Cara Gampang Untuk Menghitung Honor Dan Lembur Dengan Rumus Excel

Cara Praktis Untuk Menghitung Gaji dan Lembur Dengan Rumus Excel Cara Praktis Untuk Menghitung Gaji dan Lembur Dengan Rumus Excel
Cara Praktis Untuk Menghitung Gaji dan Lembur Dengan Rumus Excel - Menghitung honor memang sebuah pekerjaan yang tidak sanggup dibilang mudah.

Dengan jumlah karyawan yang banyak maka kita akan kesulitan dan bahkan mengorbankan banyak waktu untuk penghitungan honor tersebut.

Tentu harus dicarikan solusi untuk mengatasi hal ini, salah satu caranya yakni dengan memakai aplikasi yang sanggup menghitung honor secara otomatis.

Tapi faktanya untuk menmpunyai sebuah aplikasi tersebut tentu kita harus mengeluarkan sejumlah uang.

Bagimana kalau Anda membutuhkan aplikasi tersebut tetapi perusahaan tidak mau mengeluarkan biaya ?

Ada solusi yang berdasarkan saya sangat membantu dalam penghitungan honor karyawan dan lembur yaitu dengan Microsoft Excel.

Dalam Excel banyak rumus yang sanggup kita gunakan untuk membantu menghitung lembur dan juga honor karyawan.




Dalam artikel ini saya akan menjelaskan dan juga menawarkan solusi untuk penghitungan honor dan lembur dengan Excel tersebut.

Dalam salah satu artikel sudah saya sertakan pola filenya yang sanggup untuk dijadikan sebagai rujukan terkait dengan penggunaan rumus untuk menghitung honor dan lembur.

Cara Menghitung Gaji dan Lembur Dalam Excel


Untuk menghitung honor dan lembur dalam Microsoft Excel ikuti beberapa langkah dibawah ini.

Dalam setiap langkah saya sertakan link artikel yang akan lebih detail menjelaskan ihwal cara penghitungan honor dan lembur tersebut.

1. Membuat Sheet Data Karyawan


Langkah pertama yang harus dilakukan yakni menciptakan data karyawan pada sheet pertama sebagai master data pada excel tersebut.

Dalam Sheet data karyawan ini dimasukan data identitas karyawan menyerupai Nama, alamat, status dan juga honor pokok serta dukungan - dukungan kalau ada.

2. Menghitung Lembur


Penghitungan lembur menjadi sebuah hal yang wajib untuk dilakukan, alasannya yakni lembur merupakan satu dari beberapa unsur yang masuk kedalam penghitungan honor karyawan.

Penghitungan lembur ini dilakukan dengan otomatis berdasarkan ketidakhadiran atau jam masuk dan keluar dari masing - masing karaywan.

Untuk lebih jelasnya ihwal cara menghitung lembur tersebut silahkan pelajari dlam artikel berikut ini :




Dalam artikel tersebut dijelaskan ihwal cara menghitunglembur serta rate yang akan dijadikan dasar dalam menghitung jumlah lembur.


3. Menghitung Bonus Karyawan



Salah satu unsur yang biasanya muncul dalam penghitungan honor selain lembur yakni bonus.

Bonus ini sangat banyak jenisnya, ada yang dibayarkan dengan jumlah tetap bahkan ada juga yang dibayarkan dengan perhitungan tertentu.

Untuk mempelajari cara mengitung bonus silahkan baca pada artikel berikut ini :




Dalam artikel tersebut diberikan pola penghitungan bonus berdasarkan penjualan dan juga dengan nilai yang tetap. 


4. Menghitung Total Gaji



Setelah menghitung lembur dan juga menciptakan sheet data karyawan maka selanjutnya kita akan merekap data tersebut untuk menghitung total honor karyawan.

Saya sudah membahas ihwal penghitungan ini dalam artikel tersendiri yang juga disertakan pola filenya termasuk penghitungan lembur diatas.

Untuk mempelajarinya silahkan buka dalam artikel berikut ini :




Dalam artikel tersebut terdapat pola file yang berbentuk excel untuk sheet data karyawan, sheet lembur dan juga sheet rekap honor serta sheet slip gaji.


5. Mencetak Slip Gaji



Setelah menghitung seluruh total honor karyawan yang diambil dari sheet Absensi maka selanjutnya kita hanya tinggal mencetak slip honor untuk diberikan kepada masing - masing karyawan.

Untuk langkah - langkah pencetakan artikel telah saya bahas dalam artikel berikut ini :




Form slip honor ini telah saya sertakan dalam pola file pada artikel cara menghitung honor diatas, silahkan dipelajari.

Itulah beberapa langkah gampang untuk menghitung honor karyawan dengan rumus dalam Excel.

Mungkin pembaca bertanya, kenapa tidak dibahas poin - poin diatas dalam satu artikel ?

Saya sengaja memisahkan ini alasannya yakni kalau digabungkan akan terlalu panjang sehingga pembaca hanya akan mengambil pola filenya saja.

Tujuan saya yakni membahas semua itu hingga detail sehingga pembaca sanggup mengubah atau memodifikasi pola file excel sesuai dengan kondisi pada perusahaan masing - masing.

Sekali lagi saya sampaikan bahwa pola file telah saya lampirkan dalam artikel yang tercantum dipoint nomor 4. 

Saya tidak memproteksi file tersebut sehingga siapapun sanggup untuk mengubahnya, tentu mengubah tersebut yakni untuk dipakai bukan untuk dipublish kembali dalam blog tanpa seizin dari saya.

  

Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Gampang Untuk Menghitung Honor Dan Lembur Dengan Rumus Excel"

Posting Komentar