5 Orang Jago Yang Mengubah Pandangan Terhadap Kaum Difabel!

Smart Buddies, setiap orang di dunia ini selalu diberikan keistimewaan yang berbeda-beda. Kamu niscaya setuju, kan? Walau mempunyai keterbatasan, namun itu bukan penghalang untuk mengatakan kelebihan. Bahkan, batasan tersebut bisa jadi pemicu semoga semakin bersemangat lagi untuk berkarya. Tentunya, ini menunjukan bahwa siapa saja bisa berprestasi. Termasuk juga bagi kaum different ability (difabel) yang sering dianggap mempunyai kekurangan dibandingkan orang-orang pada umumnya. Padahal banyak peran karya mereka yang di atas rata-rata, lho! Kamu ingin tau apa saja prestasi membanggakannya? Simak terus ya!

1. Panji Surya Sahetapy

orang jago - Foto Surya Sahetapy dalam ekshibisi Manusia Kuat di Jakarta Foto Surya Sahetapy dalam ekshibisi Manusia Kuat di Jakarta (sumber: mulplix.com) 

Ini ia salah satu anak muda istimewa asal Indonesia yang kerap aktif menyuarakan hak-hak bagi para penyandang tuli. Bahkan, putra ketiga pemain drama Ray Sahetapy ini serius mendalami aneka macam kebijakan pemerintah yang bekerjasama bagi kaum difabel. Bukan hanya dikenal sebagai aktivis, ia juga merupakan seorang edukator. Surya, sapaan akrabnya, turut menjadi pengajar di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Universitas Indonesia. Ia dipercaya untuk membagikan pengetahuannya mengenai Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Tujuannya, semoga kendala komunikasi yang ia alami semenjak dini tidak akan dialami oleh penyandang tuli lainnya.

Masa kecil Surya yang penuh usaha dan sulit berbaur dengan teman-temannya membuatnya sekarang bersemangat untuk membantu para difabel. Semua usaha yang dilakukan laki-laki usia 23 tahun ini semata-mata ingin menciptakan kaum difabel semoga bisa lebih percaya diri. Oleh alasannya itu, ia tidak henti-hentinya mengampanyekan informasi sosial ini melalui aneka macam kegiatan. Baru-baru ini pun, Surya diundang sebagai narasumber di salah satu diskusi yang diinisasi oleh Kantor Staf Presiden Indonesia. Hebat!

2. Nonik

orang jago - Nonik (kanan) sedang bermain alat musik tradisional.
Nonik (kanan) sedang bermain alat musik tradisional. (sumber: vebma.com) 

Namanya melambung semenjak partisipasinya di aneka macam ajang kompetisi internasional. Perempuan kelahiran 30 September 1985 ini mengikuti olimpiade khusus bagi penyandang tunagrahita di Jepang. Saat itu usianya 23 tahun, dan ia menjadi perwakilan dari Indonesia. Nonik, mengatakan minat besarnya pada budaya khususnya dengan memelajari tarian tempat dan bermain alat musik tradisional. Di samping itu, ia juga pernah memukau Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton melalui pidato berbahasa Inggrisnya. Saat itu pun, para audiens yang mendengarnya juga merasa kagum. Mereka tidak menyangka seorang tunagrahita sanggup merangkai kata-kata sedemikian baiknya.

3. Eman Sulaeman

orang jago - Eman ketika menjadi kiper di Homeless World Cup. Eman ketika menjadi kiper di Homeless World Cup. (sumber: pikiran-rakyat.com)

Bagi seorang pesepak bola, kedua kaki merupakan hal yang sangat penting. Akan tetapi berdasarkan Eman, ia tetap sanggup menorehkan prestasi di bidang ini sekalipun salah satu kakinya tak sempurna. Tidak main-main, ia berhasil mengharumkan nama Indonesia sebagai kiper difabel terbaik di kancah internasional. Kehadirannya bersama tim pun akibatnya menjuarai kompetisi futsal Homeless World Cup di Glasgoq, Skotlandia. Sejak ketika itu, namanya menjadi sorotan dari aneka macam kalangan, termasuk para media internasional.

4. Ade Irawan

orang jago - Maestro pianis asal Indonesia di Chicago. Maestro pianis asal Indonesia di Chicago. (sumber: youtube.com) 

Kepiawaian laki-laki kelahiran 3 Januari 1994 ini dalam bermain piano, harus diacungkan jempol! Indonesia patut berbangga alasannya mempunyai maestro pianis yang penuh prestasi. Ternyata, meski mengalami tunanetra, Ade sudah berlatih piano semenjak usia 3 tahun, lho! Ia pun aktif unjuk talenta di Jazz Links Jam Session di Chicago Cultural Center, semenjak masih duduk di dingklik sekolah dasar. Mulai 2006-2007, ia melanjutkan peran kariernya sebagai pianis di ajang Chicago Jazz Festival dan Chicago Winter Jazz Festival. Penampilannya yang luar biasa memukau ini, menciptakan aneka macam musisi kelas dunia ingin berkolaborasi dengannya!

5. Sabar Gorky

orang jago - Pendaki dan atlet panjat tebing Indonesia. Pendaki dan atlet panjat tebing Indonesia. (sumber: hipwee.com) 

Dialah salah satu pendaki asal Indonesia yang berhasil mencapai puncak gunung tertinggi Eropa, Elbrus. Sabar, telah menancapkan Sang Saka Merah Putih dan menjadi tunadaksa pertama yang menginjakkan kaki di atas puncak tersebut. Ia pun menginspirasi banyak kalangan, termasuk Presiden RI di kala itu. Sabar mendapat ucapan selamat dari Presiden SBY melalui teleconference atas usahanya dalam mengharumkan nama bangsa. Ternyata ia bukan hanya seorang pendaki gunung, tapi juga merupakan atlet panjang tebing Indonesia. Luar biasa ya!

Wah, mengagumkan sekali deretan prestasi mereka ya, Smart Buddies? Kamu pun jangan mau kalah! Beranilah mencoba hal gres dan jangan pernah merasa gampang putus asa. Nah, Ruangguru juga bisa menjadi pilihanmu untuk mengasah kemampuan yang ada. Cek infonya di sini ya! Percayalah bahwa setiap orang berhak mengatakan apapun kelebihannya. Cheers! (RE)

Buka Aplikasi Ruangguru

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Orang Jago Yang Mengubah Pandangan Terhadap Kaum Difabel!"

Posting Komentar