Cara Menggunakan Fungsi ROW Dalam Microsoft Excel - Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas perihal beberapa fungsi yang ada dalam kelompok Pencarian dan Referensi.
Dalam pembahasan kali ini aku akan menjelaskan perihal salah satu dari fungsi yang ada dalam kelompok tersebut yaitu Fungsi ROW.
Fungsi lain yang telah aku bahas dalam kelompok Pencarian dan Referensi ialah Fungsi OFFSET, silahkan pelajari dalam artikel berikut ini :
Dalam artikel tersebut dijelaskan perihal syntax, argumen dan juga tumpuan dari Fungsi OFFSET tersebut.
Baca Juga
Dalam artikel ini aku akan membahas perihal cara memakai fungsi ROW dalam Microsoft Excel yang terdiri dari syntax, argumen dan juga tumpuan penggunaannya.
Fungsi utama dari ROW ialah mengembalikan nilai atau angka baris dengan referensi yang telah ditentukan.
Hasil dari fungsi ini akan bebentuk angka yang menerangkan posisi baris tersebut dalam sheet Excel.
Sebelum memakai fungsi ini tentu kita harus mengetahui syntax dan juga argumen dari fungsi ROW.
Dalam fungsi ROW hanya terdapat satu argumen yaitu reference, argumen ini bersifat optional atau boleh untuk dikosongkan.
Cara Menggunakan Fungsi ROW Dalam Excel
Fungsi utama dari ROW ialah mengembalikan nilai atau angka baris dengan referensi yang telah ditentukan.
Hasil dari fungsi ini akan bebentuk angka yang menerangkan posisi baris tersebut dalam sheet Excel.
Sebelum memakai fungsi ini tentu kita harus mengetahui syntax dan juga argumen dari fungsi ROW.
Syntax Dasar Fungsi ROW
Dalam fungsi ROW hanya terdapat satu argumen yaitu reference, argumen ini bersifat optional atau boleh untuk dikosongkan.
Syntax Fungsi ROW :
=ROW([reference])
=ROW([reference])
reference : merupakan cell atau rentang yang ingin didapatkan angka barisnya dalam sheet Excel.
Jika reference dikosongkan maka nilai baris yang muncul ialah angka dimana rumus ROW tersebut berada.
Jika reference terdiri dari rentang cell maka nilai yang dihasilkan akan menjadi array vertikal.
Untuk tumpuan penggunaanya dalam Excel silahkan perhatikan uraian dan juga gambar dibawah ini :
Perhatikan gambar tersebut, dalam cell A3 aku masukan rumus ROW sebagai berikut :
=ROW()
Dan kesannya ialah angka 3, ini menerangkan bahwa cell A3 dalah sheet tersebut berada diurutan ke-3.
Contoh lainnya pada cell A4 aku masukan rumus sebagai berikut :
=ROW(B4)
Hasilnya ialah 4, ini menerangkan bahwa cell B4 ialah baris ke 4 dalam sheet tersebut.
Contoh terakhir, dalam cell A5 aku masukan rumus sebagai berikut :
=ROW(B1)
Hasilnya ialah 1, tentu ini sudah terang bahwa cell B1 ialah baris pertama dalam sheet tersebut.
Fungsi ROW salah satunya sanggup dipakai untuk mewarnai baris atau kolom dalam tabel, silahkan dipelajai dalam artikel sebelumnya.
Itulah klarifikasi singkat perihal cara memakai fungsi ROW dalam Microsoft Excel, biar artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Jika reference dikosongkan maka nilai baris yang muncul ialah angka dimana rumus ROW tersebut berada.
Jika reference terdiri dari rentang cell maka nilai yang dihasilkan akan menjadi array vertikal.
Contoh Penggunaan Fungsi ROW Dalam Excel
Untuk tumpuan penggunaanya dalam Excel silahkan perhatikan uraian dan juga gambar dibawah ini :
Perhatikan gambar tersebut, dalam cell A3 aku masukan rumus ROW sebagai berikut :
=ROW()
Dan kesannya ialah angka 3, ini menerangkan bahwa cell A3 dalah sheet tersebut berada diurutan ke-3.
Contoh lainnya pada cell A4 aku masukan rumus sebagai berikut :
=ROW(B4)
Hasilnya ialah 4, ini menerangkan bahwa cell B4 ialah baris ke 4 dalam sheet tersebut.
Contoh terakhir, dalam cell A5 aku masukan rumus sebagai berikut :
=ROW(B1)
Hasilnya ialah 1, tentu ini sudah terang bahwa cell B1 ialah baris pertama dalam sheet tersebut.
Fungsi ROW salah satunya sanggup dipakai untuk mewarnai baris atau kolom dalam tabel, silahkan dipelajai dalam artikel sebelumnya.
Itulah klarifikasi singkat perihal cara memakai fungsi ROW dalam Microsoft Excel, biar artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Sumber http://adh-excel.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58Related Posts :
Cara Memakai Fungsi Offset Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi OFFSET Dalam Microsoft Excel - OFFSET merupakan salah satu fungsi dalam Microsoft Excel yang ada dalam kelompok… Read More...
Cara Memakai Fungsi Index Untuk Mendapat Nilai Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi INDEX Untuk Mendapatkan Nilai Dalam Microsoft Excel - INDEX merupakan salah satu dari beberapa fungsi yang ter… Read More...
Fungsi Column, Cara Memakai Fungsi Column Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi COLUMN Dalam Microsoft Excel - Dalam pebahasan kali ini masih berkaitan dengan fungsi yang berada dalam kelompok… Read More...
Fungsi Row, Cara Memakai Fungsi Row Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi ROW Dalam Microsoft Excel - Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas perihal beberapa fungsi yang ada dalam … Read More...
Cara Memakai Fungsi Match Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi MATCH Dalam Microsoft Excel - MATCH merupakan sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang ada dalam Fungsi Pencar… Read More...
0 Response to "Fungsi Row, Cara Memakai Fungsi Row Dalam Microsoft Excel"
Posting Komentar