Cara Memakai Fungsi Offset Dalam Microsoft Excel

Cara Menggunakan Fungsi OFFSET Dalam Microsoft Excel - OFFSET merupakan salah satu fungsi dalam Microsoft Excel yang ada dalam kelompok Pencarian dan Referensi.

Beberapa fungsi yang terkenal dan ada dalam kelompok ini yaitu VLOOKUP, HLOOKUP dan Fungsi INDEX.

Fungsi - fungsi ini sering dipakai dalam pengolahan dan penyusunan rumus - rumus Excel pengolahan data.

Fungsi utama dari rumus OFFSET ialah mencari dan menggeser sebuah rujukan dari titik awal sebagai pola yang sanggup digeser ke kanan atau kekiri bahkan keatas atau kebawah sesuai dengan susunan pada perintah dalam syntaxnya.

Fungsi rumus OFFSET ini sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan sebauh dropdown list dinamis dalam Microsoft Excel.

Dropdown list membutuhkan sebuah range dinamis yang sanggup dibentuk dengan memakai fungsi ini.




Penetapan sebuah rujukan dari fungsi ini mengambil sebuah nilai yang dihasilkan dari rujukan itu sendiri yang sanggup berbentuk cell tunggal atau sebuah rentang cell.




Dalam artikel ini saya hanya akan menjelaskan wacana cara memakai fungsi OFFSET dalam Microsoft Excel, untuk fungsi pencarian dan rujukan lainnya silahkan pelajari dalam artikel yang telah dibahas sebelumnya.


Cara Menggunakan Fungsi OFFSET Excel


Untuk sanggup memakai fungsi ini tentu hal pertama yang harus dilakukan ialah pemahaman terhadap syntax dan juga argumen dari fungsi ini.

Selain itu dibagian final saya akan menunjukkan contoh penggunaanya untuk lebih memahami wacana fungsi ini.



Syntax Dasar Fungsi OFFSET




Dalam fungsi ini terdapat lima argumen yang harus dipahami, yaitu : reference, rows, cols,height dan width.

Meskipun cukup banyak tapi argumen tersebut tidak sulit untuk dipahami dan dipakai dalam pengolahan data.



Syntax Fungsi OFFSET

=OFFSET(reference;rows;cols;[height];[width])


> reference : merupakan rujukan yang akan dipakai sebagai sumber awal dalam mencari range atau cell dengan jarak yang sudah ditentukan.

> rows : merupakan jumlah baris untuk penggeseran keatas atau kebawah dari titik awal sesuai dengan perintah dari reference. Jika nilai ini aktual maka akan digeser kebawah dan sebaliknya kalau nilainya negatif maka akan digeser keatas.

> cols : merupakan jumlah kolom untuk penggeseran kearah kiri atau kanan yang rujukannya menurut pada reference. Jika nilainya aktual alan bergeser ke kanan dan sebaliknya kalau negatif akan bergeser ke kiri.

> height : merupakan tinggi dari jumlah baris yang diinginkan, ini harus bernilai positif.

> width : merupakan lebar dari jumlah kolom yang diidnginkan, isi dari srgumen ini harus bernilai positif.

Tiga dari lima argumen tersebut diatas bersifat wajib untuk diisi sehingga dihentikan untuk dikosongkan untuk menghindari terjadinya kesalahan dikala pengolahan data.

Fungsi OFFSET ini tidak mengubah atau memindahkan isi dari cell atau range tetapi hanya mengembalikan nilai tersebut sesuai dengan pengisian pada argumennya.


Contoh Penggunaan Fungsi OFFSET



Setelah memahami syntax dan juga argumen dari fungsi ini maka selanjutnya mari kita lihat bagaimana cara penggunaannya pribadi dalam Microsoft Excel.

Perhatikan gambar dibawah ini, dan buatlah dalam Excel dengan isi dan format yang sama menyerupai dibawah ini untuk latihan.



Cara Menggunakan Fungsi OFFSET Dalam Microsoft Excel Cara Menggunakan Fungsi OFFSET Dalam Microsoft Excel


Perhatikan gambar diatas, ini merupakan contoh penggunaan rumus OFFSET dalam Microsoft Excel. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu persatu.

Cell G3 :

Rumus : =OFFSET(B2;5;2)
Hasil : 14


Fungsi OFFSET pada cell ini memiliki rujukan cell B2 lalu digeser sebanyak 5 baris kebawah dan 2 kolom ke kanan, hasilnya ialah cell D7 dengan nilai 14.

Untuk rumus cell G4 hampir sama dengan rumus cell G3 hanya saja pergeseran kolomnya menjadi ke kiri alasannya nilainya negatif.


Cell G5 :

Rumus : =OFFSET(B2;1;1;3;1)
Hasil : 40


Fungsi OFFSET dalam cell G5 ini memiliki rujukan pada cell B2 lalu digeser 1 baris kebawah dan 1 baris ke kanan hasilnya ialah cell C3, lalu ditentukan tinggi dari rujukan ini ialah 3 baris ke bawah dan 1 kolom ke kanan hasil hasilnya ialah cell C5 dengan nilai 40.


Cell G6 :

Rumus : =SUM(OFFSET(B2;1;1;6;1))
Hasil : 286


Contoh terakhir dalam cell G6, ini merupakan perintah untuk menjumlahkan C3:C8 dengan fungsi OFFSET dan SUM. 

Referensi untuk rumus ini ada pada cell B2 lalu digeser 1 baris dan 1 kolom sehingga hasil sementara ada pada cell C3. Selanjutnya pententuan tingginya 6 baris dan 1 kolom sehingga didapatkan cell C3:C8. Dengan ditambahkan fungsu SUM maka ini akan menjulahkan cell C3:C8 tersebut dengan hasil 286.

Itulah klarifikasi dan juga contoh dari Cara memakai fungsi OFFSET dalam Microsoft Excel. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.


Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai Fungsi Offset Dalam Microsoft Excel"

Posting Komentar