Contoh Bidang Miring Baji Dan Sekrup

Pengetian dari bidang miring adalah jalur atau permukaan yang landai atau miring yang dipakai untuk memperkecil gaya yang kita keluakan.  Contoh penerapan bidang miring yakni: (1) menaikan benda yang massanya besar ke atas truk dengan memakai papan,  (2) jalan di pegunungan dibuat berbelok-belok, dan (3) tangga. Itu merupakan pola bidang miring yang diam, akan tetapi ada bidang miring yang  bergerak yakni baji dan sekrup.

Baji 
Apakah kau pernah mendengar alat yang disebut baji? Jika belum, mungkin kau sanggup membayangkan alat-alat yang dipakai tukang kayu bakar untuk memotong-motong kayu di hutan. Baji ialah pesawat sederhana yang memakai dua bidang miring yang disatukan. Baji biasa dipakai untuk membelah suatu bidang, salah satunya kayu. Pada baji, bidang yang hendak dibelah diam, sementara bidang miringnya digerakkan naik-turun. Alat yang gampang ditemukan yang merupakan jenis baji ialah kampak, pisau, dan pahat.
adalah jalur atau permukaan yang landai atau miring yang  dipakai untuk memperkecil gaya Contoh Bidang Miring Baji dan Sekrup
Sekrup 
Sekrup ialah pesawat sederhana yang dibuat dari bidang miring yang dililitkan mengitari sebuah batang atau silinder sebagai pusatnya sehingga terlihat sebagai spiral. Sekrup sanggup dipakai untuk mengikat atau merekatkan dua buah benda. Jika kau mengamati sebuah sekrup, kau akan lihat uliran berupa bidang miring yang bergerak dari ujung sekrup sampai bersahabat puncaknya. Saat kau memutar sekrup, uliran seperti menarik sekrup ke dalam kayu. Sebenarnya, bidang miring pada sekrup itu bergeser melalui kayu.

adalah jalur atau permukaan yang landai atau miring yang  dipakai untuk memperkecil gaya Contoh Bidang Miring Baji dan Sekrup

Ketika kita akan mengaitkan dua buah papan kayu, alat yang sanggup dipakai ialah paku yang ditancapkan dengan palu atau sekrup yang ditancapkan memakai tuas (obeng). Gaya yang dibutuhkan untuk menancapkan paku pada kayu lebih besar daripada gaya yang dibutuhkan untuk menancapkan sekrup pada kayu. Hal ini mengatakan bahwa prinsip kerja sekrup sebagai pesawat sederhana ialah mempermudah perjuangan insan alasannya dengan perjuangan yang sedikit sanggup menghasil gaya yang besar.

Keuntungan mekanik bidang miring sanggup dihitung rumus:

adalah jalur atau permukaan yang landai atau miring yang  dipakai untuk memperkecil gaya Contoh Bidang Miring Baji dan Sekrup
Di mana:
r = jari-jari lengan gaya pemutar sekrup
d = interval sekrup

Untuk pola soal silahkan baca "Contoh Soal dan Pembahasan Keuntungan Mekanis Sekrup"
 
Prinsip sekrup ini dipakai untuk mengkontruksi jalan raya di pegunungan, sehingga jalan raya dibuat berbelaok-belok biar jalan menjadi agak landai dari sebelumnya sehingga gaya yang dibutuhkan untuk menuju puncak pegunungan menjadi lebih kecil.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Bidang Miring Baji Dan Sekrup"

Posting Komentar