Kecil, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

Setidaknya ada 9 subspesies burung nuri bayan yang tinggal di alam liar dan tersebar di pulau-pulau tersebut. Sementara untuk pakannya, burung nuri bayan menyukai buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Jenis pakan yang dapat diberikan ke burung nuri bayan sama ibarat jenis burung paruh bengkok lainnya.

Perlu diketahui, jenis burung nuri bayan ini sering bersarang di dalam lubang pohon. Khususnya pohon yang tinggi dan batangnya besar. Untuk jenis burung bayan betina biasanya menetas sebanyak dua butir telur yang warnanya putih.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak anda mengulas mengenai perbedaan burung bayan jantan dan betina selengkapnya. Pastikan anda menyimaknya hingga final untuk lebih mengenal burung bayan jantan dan betina.

Burung Bayan Jantan

Perbedaan burung bayan jantan dan betina sangat gampang dikenali Ini Dia Detail Perbedaan Burung Bayan Jantan dan Betina
youtube.com

Burung nuri bayan atau yang juga dikenal dengan sebutan eclectus parrot (eclectus roratus) mempunyai ukuran sedang. Jenis burung ini mempunyai panjang badan berukuran 38cm dengan berat 375-550gram. Tampilan burung bayan jantan dan betina memang sama-sama mencuri perhatian.

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, burung bayan jantan dan betina mempunyai perbedaan dalam hal warna bulunya. Burung nuri bayan jantan mempunyai bulu dengan lebih banyak didominasi warna hijau. Warna hijau ini tampak menutupi pecahan badan secara menyeluruh.

Sementara untuk pecahan perut dan sayapnya terlihat berwarna merah. Selain itu, ada juga warna biru yang ada di pecahan bawah sayap. Perpaduan bermacam-macam warna yang melingkupi burung bayan jantan menciptakan tampilannya sangat mengesanan.

Perlu diketahui, burung bayan jantan juga mempunyai warna jingga kemerahan di pecahan paruhnya. Sedangkan untuk ujung paruhnya berwarna kuning. Beranjak ke pecahan kakinya, burung bayan jantan menerapkan warna abu-abu kehitaman.

Burung Bayan Betina

Beralih ke burung bayan betina, bulunya didominasi dengan warna merah. Warna bulu pada burung bayan betina terang kontras dengan warna bulu burung bayan jantan. Dengan menerapkan warna merah, bulu burung bayan betina tampak bagus dan memanjakan mata.

Selain warna merah, burung bayan betina ini juga mempunyai warna biru keunguan. Warna ini dapat anda lihat di pecahan bulu dada, sayap pecahan bawah dan punggungnya. Sementara untuk pecahan sayapnya terlihat menerapkan warna hitam.

Tampilan burung bayan betina tampak bagus sebab warna bulunya yang mengagumkan. Semakin tambah bagus lagi sebab burung bayan betina mempunyai sayap yang panjang. Bahkan sayapnya ini berbentuk membundar. Tak hanya pecahan sayap yang indah, burung bayan betina juga mempunyai ekor yang bentuknya menyegi.

Perbedaan burung bayan jantan dan betina memang gampang ditemukan. Dengan begitu, anda dapat lebih gampang dalam menentukan jenis burung bayan untuk dipiara. Apakah anda ingin pelihara bayan jantan, bayan betina atau bahkan keduanya.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Ia Detail Perbedaan Burung Bayan Jantan Dan Betina"

Posting Komentar